Tingkat Segmentasi Pasar

Tingkat Segmentasi Pasar

Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.

  1. Pemasaran massal

Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.

  1. Pemasaran segmen

Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.

  1. Pemasaran ceruk

Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.

  1. Pemasaran mikro

Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

  1. Manfaat Segmentasi Pasar

Sedangakan manfaat dari segmentasi pasar adalah:

  1. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.
  2. Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
  3. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya.
  4. Menentukan Pasar Sasaran

Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu :

  1. Langkah pertama

Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada

  1. Langkah kedua

Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.

baca juga :

You might be interested in …

Skelularisme sebagai Paradigma Pendidikan

Pendidikan

Skelularisme sebagai Paradigma Pendidikan Sekularisme adalah suatu paham yang memisahkan antara dunia dan akhirat, kehidupan dunia dan agama, pengalaman agama adalah masalah pribadi. Jarang ada orang mau mengakui dengan jujur, sistem pendidikan kita adalah sistem yang sekular-materialistik. Biasanya yang dijadikan argumentasi, adalah UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 Bab II Pasal 3 yang berbunyi, “Pendidikan […]

Read More
Teori Upah Efisiensi

Teori Upah Efisiensi

Pendidikan

Teori Upah Efisiensi Alasan kempat mengapa penganguran selalu terjadi dalam perekonomian, selain pencarian kerja, peraturan upah minimum, dan serikat pekerja, dijelaskan oleh teoriupah efisiensi (efficiency wages). Menurut teori ini, perusahaan – perusahaan lebih efisien jika upah berada diatas titik keseimbangan. Pemahaman baru yang diberikan oleh teori upah efisiensi adalah membayar upah lebih tinggi dapat menguntungkan […]

Read More
Fraksi Golkar Dukung Pendirian Perguruan Tinggi Asing di Papua

Fraksi Golkar Dukung Pendirian Perguruan Tinggi Asing di Papua

Pendidikan

Fraksi Golkar Dukung Pendirian Perguruan Tinggi Asing di Papua Ketua Fraksi Partai Golkar Robert J. Kardinal mengungkapkan bahwa pertemuan Partai Golkar dengan perwakilan Partai Buruh Australia (Australian Labor Party/ALP), membahas berbagai isu ekonomi dan pendidikan, termasuk kondisi Papua saat ini. “Jadi dalam pertemuan itu dibahas mengenai isu ekonomi, perdagangan, dan pendidikan. Saya kan ikut juga […]

Read More