Wujud dari hubungan internasional 

Wujud dari hubungan internasional 

Wujud dari hubungan internasional

  1. Individual ( turis, mahasiswa, pedagang, yang mengadakan kontak-kontak pribadi sehingga timbul kepentingan timbal balik di antara mereka ).
  2. Antar kelompok (Lembaga social dan keagamaan dan perdagangan yang melakukan kontak secara insidental, periodik atau permanen).
  3. Hubungan antar Negara ( negara yang satu dengan negara lain mengadakan kerjasama dalam bidang ekonomi, kebudayaan, tekhnologi, dll ).
  1. Sifat Hubungan Internasional :

  2. Persahabatan
  3. Persengketaan
  4. Permusuhan
  5. Peperangan
  1. Pola Hubungan Internasional
  2. Penjajahan: bangsa yang satu menghisap bangsa lain yang disebabkan oleh perkembangan kapitalisme.  Kapitalisme membutuhkan bahan mentah bagi industri dalam negeri, oleh karena bahan mentah itu banyak diluar negeri maka timbul kehendak untuk menguasai wilayah bangsa lain untuk menghisap kekayaan bangsa lain itu.
  3. Saling ketergantungan : hubungan ini terjadi antara negara-negara yang belum berkembang  (negara-negara dunia ke tiga ) dengan negara maju.  Negara baru merdeka atau negara berkembang ingin meningkatkan kesejahteraan rakyatnya mereka melakukan hubungan ekonomi, mengembangkan industri dan bersaing dengan negara maju di pasar global.  Namun mereka tidak memiliki modal dan tekhnologi, maka negara tadi bergantung kepada modal dan tekhnologi negara maju. Pola hubungan ini dekat dengan neo- kolonoalisme, yaitu usaha menguasai negara lain atas bidang ekonomi, kebudayaan, idiologi atau kemiliteran  negara atau kawasan tertentu tapi dengan cara mengindahkan proforma kemerdekaan politis.
    Sumber :https://andyouandi.net/ketua-mpr-iptek-dapat-menjadikan-indonesia-negara-maju/

You might be interested in …

Pengertian dan Tujuan penyelenggaraan Dana Pensiun

Pengertian dan Tujuan penyelenggaraan Dana Pensiun

Uncategorized

Pengertian dan Tujuan penyelenggaraan Dana Pensiun Pengertian Dana Pensiun Dana pensiun sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun bagi pesertanya. Definisi tersebut memberi pengertian bahwa dana pensiun merupakan suatu lembaga yang mengelola program pensiun yang dimaksudkan untuk memberikan kesejahteraan kepada karyawan suatu perusahaan […]

Read More

Dampak Pencemaran Udara Terhadap Mahkluk Hidup

Uncategorized

Dampak Pencemaran Udara Terhadap Mahkluk Hidup Ada beberapa dampak dari pencemaran udara terhadap mahkluk hidup: Dampak kesehatan Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas, sedangkan partikulat berukuran kecil […]

Read More

Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan harga jual

Uncategorized

Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan harga jual Banyak faktor yang mempengaruhi penentuan harga jual, baik dipandang dari barang yang akan dijual atau pasarnya dan tak kalah pentingnya adalah biaya untuk membuat barang tersebut. Secara singkat berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga jual adalah:   Faktor pertama yang mempengaruhi harga untuk mendapatkan laba yang diinginkan : Apakah […]

Read More