TUMBUHAN PENGHASIL DRAGON’S BOLD

TUMBUHAN PENGHASIL DRAGON'S BOLD

Dracaena croton

Dracaena croton adalah famili dari Dracaenaceae. Tumbuhan ini berasal dari Kamerun, yang ciri-cirinya tumbuh dalam semak dengan batang ramping dan lentur, dengan daun yang memanjang. Di Indonesia tumbuhan ini dapat dibudidayakan dengan cara stek.
2.1.2. Pterocarpus
Pterocarpus merupakan famili dari Fabaceae. Pterocarpus menghasilkan kayu yang diperdagangkan sebagai padauk (mukwa atau narra). Padauks dinilai untuk ketangguhan satbilitas dalam penggunaan dan dekorasi. Sebagia besar kayu Pterocarpus mengandung zat yang larut dalam air atau alkohol dan dapat digunakan sebagai pewarna. Padauk yang sering ditemukan terdapat diwilayah Afrika.
2.1.3. Dracaena cochincinensis (Lour) S.c
Dracaena cochincinensis (Lour) S.c adalah tanaman yang mirip seperti pohon yang mempunyai ukuran tumbuh 5-15 meter yang familinya dari Asparagaceaae. Dracaena cochincinensis (Lour) S.c dapat menghasilkan resin yang berfungsi sebagai obat. Habitat tumbuhan ini dapat ditemukan di wilayah Vietnam,Laos, Thailand, Kamboja, dan Cina bagian selatan.
2.1.4. Dracaena cambodiana pierre ex Gagnep
Dracaena cambodiana pierre ex Gagnep adalah tanaman yang berukuran dengan tinggi mencapai 4 meter yang berasal dari famili Asparagaceaae. Tumbuhan ini mempunyai bunga berwarna hijau kekuning-kuningan. Habitat tumbuhan ini dapat ditemukan di wilayah negara Cina.
2.2. Proses Pengambilan Dragon’s Bold
2.2.1. Dracaena croton
Untuk mengambil dragon’s bold Dracaena croton ini menggunakan teknik ekstraksi slinder. Dalam teknik ekstraksi slinder ini buah Dracaena croton dimasukkan dalam wadah berbentuk slinder yang telah berisi air, selanjutnya slinder tersebut diputar hingga rsein larut sempurna dengan air. Kemudian disaraing dan hasil saringan itu ditempatkan pada wadah agar resin dapat mengendap. Endapan resin dipisahkan dari air dan dijemur. Rendemen resin yang dihasilkan sebesar 12%.
2.2.2. Pterocarpus
Untuk mengambil Dragon’bold Pterocarpus ini menggunakan teknik ekstraksi kering dan ekstraksi pelarut. Dalam ekstaksi kering ini buah Pterocarpus ditumbuk dalam keadaaan segar kemudian disaring yang mengasilkan rendemen resin sebesar 7-8% (Waluyo Totok K, 2015). Sedangkan dalam ekstraksi pelarut ini buah Pterocarpus dilarut dengan etil asetat sehingga menghasilkan rendemen yang lebih besar.
2.2.3. Dracaena cochincinensis (Lour) S.c

Untuk mengambil dragon’s bold Dracaena cochincinensis (Lour) S.c menggunakan teknik ekstraksi basah. Dalam teknik ekstraksi basah ini buah Dracaena cochincinensis (Lour) S.c dijemur hingga kering, untuk memudahkan memisahkan kulit dan biji Dracaena cochincinensis (Lour) S.c. Kulit buah ini dimasukkan dalam wadah yang berisi air dan diaduk atau diremas-remas hingga resin larut dalam air. Selanjutnya, air disaring di dalam wadah yang ditempatkan kemudian diendapkan dalam beberapa menit. Hasilnya adalah rendemen sebesar 12%.

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

Peranan & Tanggung Jawab Bank Sentral.

Peranan & Tanggung Jawab Bank Sentral

Umum

Peranan & Tanggung Jawab Bank Sentral Tugas Bank Sentral Bank sentral memiliki tugas penting dalam setiap aktifitasnya yaitu menjaga kestabilan setiap unsur perekonomian dalam negeri dan juga menjadi sebuah lembaga yang bertanggung jawab dalam kestabilan harga kebutuhan atau nilai mata uang dalam hal ini valas yang sedang berlangsung di suatu negara. Kenaikan inflasi atau yang […]

Read More

Sejarah Bola Voli

Umum

Sejarah Bola Voli Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Dia adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada organisasi “Young Man Christian Association” (YMCA) di kota Massachussets, Amerika Serikat. Mula-mula permainan bola voli diberi nama “mintonette”, dimana permainannya hampir serupa dengan permainan badminton. Jumlah permain tidak terbatas, sesuai dengan tujuan semula, yaitu […]

Read More

Desain Rak Sepatu Unik

Umum

Jika Anda memiliki banyak sepatu, Anda sering bingung menyimpannya. Artikel ini sangat berguna bagi mereka yang suka mengoleksi beragam sepatu dan memiliki ruang penyimpanan terbatas. Selain keterbatasan ruang, lemari penyimpanan sepatu kerap membuat sepatu Anda semakin parah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan rak sepatu agar terlihat bagus dan fungsional. Tak bisa dipungkiri, kemalasan […]

Read More