Variabel Individual Hubungan Internasional

Variabel Individual Hubungan Internasional

Variabel Individual Hubungan Internasional

Variabel Individual Hubungan Internasional

Variabel ini mencangkup beberapa aspek nilai, bakat, pengalaman, dan personalitas dari elit politik yang mempengaruhi persepsi dan perilaku terhadap politik luar negeri. Rosenau menyebutkan beberapa ketentuan yang mempengaruhi proses pembentukan politik luar negeri yang berasal dari proses idiosinkratik, yaitu :

  1. a)Personality
  2. b)Experience (pengalaman)
  3. c)Leadership Style (Gaya Kepemimpinan)

Sehingga tindakan luar negeri mengacu pada perilaku politik. Secara umum perilaku politik luar negeri suatu negara dapat berbentuk pernyataan-pernyataan politik luar negeri pemerintah, dan juga tindakan-tindakan politik luar negeri yang dilakukan pemerintah. (Holsti 1992:26).

Franz Magnis mengungkapkan bahwa proses pelaksanaan Politik Luar Negeri suatu negara dapat diukur dalam konsistensi yang memiliki karakteristik khusus, diantaranya :

  1. a)Ekstraktif

Merupakan suatu proses pengajuan untuk pembentukan kebijaksanaan oleh suatu negara berdasarkan sumber daya alam dan kapabilitas sumber daya manusia. Proses ini mengungkapkan kemampuan suatu negara dalam mengkoordinir tahapan kebutuhan nasionalnya yang bersinggungan dengan kehidupan birokrasi negaranya dalam lingkungan internasional.

  1. b)Akomodatif

Merupakan suatu tahapan bagi formulasi pembentukan politik luar negeri suatu negara yang dirumuskan dalam suatu kebijakan yang memiliki ciri khusus dalam pelaksanaan setiap unsur-unsur kenegaraan. Proses penganalisaan yang bersifat menyeluruh merupakan suatu pembuktian  secara empirik yang dapat ditinjau secara observasional.

  1. c)Regulatif

Merupakan suatu ketentuan dalam bentuk pengawasan terhadap tingkah laku yang ditujukan pada individu atau kelompok yang tercangkup kedalam suatu sistem politik dari suatu negara. Pandangan ini mengarahkan pada berbagai bentuk aktivitas yang dilaksanakan guna memberikan arahan yang positif bagi setiap pembentukan politik luar negeri yang dijalankan.

  1. d)Responsif

Suatu ketentuan dalam sistem politik suatu negara yang mengharapkan suatu tanggapan terhadap serangkaian hubungan yang timbul dalam lingkungan intra masyarakat maupun lingkungan ekstra masyarakat yang dapat berbentuk tekanan secara konkrit ataupun dalam wujud tuntutan-tuntutan yang membawa menuju iklim demokratisasi (1988:265-267)


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/

You might be interested in …

Operasi File

Operasi File

Pendidikan

Operasi File Membuka File fungsi fopen() digunakan untuk membuka files pada PHP. Parameter pertama pada funsi ini mengandung nama dari file yang akan dibuka dan parameter kedua spesifikasi bagaimana mode file yang akan dibuka: <html> <body> <?php $file=fopen(“welcome.txt”,”r”); ?> </body> </html> file dapat dibukan dengan satu  mede berikut: Modes Description a+ Read/Append. Preserves file content […]

Read More
RZ dan BJB Bantu Modal Usaha Warga Pidie Jaya

RZ dan BJB Bantu Modal Usaha Warga Pidie Jaya

Pendidikan

RZ dan BJB Bantu Modal Usaha Warga Pidie Jaya BANDUNG-Lewat program Jabar Peduli, Rumah Zakat bersama BJB menyalurkan bantuan wirausaha untuk korban gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh. Bantuan diberikan kepada 4 orang penerima manfaat yang masing-masingnya mendapatkan modal sebesar Rp 2,5 juta. “Bantuan modal tersebut bertujuan untuk membantu dan membangkitkan kembali perekonomian warga Pidie […]

Read More
Berikan Penghargaan Kepada 68 Masyarakat Penyebar SPPT

Berikan Penghargaan Kepada 68 Masyarakat Penyebar SPPT

Pendidikan

Berikan Penghargaan Kepada 68 Masyarakat Penyebar SPPT   Kota Bogor Sebanyak 68 tokoh masyarakat perwakilan dari 68 Kelurahan se-Kota Bogor menerima penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Penghargaan tersebut diberikan atas dasar dedikasi mereka yang secara rutin membantu Kelurahan menyebarkan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) kepada masyarakat. Penyerahan penghargaan Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan langsung Plt. […]

Read More