TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

TUGAS FRONT OFFICE HOTEL

1. MENERIMA DAN MENANGANI PEMESANAN KAMAR OLEH CALON CUSTOMER

Maksud dan tujuan utama tamu mendatangi hotel adalah untuk menyewa kamar. Tugas bagian front office pada hotel membantu tamu untuk membantu mengurus proses pemesanan kamar mereka. Hal-hal yang diurus untuk pemesanan seperti data diri, kunci kamar, dan pembagian nomor kamar harus dibantu oleh pihak front office agar tamu merasa nyaman dan dimudahkan.

2. MELAKUKAN KONFIRMASI PEMESANAN ULANG

Tamu bisa saja telah memesan kamar terlebih dahulu lewat website atau aplikasi pendukung lainnya. Yang perlu mereka lakukan agar segera bisa mendapatkan kamar adalah melakukan konfirmasi ulang dengan menunjukkan bukti pemesanan pada website atau aplikasi pendukung tersebut. Bagian front office harus benar-benar mengecek apakah yang ditunjukkan tamu itu resmi atau tidak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. MENYAMBUT DAN MEMBERIKAN SALAM PISAH

Bagian yang pertama kali dilihat oleh pengunjung hotel adalah meja depan atau front office. Maka dari itu mereka harus siap menyambut kedatangan pengunjung dan menanyakan apa yang bisa dibantu mengenai reservasi atau keperluan di hotel tersebut. Setelah pengunjung meninggalkan hotel, bagian front office juga bertugas menyapa kembali dan memberikan ucapan terima kasih serta selamat jalan. Hal itu dilakukan untuk membuat pengunjung merasa nyaman.

4. MENGURUS BILL PEMBAYARAN TAMU SELAMA MENGINAP DI HOTEL

Bagian pembayaran atau kasir di hotel juga termasuk dalam bagian front office. Mereka harus siap mengurus bill pembayaran tamu selama menginap di hotel. Karena mengurus pembayaran membutuhkan ketelitian, maka dari itu mereka juga dituntut untuk teliti dan telaten dalam hal ini supaya tidak ada kerugian yang menimpa salah satu pihak.

5. MEMBERIKAN PELAYANAN INFORMASI

Tugas terpenting dari seorang front officer adalah memberikan pelayanan informasi. Maka dari itu mereka harus belajar dengan detail mengenai semua informasi yang berkaitan dengan hotel tersebut. Jika mereka tidak bisa menjawab atau memberikan informasi yang salah tentang informasi hotel tersebut, nama baik hotel juga akan terpengaruhi.

6. MENANGANI KELUHAN-KELUHAN TAMU YANG MENGINAP DI HOTEL

Tidak semua proses menginap pengunjung berjalan lancar. Ada kalanya beberapa masalah entah itu kesalahan teknis atau sikap pihak hotel membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Mereka pun akhirnya menyampaikan keluhan-keluhan yang mereka alami seperti AC yang mati, ada aroma yang tidak sedap, fasilitas tidak sesuai dengan apa yang disampaikan website, dan pelayanan yang tidak menyenangkan. Front officerlah yang bertugas untuk menangani keluhan tersebut.


Sumber: https://www.urusizin.co.id/happy-racing-apk/

You might be interested in …

PT Inti Kerjasama dengan Korea

PT Inti Kerjasama dengan Korea

Pendidikan

PT Inti Kerjasama dengan Korea BANDUNG-PT INTI bekerjasama dengan perusahaan asal Korea membangun pabrik pembuatan kabel fiber optik. Pabrik dinamakan PT Inti GOC ini diresmikan, Jumat, (28/2) berlokasi di Jalan Mohomad Toha Kabupaten Bandung. Menurut Dirut PT INTI Tikno Sutisna pabrik itu dapat memproduksi kabel dan aksesoris serat optik serta pabrik elektronik berbasis radio frequency […]

Read More

Tindakan pidana dan masyarakat

Pendidikan

Tindakan pidana dan masyarakat Dapat di yakini bahwa pada peradaban yang tinggi manusia dan setan semakin memainkan perananya, menjadi sifat yang hampir sama dan berseberangan dan sekarang banyak sekali orang melakukan hal yang aniaya(zhalim) dan bodoh (jahl) [1],bukanya mengikuti petunjuk yang di anugerahkan Allah sang pencipta melalui rosul dan nabinya sepanjang masa untuk mencegah dan membatasi […]

Read More
Garut Diguncang Gempa 6,1 SR

Garut Diguncang Gempa 6,1 SR

Pendidikan

Garut Diguncang Gempa 6,1 SR BANDUNG- Telah terjadi gempa dengan magnitude 6,1 SR dengan pusat gempa 101 km Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat pada 6/4/2016 pukul 21.45 Wib. Pusat gempa berasa di Samudera Hindia pada kedalaman 10 km. Tidak berpotensi tsunami. Dalam siaran pers, BNPB disebutkan , gempa yang terjadi cukup dangkal dan berada […]

Read More