TUJUAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

TUJUAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

TUJUAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

TUJUAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkanberarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup. Klasifikasi makhluk hidup didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup, misalnya bentuk tubuh atau fungsi alat tubuhnya. Makhluk hidup yang memliliki ciri yang sama dikelompokkan dalam satu golongan. Contoh klasifikasi makhluk hidup adalah :

1. Berdasarkan ukuran tubuhnya. 

Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi pohon, perdu, dan semak.
2. Berdasarkan lingkungan tempat hidupnya. 
Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan yang hidup di lingkungan kering (xerofit), tumbuhan yang hidup dilingkungan air (hidrofit), dan tumbuhan yang hidup di lingkungan lembab (higrofit).
3. Berdasarkan manfaatnya. 
Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi tanaman obat-obatan, tanaman sandang, tanaman hias, tanaman pangan dan sebagainya
4. Berdasarkan jenis makanannya. 
Sistem Klasifikasi dalam Sejarah Perkembangan Taksonomi Tumbuhan Sistem klasifikasi yang ada dalam dunia taksonomi tumbuhan, antara lain: Sistem buatan (sistem artifisial) Tujuan klasifikasi ini untuk mempermudah pengenalan, dasarnya hanya satu atau dua ciri – ciri morfologi yang mudah dilihat. Sistem alami Klasifikasi ini mencerminkan keadaan yang sebenarnya seperti terdapat di alam.

You might be interested in …

Unpad Siap Kembangkan Ekonomi Syariah

Unpad Siap Kembangkan Ekonomi Syariah

Pendidikan

Unpad Siap Kembangkan Ekonomi Syariah BANDUNG–Rektor Unpad, Tri Hanggono Ahmad mengatakan Unpad siap membantu dalam mengembangkan perbankan syariah di wilayah Jabar. “Untuk itu, perlu adanya persiapan untuk mendukungnya, terutama dari sisi akademis. Unpad siap disana,” ujarnya, Kamis (20/4). Rektor menambahkan salah satu bank syariah nasional, yakni Bank Syariah Mandiri (BSM) harus bersiap menghadapi peluang dan […]

Read More
KKN di Nagari Kubuang Solok, Mahasiwa Universita Bung Hatta Laksanakan Sejumlah Program

KKN di Nagari Kubuang Solok, Mahasiwa Universita Bung Hatta Laksanakan Sejumlah Program

Pendidikan

KKN di Nagari Kubuang Solok, Mahasiwa Universita Bung Hatta Laksanakan Sejumlah Program Mahasiswa Universitas Bung Hatta  Kuliah kerja Nyata (KKN) di Nagari Gauang , Kecamatan Kubung , Kabupaten Solok, selama sebulan, 14 Juli-14 Agustus 2016. Selama KKN sejumlah program akan dilaksanakan, seperti  membina Anak Sekolah Dasar tentang Pendidikan Bahasa Ingris,IngrisVocabulary terutama masalah Vocabulary dan dasar […]

Read More

Faktor Eksternal Penarik Perhatian

Pendidikan

Faktor Eksternal Penarik Perhatian Apa yang kita perhatikan ditentukan oleh faktor-faktor situasional dan personal. Faktor situasional terkadang disebut sebagai determinan perhatian yang bersifat eksternal atau penarik perhatian (attention getter). Stimuli diperhatikan karena mempunyai sifat-sifat yang menonjol, antara lain: gerakan, intensitas stimuli, kebaruan, dan perulangan. Gerakan : Seperti organisme yang lain, manusia secara visual tertarik pada objek-objek yang […]

Read More