Teori Penawaran (Supply)

Teori Penawaran (Supply)

Teori Penawaran (Supply)

Teori Penawaran (Supply)
Teori Penawaran (Supply)

Hukum penawaran berasumsi bahwa dengan menganggap hal lainnya tetap, kuantitas barang yang ditawarkan akan meningkat ketika harga barang tersebut terus meningkat. (Mankow, 2002).
Hubungan antara harga produk dengan kuantitas yang ditawarkan dapat dilihat dalam skedul penawaran (supply schedule). (Mankiw, 2002)
Kurva penawaran memperlihatkan perubahankuantitas barang yang
ditawarkan ketika harganya berubah. Karena harga yang lebih tinggi menaikan kuantitas yang ditawarkan, maka kurva penawaran memiliki kemiringan ke atas atau positif. (Mankiw, 2002).
Kurva Penawaran adalah kurva yang menggambarkan hubungan atara harga barang dengan kuantitas yang ditawarkan. (Mankiw, 2002).
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran diantaranya adalah:
1. Harga barang tersebut.
Hubungan antara harga dan penawaran barang itu adalah berbanding lurus.
Semakin murah harga maka jumlah barang yang ditawarkan akan semakin sedikit dan semakin mahal harga, maka jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak.
2. Harga barang lain.
Semakin mahal harga barang substitusi maka semakin sedikit penawaran barang itu.
3. Harga faktor-faktor produksi.
Bila harga faktor-faktor produksi semakin meningkat maka akan menyebabkan biaya produksi menjadi mahal. Bila biaya produksi semakin mahal, maka produsen menjadi berkurang kemampuannya untuk berproduksi.
4. Ekspektasi harga di masa yang akan datang.
Bila ada anggapan bahwa di masa yang akan datang akan terjadi kenaikan harga pada suatu barang maka penawaran akan barang tersebut akan semakin menurun.
5. Jumlah produsen.
Apabila jumlah produsen bertambah maka semakin banyak penawaran.
6. Teknologi.
Dengan adanya teknologi yang semakin meningkat, berarti biaya untuk memproduksi menjadi lebih rendah, dengan demikian jumlah barang yang dapat diproduksi menjadi lebih banyak. (Samuelson, 2003).

Baca Juga :

You might be interested in …

SMK Kesehatan Mandala Bhakti Gelar Kemah Ambalan Baru

SMK Kesehatan Mandala Bhakti Gelar Kemah Ambalan Baru

Pendidikan

SMK Kesehatan Mandala Bhakti Gelar Kemah Ambalan Baru Dalam rangkaian penerimaan tamu Ambalan Baru dan pelantikan Bantara , SMK Kesehatan Mandala Bhakti Surakarta melaksanakan kemah untuk siswa kelas X dan XI di Bumi Perkemahan Delingan Karanganyar. Kamis (8/8/2019). Baca Juga : Serunya Siswa SD Marsudirini Solo Dalam Aneka Lomba HUT RI Diikuti oleh sebanyak 367 […]

Read More
Periode Pengenalan

Periode Pengenalan

Pendidikan

Periode Pengenalan Periode satu dasawarsa ini, tahun 1990-an, teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. hal ini juga merupakan efek kreativitas anak muda ketika itu, setelah dipinggirkan dari panggung politik, yang kemudian disediakan wadah baru dan dikenal sebagai Karang Taruna. […]

Read More
Pemprov Jabar Konsisten Perangi Korupsi

Pemprov Jabar Konsisten Perangi Korupsi

Pendidikan

Pemprov Jabar Konsisten Perangi Korupsi BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus berupaya untuk menekan atau menghilangkan terjadinya kasus korupsi di Jawa Barat yang hingga saat ini masih terjadi di sejumlah sektor kehidupan di masyarakat. Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya akan terus berbuat melalui Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) terhadap 12 jenis […]

Read More