Tiga tekfin ini tawarkan “student loan”

Tiga tekfin ini tawarkan “student loan”

Tiga tekfin ini tawarkan student loan

Baru-baru ini isu student loan atau pinjaman untuk dana pendidikan menjadi perbincangan

setelah Presiden Joko Widodo menyinggungnya dalam sebuah pidato.

Di negara maju, seperti Amerika Serikat dan sejumlah negara di Eropa, perbankan meminjamkan sejumlah dana kepada mahasiswa untuk membiayai pendidikannya.

Setelah mereka selesai kuliah, mereka dapat mengembalikan pinjaman tersebut dengan cara mencicil.

Di Indonesia, tiga perusahaan teknologi finansial ini menawarkan pinjaman

dana pendidikan bagi mahasiswa perguruan tinggi. Besaran pinjaman yang diberikan beragam, bergantung pada jenis pendidikan.

1. Dana Cita
Perusahaan rintisan ini menyediakan pinjaman bagi pelajar di perguruan tinggi, baik untuk program diploma, sarjana, magister dan kursus singkat non-gelar.

Dana Cita memungkinkan pinjaman untuk pembiayaan keseluruhan selama masa studi

, dengan masa pinjaman maksimal selama enam tahun. “Maksimal enam tahun, tergantung dengan studi yang mereka pilih. Kami nggak ingin membebani mereka,” kata salah satu pendiri Dana Cita, Suslie Lie.

2. DANAdidik
Perusahaan ini menggunakan sistem penggalangan dana atau crowdfunding untuk memberikan pinjaman dana pendidikan. Platform ini menyediakan pinjaman jangka panjang hingga empat tahun.

Pendiri DANAdidik, Dipo Satria Ramli menyatakan mereka menyediakan metode pembayaran yang dinilai tidak memberatkan pelajar, yaitu dengan menetapkan sistem bagi hasil pendapatan setelah pelajar lulus dan mendapatkan pekerjaan.

3. KoinWorks
Perusahaan tekfin ini memiliki program KoinPintar yang memberikan pinjaman untuk dana pendidikan di tingkat perguruan tinggi maupun kursus.

Pendiri KoinWorks, Benedicto Haryono, menyatakan dari sekitar 100 pelajar yang memanfaatkan program mereka, 70 persen diantaranya berada di sektor informal.

 

sumber :

http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/comment/view/32625/17015/28288

You might be interested in …

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Terkena Air

Teknologi

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Terkena Air Musuh utama dari smartphone sama dengan barang elektronik lainnya yaitu air. Sehingga berbagai cara pun dilakukan supaya ponsel tidak terkena air, walaupun terkadang tetap saja terkena air, baik air hujan atau jatuh ke dalam genangan air. Walaupun sudah banyak ponsel pintar yang mempunyai sertifikat anti-air khususnya di kelas high-end, […]

Read More
Versi Terbaru Smartphone “Muka Dua” Yotaphone Segera Dirilis

Versi Terbaru Smartphone “Muka Dua” Yotaphone Segera Dirilis

Teknologi

Versi Terbaru Smartphone “Muka Dua” Yotaphone Segera Dirilis Pada bulan Desember 2012 silam, Yota menggemparkan dunia dengan menghadirkan smartphone perdananya, YotaPhone, yang memiliki dua layar sekaligus. Selanjutnya pada bulan Desember 2014, Yota menghadirkan YotaPhone 2 juga dengan dua layar, namun memiliki spesifikasi hardware yang lumayan. YotaPhone 2 hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro dual-core […]

Read More

Facebook tetap bisa kumpulkan data via Portal

Teknologi

Facebook tetap bisa kumpulkan data via Portal Facebook awal bulan ini meluncurkan perangkat komunikasi panggilan video bernama Portal yang terbebas dari iklan, tidak seperti platform media sosial buatan Facebook lainnya. Para petinggi Facebook saat peluncuran mengumumkan perangkat tersebut tidak menampilkan iklan, namun, temuan dari situs Recode menunjukkan, bahwa Facebook bisa saja mengumpulkan data melalui platform […]

Read More