YLKI soal Habolnas: RUU Perlindungan Data Pribadi Harus Disahkan

YLKI soal Habolnas RUU Perlindungan Data Pribadi Harus Disahkan

YLKI soal Habolnas: RUU Perlindungan Data Pribadi Harus Disahkan

YLKI soal Habolnas RUU Perlindungan Data Pribadi Harus Disahkan
YLKI soal Habolnas RUU Perlindungan Data Pribadi Harus Disahkan

Hari Belanja Online Nasional, setiap tanggal 11 November menjadi hal yang dinikmati bagi masyarakat

yang gemar berbelanja online. Khususnya di kalangan generasi muda milenial.

Harga yang lebih efisien (murah) menjadi pertimbangan utama, apalagi masih diiming imingi diskon, cash back, pay later, dan lain-lain. Tidak heran jika strategi marketing, iklan dan promosi para pelaku market place di Indonesia makin ofensif menjerat calon konsumennya.

Namun dari momen yang terus digaungkan pemain berbasis daring

(online, e-commerce)
setiap tahun ini, Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyoroti pemerintah supaya secara ketat mengawasi praktik belanja online.

Khususnya, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kominfo, Otoritas Jasa Keuangan, Badan POM, dan kementerian atau lembaga lainnya yang berkompeten. “Kuatnya fenomena belanja online, ironisnya, justru tidak paralel dengan kuatnya pengawasan oleh pemerintah,” ujar Tulus dalam keterangannya.

Oleh karenanya, menurut Tulus dari sisi regulasi, sangat mendesak untuk segera mengesahkan RUU

Perlindungan Data Pribadi, dan RPP Belanja Online. Kedua regulasi inilah yang akan secara kuat memayungi konsumen dalam transaksi belanja online.

Dikatakan Tulus, jika kedua regulasi ini tidak segera disahkan, sama artinya pemerintah melakukan pembiaran terhadap berbagai pelanggaran hak konsumen dalam transaksi belanja online.

Dan supaya masyarakat tidak terjebak atau konsumtif dalam berbelanja di momen Harbolnas, Tulus memberikan masukan supaya masyarakat jangan terjerat prilaku komsumtif.

 

Sumber :

https://zalala.co.id/

You might be interested in …

3 Situs Web Teknologi Yang Selalu Memberikan Informasi Terkini dan Teraktual

3 Situs Web Teknologi Yang Selalu Memberikan Informasi Terkini dan Teraktual

Teknologi

3 Situs Web Teknologi Yang Selalu Memberikan Informasi Terkini dan Teraktual Situs atau web informasi menjadi salah satu media yang populer saat ini yang pelan – pelan telah menggeser kepopuleran data informasi offline berupa media cetak yakni koran. Semakin populernya teknologi maya, semakin banyak pula situs yang serupa untuk penyajian informasi untuk anda. Berikut adalah […]

Read More

Google tegaskan Android One bisa sembunyikan poni

Teknologi

Google tegaskan Android One bisa sembunyikan poni Google mengkonfirmasi bahwa Android One tidak memiliki persyaratan yang akan memaksa pembuat ponsel pintar untuk menghapus fitur sembunyikan notch atau poni. Beberapa minggu lalu, dikutip dari Phone Arena, HMD Global berada di tengah perdebatan tentang menyembunyikan fitur poni pada Nokia 6.1 Plus. Banyak smartphone yang menawarkan opsi untuk […]

Read More
iPhone12 Mereka mengatakan itu akan menjadi desain smartphone 5G baru

iPhone12: Mereka mengatakan itu akan menjadi desain smartphone 5G baru

Teknologi

iPhone12: Mereka mengatakan itu akan menjadi desain smartphone 5G baru   The iPhone 12, yang Apel akan merilis akhir tahun ini, dikabarkan memiliki desain baru dan kedudukan yang akan sedikit lebih kecil dari iPhone sebelumnya perusahaan. Beberapa cetakan dan perender CAD telah bocor ke internet, mengungkapkan dengan tepat desain iPhone andalan berikutnya dari perusahaan Amerika. […]

Read More