TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

1. MENERIMA DAN MENANGANI PEMESANAN KAMAR OLEH CALON CUSTOMER

Maksud dan tujuan utama tamu mendatangi hotel adalah untuk menyewa kamar. Tugas bagian front office pada hotel membantu tamu untuk membantu mengurus proses pemesanan kamar mereka. Hal-hal yang diurus untuk pemesanan seperti data diri, kunci kamar, dan pembagian nomor kamar harus dibantu oleh pihak front office agar tamu merasa nyaman dan dimudahkan.

2. MELAKUKAN KONFIRMASI PEMESANAN ULANG

Tamu bisa saja telah memesan kamar terlebih dahulu lewat website atau aplikasi pendukung lainnya. Yang perlu mereka lakukan agar segera bisa mendapatkan kamar adalah melakukan konfirmasi ulang dengan menunjukkan bukti pemesanan pada website atau aplikasi pendukung tersebut. Bagian front office harus benar-benar mengecek apakah yang ditunjukkan tamu itu resmi atau tidak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. MENYAMBUT DAN MEMBERIKAN SALAM PISAH

Bagian yang pertama kali dilihat oleh pengunjung hotel adalah meja depan atau front office. Maka dari itu mereka harus siap menyambut kedatangan pengunjung dan menanyakan apa yang bisa dibantu mengenai reservasi atau keperluan di hotel tersebut. Setelah pengunjung meninggalkan hotel, bagian front office juga bertugas menyapa kembali dan memberikan ucapan terima kasih serta selamat jalan. Hal itu dilakukan untuk membuat pengunjung merasa nyaman.

4. MENGURUS BILL PEMBAYARAN TAMU SELAMA MENGINAP DI HOTEL

Bagian pembayaran atau kasir di hotel juga termasuk dalam bagian front office. Mereka harus siap mengurus bill pembayaran tamu selama menginap di hotel. Karena mengurus pembayaran membutuhkan ketelitian, maka dari itu mereka juga dituntut untuk teliti dan telaten dalam hal ini supaya tidak ada kerugian yang menimpa salah satu pihak.

5. MEMBERIKAN PELAYANAN INFORMASI

Tugas terpenting dari seorang front officer adalah memberikan pelayanan informasi. Maka dari itu mereka harus belajar dengan detail mengenai semua informasi yang berkaitan dengan hotel tersebut. Jika mereka tidak bisa menjawab atau memberikan informasi yang salah tentang informasi hotel tersebut, nama baik hotel juga akan terpengaruhi.

6. MENANGANI KELUHAN-KELUHAN TAMU YANG MENGINAP DI HOTEL

Tidak semua proses menginap pengunjung berjalan lancar. Ada kalanya beberapa masalah entah itu kesalahan teknis atau sikap pihak hotel membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Mereka pun akhirnya menyampaikan keluhan-keluhan yang mereka alami seperti AC yang mati, ada aroma yang tidak sedap, fasilitas tidak sesuai dengan apa yang disampaikan website, dan pelayanan yang tidak menyenangkan. Front officerlah yang bertugas untuk menangani keluhan tersebut.


Sumber: https://www.urusizin.co.id/happy-racing-apk/

You might be interested in …

Tindakan Guru dalam Menghadapi Permasalahan Kelas

Pendidikan

Tindakan Guru dalam Menghadapi Permasalahan Kelas             Setiap peserta didik pastilah memiliki karakteristik masing-masing, ada peserta didik yang hipperaktif, pendiam, santun, bandel, dan lain sebagainya. Maka dari itu guru dituntut untuk menguasai beberapa pendekatan-pendekatan yang mana dapat diadaptasi jika dihadapkan dengan berbagai tingkah laku peserta didik. Pendekatan yang perlu dikuasi oleh guru yaitu pendekatan pengubahan tingkah […]

Read More
PUSAD UMS Diksi People Power dan Putihkan TPS Berpotensi Chaos Massal

PUSAD UMS: Diksi People Power dan Putihkan TPS Berpotensi Chaos Massal

Pendidikan

PUSAD UMS: Diksi People Power dan Putihkan TPS Berpotensi Chaos Massal Pusat Studi Anti-Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) hari ini kembali menggelar seminar hasil riset survei Pemilu 2019, Senin (8/4/2019) di Coba Millenial lantai 4 Gedung A UMS. Survey yang dilaksanakan pada 5-20 Maret 2019 dengan Sempel sebanyak 1067 responden atau dengan […]

Read More

Pengertian Seni Teater

Pendidikan

Pengertian Seni Teater Dalam sejarahnya, kata “Teater”  berasal dari bahasa Inggris theater  atau  theatre,  bahasa Perancis  théâtre  dan dari bahasa Yunani theatron (θέατρον). Secara etimologis, kata “teater” dapat diartikan sebagai tempat atau gedung pertunjukan. Sedangkan secara istilah kata teater diartikan sebagai segala hal yang dipertunjukkan di atas pentas  untuk konsumsi penikmat. Fungsi Seni Teater Teater sebagai Sarana Upacara […]

Read More