Variabel Sistemik (Systemic Sources) Hubungan Internasional

Variabel Sistemik (Systemic Sources) Hubungan Internasional

Variabel Sistemik (Systemic Sources) Hubungan Internasional

Variabel Sistemik (Systemic Sources) Hubungan Internasional

Variabel sistemik memperhatikan kondisi eksternal yang dijadikan pengaruh dalam pembentukan politik luar negari dalam suatu negara. Variabel sistemik meliputi kebijaksanaan-kebijaksanaan dantindakan negra lain yang bisa merangsanga respon politik negara lain (Rossenau, 1976:18).

Rosenau memilah beberapa bagian yanga akan dipaparkan sebagai sumber sistemik, diantaranya :

  1. a)Size (Ukuran)

Secara konseptual maupun empiris, ukuran suatu negara dan jumlah penduduknya telah menjadi suatu keadaan secara psycological environment ataupun operational environmentyang sebagian besar dipengaruhi oleh penguasa dan rakyatnya.

Besarnya wilayah dan jumlah penduduk mempengaruhi pandangan dari para elit dan rakyat untuk memiliki tanggung jawab khusus dalam hubungan internasional, dan sebagaian besar tingkah laku eksternalnya cenderung mengakibatkan konflik internasional.

  1. b)Letak Geografi

Letak geografi merupakan konfigurasi jalur daratan, kesuburan tanah, iklim, lokasi pemukiman dan jalur air. Faktor geografis merupakan input yang penting bagi kebijakan luar negeri karena faktor ini membentuk persepsi dan pilihan bagi elit masyarakatnya. Ditinjau dari letak geografis terletak adanya perbedaan kondisi suatu negara untuk dikuasai oleh kekuatan eksternal dalam menentukan perkembangan kondisi negaranya.

  1. c)Great Power Structure (Struktur Kedaulatan Tertinggi)

Stuktur kedaulatan tertinggi merupakan pola hubungan yang terjadi diantara negara-negara yang paling berpengaruh dalam era sejarah. Struktur tersebut membentuk pola hubungan yang dapat berubah yang bergantung pada jumlah kekuatan yang terlibat dalam distribusi kapabilitas suatu negara tertentu.

  1. d)Aliansi

Aliansi adalah bagian dari struktur kekuatan adidaya. Aliansi juga merupakan bagian dari variabel sistemik yang cenderung berlangsung terus dan dapat berlaku sebagai input yang penting. Aliansi dapat mencangkup permasalahan yang kuat dengan komitmen untuk melakukan aksi di masa yang akan datang, juga merupakan mekanisme formal dalam pembuat keputusan.


Baca Juga :

You might be interested in …

Bingungnya Pihak Sekolah Atas Kewajiban Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Bingungnya Pihak Sekolah Atas Kewajiban Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Pendidikan

Bingungnya Pihak Sekolah Atas Kewajiban Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Mulai Juli 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewajibkan pelajar untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza. Kebijakan ini untuk untuk mengembalikan Lagu Indonesia Raya secara utuh kepada seluruh warga Indonesia. Kewajiban tersebut sudah tertuang dalam surat edaran serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). […]

Read More

Pengertian Sehat

Pendidikan

Pengertian Sehat Sehat merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual. Berikut ini beberapa definisi sehat menurut para ahli:   1. Sehat menurut WHO (1927) Sehat adalah keadaan utuh secara fisik, jasmani, mental, dan sosial dan bukan hanya […]

Read More
Standar profesi di USA & EROPA

Standar profesi di USA & EROPA

Pendidikan

Standar profesi di USA & EROPA Standar profesi di USA dan Kanada   Pejabat Keuangan Pemerintah Asosiasi dari Amerika Serikat dan Kanada adalah organisasi profesional pejabat publik bersatu untuk meningkatkan dan mempromosikan manajemen profesional sumber daya keuangan pemerintah dengan mengidentifikasi, mengembangkan dan memajukan strategi fiskal, kebijakan, dan praktek untuk kepentingan publik. Untuk mencapai tujuan tersebut, aparat […]

Read More