Usut joki, Panlok SBMPTN DIY bentuk tim investigasi

Usut joki, Panlok SBMPTN DIY bentuk tim investigasi

Usut joki, Panlok SBMPTN DIY bentuk tim investigasi

Usut joki, Panlok SBMPTN DIY bentuk tim investigasi
Usut joki, Panlok SBMPTN DIY bentuk tim investigasi

Panitia Lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) DIY

membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi menyusul ditemukan dua pelaku praktik perjokian di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam investigasinya, tim itu akan dibantu aparat kepolisian.

Ketua Panlok SBMPTN DIY Prof Dr Rochmat Wahab mengatakan, dalam upaya investigasi kasus perjokian tersebut, Panlok DIY membentuk tim beranggotakan tiga orang dari UNY sebagai Ketua penyelenggara SBMPTN DIY dan tiga orang dari UIN sebagai lokasi ditemukannya kasus perjokian.

“Tim ini akan bekerja selama satu minggu dengan target mengungkap sebanyak-banyaknya

tindak perjokian SBMPTN di DIY,” jelasnya, Rabu (19/6/2013).

Ditemui di ruang kerjanya, Rektor UNY ini juga menegaskan, pihaknya akan melindungi para calon mahasiswa yang terlibat jika mau kooperatif membantu Panlok mengejar dan mengungkap otak dari tindak kecurangan tersebut.

Ia pun mengatakan, tindak perjokian sampai saat ini belum ada landasan hukumnya sehingga susah untuk diperkarakan.

“Kasus perjokian semacam ini baru bisa diperkarakan jika si calon mahasiswa melaporkan

dengan tuduhan penipuan. Kasus seperti ini memang berdasarkan delik aduan. Namun kami sendiri dalam hal ini telah melibatkan kepolisian untuk membantu proses investigasi karena menurut keterangan Mr.X, ia diyakinkan oleh sang joki yang mengaku telah mengerjakan hal tersebut sejak 2003 lalu,” ungkapnya.

Sehari sebelumnya, pengawas di ruangan 314 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memergoki salah satu peserta ujian yang menggunakan alat komunikasi berupa jam tangan kombinasi telepon seluler.

Sindikat perjokian yang melibatkan peserta perempuan berinisial PW tersebut disinyalir berbeda dengan sindikat perjokian yang dihubungi oleh Mr.X yang ditangkap di hari kedua.

Selain itu, pengawas pun mencurigai dua peserta yang turut terlibat perjokian itu. Namun kebenarannya masih akan ditelusuri.

 

Sumber :

http://sitialfiah.blogs.uny.ac.id/ciri-ciri-tumbuhan-paku/

You might be interested in …

Senjata yang Digunakan dalam Aksi Kejahatan Geng Motor Pertemuan antar geng sering jadi saat yang paling rawan gesekan. Nyawa berguguran dan melahirkan dendam tak berujung. Untuk mendukung aksi mereka, Samurai, jenis golok berukuran panjang yang biasa digunakan oleh kelompok Ninja di Jepang, menjadi senjata khas mereka. Tidak hanya saat tawuran, senjata ini biasa dipamerkan pada saat konvoi. Samurai dilepas dan ujung runcingnya digesekkan ke jalanan hingga memercikan cahaya api. Senjata lainnya yang biasa digunakan yakni golok, stik soft ball, bom molotof bahkan senjata api jenis pistol. Tidak tahu pasti siapa yang menggunakan senjata api, namun dari penuturan sebagian anggota geng, semuanya pernah melihat teman satu gengnya menggenggam pistol atau malahan diancam dengan pistol. F. Permasalahan yang Ditimbulkan Oleh Geng Motor Tindakan yang dilakukan geng motor belakangan ini kian meresahkan warga. Geng motor kini memang menjadi salah satu perhatian utama pihak berwenang karena tindakan mereka kian berani. Selain meminta korban sesama anggota geng, tindakan mereka juga mengambil korban masyarakat biasa. Tak salah jika masyarakat menyebut geng-geng motor tersebut tidak berbeda dengan perampok atau pencuri. Tindak kejahatan yang dilakukan sebagian besar perampasan barang berharga milik korban, seperti uang, HP, dompet, hingga motor. Dalam aksinya, mereka tak segan-segan menganiaya korban. Jika geng motor tersebut tidak diantispasi sejak dini, dikhawatirkan kelompok-kelompok tersebut bisa kian besar menjadi sebuah jaringan kriminal terorganisisasi. Indikasi itu mulai muncul dengan tindak penganiayaan yang dilakukan oleh anggota geng motor akir-akir ini. Kalau geng motor brutal itu tidak segera dibubarkan maka akan sangat membahayakan karena terdapat solidaritas sempit yang telah didoktrinkan kepada setiap anggota geng motor tersebut, sehingga mengarah pada tindakan kriminal. G. Tanggapan Masyarakat Terhadap Aksi Kebrutalan Geng Motor Kota Bandung Keberadaan Geng Motor yang sudah mengganggu ketentraman masyarakat yang juga sering terlibat tindak pidana kriminal agar segera dibubarkan dan ditumpas. Terkait masalah Geng Motor yang sudah meresahkan masyarakat itu, Menteri Pemuda dan Olahraga meminta pihak yang berwenang agar menumpas dan membubarkan Geng Motor. Para pelaku kejahatan yang berhimpun dalam Geng tersebut, harus ditindak sesuai hukum. Sedangkan bagi anggota yang tidak terlibat pelanggaran hukum, perlu segera disadarkan dan ditangani secara persuasif. Gejala sosial ini tidak boleh dibiarkan. Harus ditangani secara simultan, antara penyadaran secara persuasif dan tindakan hukum. Jika dibiarkan, dikhawatirkan akan semakin meresahkan masyarakat. Karena dalam praktek perekrutannya ada semacam baiat bagi anggota baru dan ancaman hukuman. Seperti dipotong anggota badannya, bagi anggota yang keluar dan buka mulut kepada orang tua atau kepada pihak berwajib.

Senjata yang Digunakan dalam Aksi Kejahatan Geng Motor

Pendidikan

Senjata yang Digunakan dalam Aksi Kejahatan Geng Motor Pertemuan antar geng sering jadi saat yang paling rawan gesekan. Nyawa berguguran dan melahirkan dendam tak berujung. Untuk mendukung aksi mereka, Samurai, jenis golok berukuran panjang yang biasa digunakan oleh kelompok Ninja di Jepang, menjadi senjata khas mereka. Tidak hanya saat tawuran, senjata ini biasa dipamerkan pada […]

Read More
Meriah, Peringatan HUT ke-74 RI di TK SD Kristen Widya Wacana Warungmiri

Meriah, Peringatan HUT ke-74 RI di TK/SD Kristen Widya Wacana Warungmiri

Pendidikan

Meriah, Peringatan HUT ke-74 RI di TK/SD Kristen Widya Wacana Warungmiri Siswa TK/SD Kristen Widya Wacana Warungmiri, Solo mengikuti kegiatan Jalan Sehat dan Bakti Sosial, Kamis(15/8/2019). Kegiatan tersebut diselenggarakan guna menyemarakkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Jalan sehat yang dimulai sekitar pukul 07.00 WIB itu mengambil rute dari sekolah menuju tanggul, lalu melewati Jalan Ir Juanda, […]

Read More

Pengertian Sehat

Pendidikan

Pengertian Sehat Sehat merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual. Berikut ini beberapa definisi sehat menurut para ahli:   1. Sehat menurut WHO (1927) Sehat adalah keadaan utuh secara fisik, jasmani, mental, dan sosial dan bukan hanya […]

Read More