Teori Penawaran (Supply)

Teori Penawaran (Supply)

Teori Penawaran (Supply)

Teori Penawaran (Supply)
Teori Penawaran (Supply)

Hukum penawaran berasumsi bahwa dengan menganggap hal lainnya tetap, kuantitas barang yang ditawarkan akan meningkat ketika harga barang tersebut terus meningkat. (Mankow, 2002).
Hubungan antara harga produk dengan kuantitas yang ditawarkan dapat dilihat dalam skedul penawaran (supply schedule). (Mankiw, 2002)
Kurva penawaran memperlihatkan perubahankuantitas barang yang
ditawarkan ketika harganya berubah. Karena harga yang lebih tinggi menaikan kuantitas yang ditawarkan, maka kurva penawaran memiliki kemiringan ke atas atau positif. (Mankiw, 2002).
Kurva Penawaran adalah kurva yang menggambarkan hubungan atara harga barang dengan kuantitas yang ditawarkan. (Mankiw, 2002).
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran diantaranya adalah:
1. Harga barang tersebut.
Hubungan antara harga dan penawaran barang itu adalah berbanding lurus.
Semakin murah harga maka jumlah barang yang ditawarkan akan semakin sedikit dan semakin mahal harga, maka jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak.
2. Harga barang lain.
Semakin mahal harga barang substitusi maka semakin sedikit penawaran barang itu.
3. Harga faktor-faktor produksi.
Bila harga faktor-faktor produksi semakin meningkat maka akan menyebabkan biaya produksi menjadi mahal. Bila biaya produksi semakin mahal, maka produsen menjadi berkurang kemampuannya untuk berproduksi.
4. Ekspektasi harga di masa yang akan datang.
Bila ada anggapan bahwa di masa yang akan datang akan terjadi kenaikan harga pada suatu barang maka penawaran akan barang tersebut akan semakin menurun.
5. Jumlah produsen.
Apabila jumlah produsen bertambah maka semakin banyak penawaran.
6. Teknologi.
Dengan adanya teknologi yang semakin meningkat, berarti biaya untuk memproduksi menjadi lebih rendah, dengan demikian jumlah barang yang dapat diproduksi menjadi lebih banyak. (Samuelson, 2003).

Baca Juga :

You might be interested in …

Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus Peringati International Hearing Day and Autism Awareness Day 2019 di Sidoarjo

Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus Peringati International Hearing Day and Autism Awareness Day 2019 di Sidoarjo

Pendidikan

Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus Peringati International Hearing Day and Autism Awareness Day 2019 di Sidoarjo Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mengikuti peringatan International Hearing Day and Autism Awareness Day 2019 di Pendopo Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (6/4/2019). Kegiatan bertemakan “Sidoarjo Terdepan, Peduli dan Ramah Anak Berkebutuhan Khusus” digelar untuk mengajak masyarakat […]

Read More
270 Siswa Semarakan Pentas PAI se-Kota Bogor

270 Siswa Semarakan Pentas PAI se-Kota Bogor

Pendidikan

270 Siswa Semarakan Pentas PAI se-Kota Bogor   Pekan Keterampilan dan Seni Sebanyak 270 peserta Pekan Keterampilan dan Seni (Pentas) Pendidikan Agama Islam sedari Sabtu (24/03/2018) pagi sudah berkumpul di Gedung PPIB, Jalan Pajajaran, Kota Bogor. Semua peserta ini merupakan siswa Sekolah Dasar (SD) yang bersiap unjuk kebolehan dalam berbagai bidang lomba. Sebut saja lomba […]

Read More
Roh Halus Dari Jepang

Roh Halus Dari Jepang

Pendidikan

Roh Halus Dari Jepang Di Jepang, hantu dikenal sebagai Yurei. Kata “Yu” yang berarti halus atau samar-samar, dan “Rei” yang berarti roh atau arwah. Mereka tidak memanggilnya dengan sebutan setan atau hantu atau jin. Berdasarkan kepercayaan orang Jepang, semua manusia mempunyai roh atau arwah yang disebut sebagai reikon. Setelah seseorang meninggal, reikon akan pergi meninggalkan […]

Read More