TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

1. MENERIMA DAN MENANGANI PEMESANAN KAMAR OLEH CALON CUSTOMER

Maksud dan tujuan utama tamu mendatangi hotel adalah untuk menyewa kamar. Tugas bagian front office pada hotel membantu tamu untuk membantu mengurus proses pemesanan kamar mereka. Hal-hal yang diurus untuk pemesanan seperti data diri, kunci kamar, dan pembagian nomor kamar harus dibantu oleh pihak front office agar tamu merasa nyaman dan dimudahkan.

2. MELAKUKAN KONFIRMASI PEMESANAN ULANG

Tamu bisa saja telah memesan kamar terlebih dahulu lewat website atau aplikasi pendukung lainnya. Yang perlu mereka lakukan agar segera bisa mendapatkan kamar adalah melakukan konfirmasi ulang dengan menunjukkan bukti pemesanan pada website atau aplikasi pendukung tersebut. Bagian front office harus benar-benar mengecek apakah yang ditunjukkan tamu itu resmi atau tidak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. MENYAMBUT DAN MEMBERIKAN SALAM PISAH

Bagian yang pertama kali dilihat oleh pengunjung hotel adalah meja depan atau front office. Maka dari itu mereka harus siap menyambut kedatangan pengunjung dan menanyakan apa yang bisa dibantu mengenai reservasi atau keperluan di hotel tersebut. Setelah pengunjung meninggalkan hotel, bagian front office juga bertugas menyapa kembali dan memberikan ucapan terima kasih serta selamat jalan. Hal itu dilakukan untuk membuat pengunjung merasa nyaman.

4. MENGURUS BILL PEMBAYARAN TAMU SELAMA MENGINAP DI HOTEL

Bagian pembayaran atau kasir di hotel juga termasuk dalam bagian front office. Mereka harus siap mengurus bill pembayaran tamu selama menginap di hotel. Karena mengurus pembayaran membutuhkan ketelitian, maka dari itu mereka juga dituntut untuk teliti dan telaten dalam hal ini supaya tidak ada kerugian yang menimpa salah satu pihak.

5. MEMBERIKAN PELAYANAN INFORMASI

Tugas terpenting dari seorang front officer adalah memberikan pelayanan informasi. Maka dari itu mereka harus belajar dengan detail mengenai semua informasi yang berkaitan dengan hotel tersebut. Jika mereka tidak bisa menjawab atau memberikan informasi yang salah tentang informasi hotel tersebut, nama baik hotel juga akan terpengaruhi.

6. MENANGANI KELUHAN-KELUHAN TAMU YANG MENGINAP DI HOTEL

Tidak semua proses menginap pengunjung berjalan lancar. Ada kalanya beberapa masalah entah itu kesalahan teknis atau sikap pihak hotel membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Mereka pun akhirnya menyampaikan keluhan-keluhan yang mereka alami seperti AC yang mati, ada aroma yang tidak sedap, fasilitas tidak sesuai dengan apa yang disampaikan website, dan pelayanan yang tidak menyenangkan. Front officerlah yang bertugas untuk menangani keluhan tersebut.


Sumber: https://www.urusizin.co.id/happy-racing-apk/

You might be interested in …

PRINSIP ETIKA LINGKUNGAN HIDUP

Pendidikan

PRINSIP ETIKA LINGKUNGAN HIDUP Prinsip ini menjadi pegangan dan tuntutan bagi perilaku kita dalam berhadapan dengan alam, baik perilaku terhadap alam secara langsung maupun perilaku terhadap sesama manusia yang berakibat tertentu terhadap alam (Keraf, 2002): (1)  Sikap Hormat terhadap Alam (Respect for Nature) Pada dasarnya semua teori etika lingkungan mengakui bahwa alam semesta perlu untuk dihormati. Secara khusus sebagai pelaku […]

Read More
Pemerintah Luncurkan Pendidikan Vokasi Industri di Jakarta dan Banten

Pemerintah Luncurkan Pendidikan Vokasi Industri di Jakarta dan Banten

Pendidikan

Pemerintah Luncurkan Pendidikan Vokasi Industri di Jakarta dan Banten Kemendikbud — Pemerintah meluncurkan Program Pendidikan Vokasi Industri untuk Wilayah DKI Jakarta dan Banten. Peluncuran dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebduayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, di Kota Cilegon, […]

Read More
Dampak Masuknya Budaya Asing (Barat) Budaya Bangsa Indonesia

Dampak Masuknya Budaya Asing (Barat) Budaya Bangsa Indonesia

Pendidikan

Dampak Masuknya Budaya Asing (Barat) Budaya Bangsa Indonesia Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa […]

Read More