Tiga tekfin ini tawarkan “student loan”

Tiga tekfin ini tawarkan “student loan”

Tiga tekfin ini tawarkan student loan

Baru-baru ini isu student loan atau pinjaman untuk dana pendidikan menjadi perbincangan

setelah Presiden Joko Widodo menyinggungnya dalam sebuah pidato.

Di negara maju, seperti Amerika Serikat dan sejumlah negara di Eropa, perbankan meminjamkan sejumlah dana kepada mahasiswa untuk membiayai pendidikannya.

Setelah mereka selesai kuliah, mereka dapat mengembalikan pinjaman tersebut dengan cara mencicil.

Di Indonesia, tiga perusahaan teknologi finansial ini menawarkan pinjaman

dana pendidikan bagi mahasiswa perguruan tinggi. Besaran pinjaman yang diberikan beragam, bergantung pada jenis pendidikan.

1. Dana Cita
Perusahaan rintisan ini menyediakan pinjaman bagi pelajar di perguruan tinggi, baik untuk program diploma, sarjana, magister dan kursus singkat non-gelar.

Dana Cita memungkinkan pinjaman untuk pembiayaan keseluruhan selama masa studi

, dengan masa pinjaman maksimal selama enam tahun. “Maksimal enam tahun, tergantung dengan studi yang mereka pilih. Kami nggak ingin membebani mereka,” kata salah satu pendiri Dana Cita, Suslie Lie.

2. DANAdidik
Perusahaan ini menggunakan sistem penggalangan dana atau crowdfunding untuk memberikan pinjaman dana pendidikan. Platform ini menyediakan pinjaman jangka panjang hingga empat tahun.

Pendiri DANAdidik, Dipo Satria Ramli menyatakan mereka menyediakan metode pembayaran yang dinilai tidak memberatkan pelajar, yaitu dengan menetapkan sistem bagi hasil pendapatan setelah pelajar lulus dan mendapatkan pekerjaan.

3. KoinWorks
Perusahaan tekfin ini memiliki program KoinPintar yang memberikan pinjaman untuk dana pendidikan di tingkat perguruan tinggi maupun kursus.

Pendiri KoinWorks, Benedicto Haryono, menyatakan dari sekitar 100 pelajar yang memanfaatkan program mereka, 70 persen diantaranya berada di sektor informal.

 

sumber :

http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jilo/comment/view/32625/17015/28288

You might be interested in …

ASUS ExpertBook P5440FA, Laptop Bisnis Super Tangguh

ASUS ExpertBook P5440FA, Laptop Bisnis Super Tangguh

Teknologi

ASUS ExpertBook P5440FA, Laptop Bisnis Super Tangguh ASUS ExpertBook P5440FA laptop handal dan tangguh yang dapat melengkapi kebutuhan bisnis anda. Seri laptop terbaru ini telah diluncurkan untuk pengguna kalangan profesional bisnis. Kelebihan lain dari ASUS ini merupakan laptop kelas militer. Meskipun tampilan laptop ini dari segi bentuk dan warna sangat standar, tapi perangkat ini cukup […]

Read More
Cara Mengundang Orang Lain Untuk Mengedit Google Docs yang Kita Buat

Cara Mengundang Orang Lain Untuk Mengedit Google Docs yang Kita Buat

Teknologi

Cara Mengundang Orang Lain Untuk Mengedit Google Docs yang Kita Buat     Kelebihan Google Docs dibandingkan dengan aplikasi dokumen lainnya adalah, kita bisa bekerja mengetik dokumen tanpa perlu install aplikasi. Cukup buka browser, kemudian langsung mengetik. Kelebihan lainnya, kita juga bisa bekerja bersama dengan rekan-rekan kita. Dengan begitu dokumen yang sedang kita kerjakan bisa […]

Read More

Pesan paket umrah lebih mudah dengan aplikasi

Teknologi

Pesan paket umrah lebih mudah dengan aplikasi PT Safar Anugerah bekerja sama dengan anak perusahaan Telkom Group, PT Metranet, pada Kamis, meluncurkan aplikasi daring (online) bernama Safar yang membuat pemesanan paket perjalanan umrah lebih mudah dan aman. “Pengguna dapat mencari paket umrah melalui langkah yang mudah, proses pembelian yang ringkas dan cepat juga transaksi yang […]

Read More