Tingkat Segmentasi Pasar

Tingkat Segmentasi Pasar

Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.

  1. Pemasaran massal

Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.

  1. Pemasaran segmen

Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.

  1. Pemasaran ceruk

Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.

  1. Pemasaran mikro

Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

  1. Manfaat Segmentasi Pasar

Sedangakan manfaat dari segmentasi pasar adalah:

  1. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.
  2. Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
  3. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya.
  4. Menentukan Pasar Sasaran

Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu :

  1. Langkah pertama

Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada

  1. Langkah kedua

Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.

baca juga :

You might be interested in …

Creative Accounting

Creative Accounting

Pendidikan

Creative Accounting Creative Accounting adalah semua proses dimana beberapa pihak menggunakan kemampuan pemahaman pengetahuan akuntansi (termasuk di dalamnya standar, teknik, dll) dan menggunakannya untuk memanipulasi pelaporan keuangan (Amat, Blake dan Dowd, 1999). Pihak-pihak yang terlibat di dalam proses creative accounting, seperti manajer, akuntan (sepengetahuan saya jarang sekali ditemukan kasus yang melibatkan akuntan dalam proses creative […]

Read More
Milad Seabad TK ‘Aisyiyah, PWA Sumsel Gelar Semnas

Milad Seabad TK ‘Aisyiyah, PWA Sumsel Gelar Semnas

Pendidikan

Milad Seabad TK ‘Aisyiyah, PWA Sumsel Gelar Semnas Peringati 100 tahun atau seabad TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal, digelar seminar nasional (Semnas). Kegiatan yang diadakan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Sumatera Selatan (Sumsel) itu dijadwalkan berlangsung Sabtu (29/6) mendatang di Hotel The Zuri. Puncak acara peringatan hari jadi TK ‘Aisyiyah itu juga menjadi agenda milad ‘Aisyiyah ke-105 […]

Read More
SMAN 1 Cisarua Jadi Perwaklan Jawa Barat di Ajang Indonesia Student Company Competition 2019

SMAN 1 Cisarua Jadi Perwaklan Jawa Barat di Ajang Indonesia Student Company Competition 2019

Pendidikan

SMAN 1 Cisarua Jadi Perwaklan Jawa Barat di Ajang Indonesia Student Company Competition 2019    Provinsi Jawa Barat SMAN 1 Cisarua kembali menjadi perwakilan Provinsi Jawa Barat pada tahun depan untuk kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company Competition 2019. Acara ini diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citi Indonesia (Citibank), di Atrium Braga […]

Read More