Tindakan pidana dan masyarakat

Tindakan pidana dan masyarakat

Dapat di yakini bahwa pada peradaban yang tinggi manusia dan setan semakin memainkan perananya, menjadi sifat yang hampir sama dan berseberangan dan sekarang banyak sekali orang melakukan hal yang aniaya(zhalim) dan bodoh (jahl) [1],bukanya mengikuti petunjuk yang di anugerahkan Allah sang pencipta melalui rosul dan nabinya sepanjang masa untuk mencegah dan membatasi perilaku manusia untuk tidak berbuat aniaya kepada sesame dan Allah serta alam semesta,Allah SAW telah memberikan batasan dengan hukum dan syariah dan hukum-hukum yang ada dalam Al-quran dan al-hadist.

            Syariah telah menetapkan dua kriteria hukuman yaitu :

1)      Untuk memberikan efekjera dan dengan catatn tidak akan mengulangi lagi perilaku yang merygikan orang lain.

2)      Memberikan kesempatan untuk memulihkan diri sebagai anggota masyarakat yang baik.

  1. Macam-macam hukuman antara lain
  2. Al-uqubat (hukum pidana)

Dalam agama islam hukum pidana di sebut Al-uqubat yang berasal dari kata “al-uqubah”

(hal-hal yang merugikan atau criminal) hanya ada dua perbedaan hukum  dengan syariat yaitu, syariah menekankn untuk pemenuhan hak-hak individu secara umum , hukum adalah salah satu cara atau obat  untuk mengobati penyakit individu agar bisa bermasyarakat dengan baik dan tidak merugikan orang lain.

            Tindakan pidana yang dapat di hukum dalam syariat agama islam adalah tindakan yang mempengaruhi masyarakat yaitu , pembunuhan (qati),perampokan(hirobah),pencurian(sariqah),perzinaan(zina),dan tuduhan zina(qodzaf).

            Hukuman atas tindakan pidana dapat di kategorikan ke dalam empat hal yaitu:

1)      Hukumsn fisik yang meliputi hukuman mati,potong tangan, hukuman cambuk,dan rajam sampai mati.

2)      Membatasi kebebasan meliputi,hukuman penjara.

Bila sese orang mengalami hak individunya maka, ia harus di tegur karena Al-quran mengatakan:

                                                                                                                         فانبغت احد هما ءلي الا خر ي فقتلو االتي تبغي حتي تفيء إلي أمرالله(الحجر ات 9 )

Artinya :

“jika salah satu dari golongan itu berbuat aniaya terhadap golongan yang lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah SAW [2](Al-hujurot (49);9).

  1. Hudud Dan Ta’dzirat

Hadud hanya di berikan bila terjadi pelanggaran atas hak-hak masyarakat.

Kata “hudud” adalah bentuk jamak dari bahasa arab “hadd” yang berarti pencegahan,penekanan atau larangan.

Dalam islam kata hudud di batasi hanya untuk hukuman dan untuk persoalan menghakimi atau menjatuhkan fonis hukuman sudah di terangkan dalam Al-quran dan Al-hadist, yang di lakukan dengan pertimbangan hakim yang berkompeten dalam bidangnya dan bisa di percaya.al-Quran telah menetapkan ketentuan umum dalam menetapkan hukuman salah stunya terdapat di dalam ayat berikut.

sumber :

You might be interested in …

SDN Babakanasem Bangun Perpustakaan Rp154 Juta

SDN Babakanasem Bangun Perpustakaan Rp154 Juta

Pendidikan

SDN Babakanasem Bangun Perpustakaan Rp154 Juta SDN Babakana­sem di Jalan Ciburial Indah, RT 03/04, Kelurahan Baranangsiang , Kecamatan Bogor Timur, tengah membangun satu ruang perpustakaan di sekolahnya. Pengerjaan pembangunan yang dila­kukan swakelola itu menghabiskan anggaran Rp154.759.000 melalui dana APBN 2018. “Bantuan pembangunan gedung per­pustakaan ini merupakan amanah pemerintah pusat yang wajib dilaks­anakan sebaik-baiknya demi majunya […]

Read More
Pemkot Bandung Ungkap Beberapa Rencana Pembangunan Sarana dan Prasarana

Pemkot Bandung Ungkap Beberapa Rencana Pembangunan Sarana dan Prasarana

Pendidikan

Pemkot Bandung Ungkap Beberapa Rencana Pembangunan Sarana dan Prasarana BANDUNG. Pemkot Bandung, sudah merencanakan beberapa sarana dan prasarana yang kehadirannya dapat mendukung suksesnya pembangunan Kota Bandung ke depan. Hal demikian, diungkapkan Walikota Bandung, Ridwan Kamil dalam keterangannya kepada wartawan, di sela-sela kegiatan yang berlangsung di Hotel Horizon , Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung, Senin (9/3). […]

Read More
Kurtilas

Ada yang Salah dengan Kurikulum 2013 Kurtilas

Pendidikan

Ada yang Salah dengan Kurikulum 2013 Kurtilas Kurtilas ( Kurikulum 2013) atau bisa juga disingkat K13 yaitu suatu sistem kurikulum bentukan baru dari pemerintah dimana dalam proses kegiatan belajar mengajarnya para siswa diharapkan bisa lebih aktif dalam mencari dan menyampaikan materi tersebut atau mengemukakan materi kepada teman yang lain kemudian ditanggapi oleh teman yang lainnya. […]

Read More