Variabel Individual Hubungan Internasional

Variabel Individual Hubungan Internasional

Variabel Individual Hubungan Internasional

Variabel Individual Hubungan Internasional

Variabel ini mencangkup beberapa aspek nilai, bakat, pengalaman, dan personalitas dari elit politik yang mempengaruhi persepsi dan perilaku terhadap politik luar negeri. Rosenau menyebutkan beberapa ketentuan yang mempengaruhi proses pembentukan politik luar negeri yang berasal dari proses idiosinkratik, yaitu :

  1. a)Personality
  2. b)Experience (pengalaman)
  3. c)Leadership Style (Gaya Kepemimpinan)

Sehingga tindakan luar negeri mengacu pada perilaku politik. Secara umum perilaku politik luar negeri suatu negara dapat berbentuk pernyataan-pernyataan politik luar negeri pemerintah, dan juga tindakan-tindakan politik luar negeri yang dilakukan pemerintah. (Holsti 1992:26).

Franz Magnis mengungkapkan bahwa proses pelaksanaan Politik Luar Negeri suatu negara dapat diukur dalam konsistensi yang memiliki karakteristik khusus, diantaranya :

  1. a)Ekstraktif

Merupakan suatu proses pengajuan untuk pembentukan kebijaksanaan oleh suatu negara berdasarkan sumber daya alam dan kapabilitas sumber daya manusia. Proses ini mengungkapkan kemampuan suatu negara dalam mengkoordinir tahapan kebutuhan nasionalnya yang bersinggungan dengan kehidupan birokrasi negaranya dalam lingkungan internasional.

  1. b)Akomodatif

Merupakan suatu tahapan bagi formulasi pembentukan politik luar negeri suatu negara yang dirumuskan dalam suatu kebijakan yang memiliki ciri khusus dalam pelaksanaan setiap unsur-unsur kenegaraan. Proses penganalisaan yang bersifat menyeluruh merupakan suatu pembuktian  secara empirik yang dapat ditinjau secara observasional.

  1. c)Regulatif

Merupakan suatu ketentuan dalam bentuk pengawasan terhadap tingkah laku yang ditujukan pada individu atau kelompok yang tercangkup kedalam suatu sistem politik dari suatu negara. Pandangan ini mengarahkan pada berbagai bentuk aktivitas yang dilaksanakan guna memberikan arahan yang positif bagi setiap pembentukan politik luar negeri yang dijalankan.

  1. d)Responsif

Suatu ketentuan dalam sistem politik suatu negara yang mengharapkan suatu tanggapan terhadap serangkaian hubungan yang timbul dalam lingkungan intra masyarakat maupun lingkungan ekstra masyarakat yang dapat berbentuk tekanan secara konkrit ataupun dalam wujud tuntutan-tuntutan yang membawa menuju iklim demokratisasi (1988:265-267)


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/

You might be interested in …

Analisa Jart Test Dalam Air

Analisa Jart Test dalam Air

Pendidikan

Analisa Jart Test dalam Air     Jar Test Jar test adalah suatu percobaan yang berfungsi untuk menentukan dosis optimal dari koagulan (biasanya tawas/alum) yang digunakan pada proses pengolahan air bersih. Jar Test merupakan proses penjernihan air dengan menggunakan koagulan, dimana koagulan akan membentuk flok – flok dengan adanya ion – ion yang terkandung dalam […]

Read More
Revisi Permendikbud Dinilai Ganggu Proses PPDB

Revisi Permendikbud Dinilai Ganggu Proses PPDB

Pendidikan

Revisi Permendikbud Dinilai Ganggu Proses PPDB Rencana perubahan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51/2018 terkait zonasi Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diharapkan baru akan diterapkan tahun depan. Kepala Disdikpora Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kadarisman Baskara Aji, mengatakan, meski belum tahu isi Permendikbud tersebut, Disdikpora berharap agar implementasinya tidak segera dilakukan, mengingat saat […]

Read More
Mahasiswa ITS Rancang ARISTER Berbasis IoT untuk Atasi Sampah Sungai

Mahasiswa ITS Rancang ARISTER Berbasis IoT untuk Atasi Sampah Sungai

Pendidikan

Mahasiswa ITS Rancang ARISTER Berbasis IoT untuk Atasi Sampah Sungai Sampah di sungai yang dibiarkan berlebih dan menumpuk tentunya akan menyebabkan beragam masalah. Berpikir untuk memberi solusi, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merancang inovasi Automatic River Solid Waste Scrapper (ARISTER) berbasis Internet of Things (IoT) yang […]

Read More