Tingkat Segmentasi Pasar

Tingkat Segmentasi Pasar

Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.

  1. Pemasaran massal

Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.

  1. Pemasaran segmen

Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.

  1. Pemasaran ceruk

Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.

  1. Pemasaran mikro

Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

  1. Manfaat Segmentasi Pasar

Sedangakan manfaat dari segmentasi pasar adalah:

  1. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.
  2. Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
  3. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya.
  4. Menentukan Pasar Sasaran

Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu :

  1. Langkah pertama

Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada

  1. Langkah kedua

Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.

baca juga :

You might be interested in …

Nadiem Proses Re-akreditasi Bersifat Sukarela Bagi Perguruan Tinggi

Nadiem: Proses Re-akreditasi Bersifat Sukarela Bagi Perguruan Tinggi

Pendidikan

Nadiem: Proses Re-akreditasi Bersifat Sukarela Bagi Perguruan Tinggi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim , menegaskan pendidikan tinggi di Indonesia perlu bergerak lebih cepat agar kita dapat bersaing di tingkat dunia. Karenanya pendidikan tinggi harus berinovasi dengan cepat dari semua unit pendidikan yang ada. Namun, inovasi itu sendiri hanya bisa dilakukan jika ruang […]

Read More
Pengertian Ciri-Ciri Dan Fungsi Dongeng

Pengertian Ciri-Ciri Dan Fungsi Dongeng

Pendidikan

Pengertian Ciri-Ciri Dan Fungsi Dongeng Pengertian Ciri-Ciri Dan Fungsi Dongeng Pengertian Ciri-Ciri Dan Fungsi Dongeng. Ketika anda masih Kanak-Kanak pastinya anda pernah mendengar tentang Dongeng biasanya ibu atau kakak anda akan menceritakan sebuah dongeng ketika menjelang tidur. Taukah Anda Apa yang dimaksud dengan Dongeng. Dongeng adalah sebuah cerita yang tidak benar-benar terjadi dan dalam banyak hal […]

Read More
Head Up Display System

Head Up Display System

Pendidikan

Head Up Display System Head Up Display (HUD) adalah setiap tampilan transparan yang menyajikan data tanpa mengharuskan pengguna untuk melihat dari sudut pandang yang biasa. Asal usul nama berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan kepala menghadap ke atas, HUD ibaratnya hampir sama dengan simulasi militer yang pertama kali digunakan pada pesawat terbang Meskipun […]

Read More