Tindakan pidana dan masyarakat

Tindakan pidana dan masyarakat

Dapat di yakini bahwa pada peradaban yang tinggi manusia dan setan semakin memainkan perananya, menjadi sifat yang hampir sama dan berseberangan dan sekarang banyak sekali orang melakukan hal yang aniaya(zhalim) dan bodoh (jahl) [1],bukanya mengikuti petunjuk yang di anugerahkan Allah sang pencipta melalui rosul dan nabinya sepanjang masa untuk mencegah dan membatasi perilaku manusia untuk tidak berbuat aniaya kepada sesame dan Allah serta alam semesta,Allah SAW telah memberikan batasan dengan hukum dan syariah dan hukum-hukum yang ada dalam Al-quran dan al-hadist.

            Syariah telah menetapkan dua kriteria hukuman yaitu :

1)      Untuk memberikan efekjera dan dengan catatn tidak akan mengulangi lagi perilaku yang merygikan orang lain.

2)      Memberikan kesempatan untuk memulihkan diri sebagai anggota masyarakat yang baik.

  1. Macam-macam hukuman antara lain
  2. Al-uqubat (hukum pidana)

Dalam agama islam hukum pidana di sebut Al-uqubat yang berasal dari kata “al-uqubah”

(hal-hal yang merugikan atau criminal) hanya ada dua perbedaan hukum  dengan syariat yaitu, syariah menekankn untuk pemenuhan hak-hak individu secara umum , hukum adalah salah satu cara atau obat  untuk mengobati penyakit individu agar bisa bermasyarakat dengan baik dan tidak merugikan orang lain.

            Tindakan pidana yang dapat di hukum dalam syariat agama islam adalah tindakan yang mempengaruhi masyarakat yaitu , pembunuhan (qati),perampokan(hirobah),pencurian(sariqah),perzinaan(zina),dan tuduhan zina(qodzaf).

            Hukuman atas tindakan pidana dapat di kategorikan ke dalam empat hal yaitu:

1)      Hukumsn fisik yang meliputi hukuman mati,potong tangan, hukuman cambuk,dan rajam sampai mati.

2)      Membatasi kebebasan meliputi,hukuman penjara.

Bila sese orang mengalami hak individunya maka, ia harus di tegur karena Al-quran mengatakan:

                                                                                                                         فانبغت احد هما ءلي الا خر ي فقتلو االتي تبغي حتي تفيء إلي أمرالله(الحجر ات 9 )

Artinya :

“jika salah satu dari golongan itu berbuat aniaya terhadap golongan yang lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah SAW [2](Al-hujurot (49);9).

  1. Hudud Dan Ta’dzirat

Hadud hanya di berikan bila terjadi pelanggaran atas hak-hak masyarakat.

Kata “hudud” adalah bentuk jamak dari bahasa arab “hadd” yang berarti pencegahan,penekanan atau larangan.

Dalam islam kata hudud di batasi hanya untuk hukuman dan untuk persoalan menghakimi atau menjatuhkan fonis hukuman sudah di terangkan dalam Al-quran dan Al-hadist, yang di lakukan dengan pertimbangan hakim yang berkompeten dalam bidangnya dan bisa di percaya.al-Quran telah menetapkan ketentuan umum dalam menetapkan hukuman salah stunya terdapat di dalam ayat berikut.

sumber :

You might be interested in …

Mengenal Asal Usul Athena

Mengenal Asal Usul Athena

Pendidikan

Mengenal Asal Usul Athena Athena (bahasa Yunani: Αθηνά or Αθήνη bahasa Doris: Ασάνα) yang dialihaksarakan sebagai Athene, adalah seorang dewi dalam mitologi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, dewi kerajinan tangan, keterampilan rumah tangga, strategi, dan perang. Athena adalah adik dari Ares, sang dewa perang. Sebagai dewi perang ia membanggakan kepandaian dewatanya dan kekuatannya yang luar biasa. Athena terkenal akan belas […]

Read More
Perbandingan Sistem Ekonomi Moneter Islam Dengan Sistem Ekonomi Moneter Konvensional

Perbandingan Sistem Ekonomi Moneter Islam Dengan Sistem Ekonomi Moneter Konvensional

Pendidikan

Perbandingan Sistem Ekonomi Moneter Islam Dengan Sistem Ekonomi Moneter Konvensional   KONSEP EKONOMI MONETER KONVENSIONAL Ekonomi Moneter merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang peranan uang dalam mempengaruhi tingkat harga-harga dan tingkat kegiatan ekonomi dalam suatu negara.   UANG DALAM EKONOMI KONVENSIONAL Peranan Uang Dalam Ekonomi Konvensional Dalam ekonomi, uang di definisikan sebagai “anything that is generally accepted […]

Read More
Ilmu Pengetauan, Teknologi dan Kemiskinan

Ilmu Pengetauan, Teknologi dan Kemiskinan

Pendidikan

Ilmu Pengetauan, Teknologi dan Kemiskinan Pengertian ilmu pengetahuan, teknologi dan nilai Ilmu pengetahuan teknologi itu biasanya sering diakitkan dengan nilai atau moral. Penerapan ilmu teknologi biasanya masih kurang memperhatikan dari nilai moral yang ada. Masalah ini kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, menyangkut perdepatan sengit sampai-sampai terjadi adanya dua pemikiran yan gmnenyatakan ilmu bebas […]

Read More