UGM luncurkan alat tes kecerdasan kognitif anak

UGM luncurkan alat tes kecerdasan kognitif anak

UGM luncurkan alat tes kecerdasan kognitif anak

Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Yayasan Dharma Bermakna dan PT Melintas Cakrawala Indonesia meluncurkan alat Tes Kognitif AJT sebagai sarana untuk mengukur kecerdasan kognitif anak berdasarkan latar belakang Indonesia.

“Profil kognitif yang dihasilkan oleh alat tes ini lebih rinci dibandingkan dengan alat tes lain

yang selama ini digunakan di Indonesia,” kata Project Manager AJT Retno Suhapti saat jumpa pers di Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta, Rabu.

Selama ini, Retno menjelaskan, alat psikologi di Indonesia yang dapat mengungkap kemampuan kognitif anak masih terbatas, dan kebanyakan berasal dari luar negeri.

Tes Kognitif AJT, menurut dia, memiliki kelebihan dibanding alat tes psikologi yang selama ini ada karena disusun berdasarkan latar bekakang budaya Indonesia.

“Pembuatan item-itemnya berbasis budaya Indonesia, misalnya memakai gambar

buah pisang atau monyet. Sehingga jangan sampai memakai gambar salju yang tidak semua anak Indonesia tahu,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, alat tersebut mampu mengukur profil kognitif lebih rinci karena menggunakan landasan teori yang kuat yaitu teori Cattel-Horn-Carrol (CHC) dengan 28 sub-tes.

Teori CHC merupakan teori tentang kemampuan manusia yang paling komprehensif saat ini yang didukung oleh bukti empiris, serta mempertimbangkan aspek biologis, perilaku, dan neurologis.

Dia mengatakan alat tes itu dapat digunakan untuk anak usia 5 sampai 18 tahun baik

yang mengikuti pendidikan formal maupun yang tidak mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan.

“Ini juga akan menjadi alat tes komprehensif pertama yang mampu memetakan kemampuan kognitif anak berkebutuhan khusus,” katanya.

 

 

sumber :

http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ekonomi/comment/view/4940/0/36629

You might be interested in …

Oppo A1K Turun Harga

Oppo A1K Turun Harga

Teknologi

Oppo A1K Turun Harga Kabar baik bagi penggemar Oppo, pasalnya sudah satu minggu Oppo A1K turun harga. Jika biasanya A1K dijual dengan harga Rp1.799.000, saat ini A1K dijual dengan harga Rp1.600.000 jutaan. Hal ini tampak dari brosur terbaru yang terpampang di toko. Valdo Promotor Oppo, Surya Cell, ITC Roxy Mas Jakata Pusat, mengatakan Oppo A1K […]

Read More
Di Era Kemajuan Teknologi

Di Era Kemajuan Teknologi

Teknologi

Di Era Kemajuan Teknologi Dari sekian banyaknya dampak yang menguntungkan dari perkembangan teknologi internet dalam era globalisasi, kemajuan teknologi internet memiliki beberapa dampak yang tidak menguntungkan atau bisa merugikan bagi masyarakat Cyberstalking merupakan salah satu contohnya cyberstalking merupakan kegiatan online stalking contohnya seseorang dapat ditargetkan untuk dilecehkan melalui media email atau melalui media lainnya. Oleh […]

Read More
26 Ponsel Baru Energizer Melenggang di MWC 2019

26 Ponsel Baru Energizer Melenggang di MWC 2019

Teknologi

26 Ponsel Baru Energizer Melenggang di MWC 2019 Produsen baterai asal Amerika Serikat, Energizer kembali merambah industri smartphone. Dilansir dari GSMArena, Energizer akan memperkenalkan 4 seri produk mereka dalam ajang MWC 2019 yang digelar di Barcelona, Spanyol, tanggal 25 hingga 28 Februari 2019. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 26 smartphone dalam 4 lini produk berbeda akan diperkenalkan […]

Read More