Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca

Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca

Kerajinan kain ini bisa dibuat dengan dijahit menggunakan mesin jahit ataupun tangan. Semakin kecil dan tidak teraturnya potongan kain yang disediakan, maka semakin sulit pula cara menggabungkannya. Misalnya untuk membuat kerajinan perca dengan potongan-potongan kain berbentuk segi empat.

Pola yang paling sederhana yang bisa Anda buat yaitu pola seperti papan catur yang berwarna-warni kontras. Anda juga bisa menggabungkan potongan-potongan kain tersebut membentuk pola zig zag, bintang, dan sebagainya.

Pusatkan beberapa detil di bagian tengah kerajinan dengan warna kontras sehingga bisa menjadi lebih menarik. Kemudian Anda juga bisa membuat semacam frame yang juga terbuat dari potongan kain dengan warna berbeda sehingga polanya terlihat.

Cara Memanfaatkan Kain Perca Batik

Banyak orang yang tidak tahu bahwa kain perca sangat bermanfaat, terutama kain perca batik khususnya. Biasanya setelah sehelai kain selesai dijahit atau dibuat pakaian, sisanya akan terbuang sia-sia. Padahal sisa-sisa kain itu masih bisa dimanfaatkan menjadi bermacam-macam kerajinan yang fungsional.

     Ada beberapa jenis kain perca batik yang masing-masing berbeda jenis bahan. Dua diantaranya yang paling banyak adalah jenis kain batik dari bahan katun dan sunwosh.

Kain perca batik bisa dimanfaatkan menjadi beberapa bentuk kerajinan yang fungsional dan bernilai jual, misalnya :Tas, Sandal, Taplak meja, Sprei, sarung bantal dan sarung guling,  Tudung saji dan tutup gelas, Bros, Keset, Rok atau daster, dan lain-lain.

Memanfaatkan kain perca sebagai bahan baku utama pembuatan aneka kerajinan ternyata bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Dari kain sisa jahitan yang awalnya tidak bernilai, bisa dikreasikan menjadi berbagai macam produk kerajinan yang memiliki fungsi dan harga jual cukup tinggi.

Dengan memproduksi aneka macam produk kerajinan kain perca, tentunya Anda bisa membidik pangsa pasar yang cukup luas. Sebut saja produk kebutuhan rumah tangga seperti bed cover, sprei, keset, dan lain-lainbisa Anda pasarkan untuk kalangan ibu-ibu. Sedangkan untuk produk boneka, kotak pensil, tas, dan dompet handpone, bisa Anda tujukan untuk konsumen anak-anak maupun kaum remaja.

sumber: https://busbagus.co.id/pesatnya-perkembangan-youtuber-indonesia/

You might be interested in …

PENGERTIAN KATA BILANGAN (NUMERALIA) DAN JENIS-JENISNYA

PENGERTIAN KATA BILANGAN (NUMERALIA) DAN JENIS-JENISNYA

Umum

PENGERTIAN KATA BILANGAN (NUMERALIA) DAN JENIS-JENISNYA Pengertian Kata Bilangan (numerlia): Kata bilangan  (numeralia) adalah kata yang digunakan untuk menghitung banyaknya sesuatu (baik berupa benda, orang, binatang, barang maupun konsep). Dalam bahasa Indonesia, Kata bilangan (numeralia) dikelompokkan menjadi dua jenis. Dua jenis kata bilangan tersebut adalah kata bilangan takrif dan kata bilangan tak takrif. Selengkapnya kita […]

Read More

Pola dalam sosiologi

Umum

Keteraturan Sosial Setiap manusia dalam hidup bermasyarakat selalu menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar terjadi keserasian yang memberikan kepuasan hidupnya. Sebagai anggota masyarakat manusia berhadapan dengan lingkungan alam seperti iklim, tanah, dan sumber alam. Manusia juga berhadapan dengan lingkungannya. Ia berhadapan dengan sesama manusia yang masing – masing mempunyai kehendak, keinginan, perasaan, dan sifat yang berbeda […]

Read More

pemerintah Indonesia telah berupaya untuk mengembalikan naskah-naskah tradisional Indonesia

Umum

Naskah Nusantara Ternyata naskah-naskah Nusantara yang berada di negara-negara Eropa jumlahnya sangat banyak, hal ini bisa disebabkan oleh Indonesia pernah dijajah oleh kekuatan besar di Eropa seperti Belanda dan Inggris. Berbagai bentuk naskah, barang arkeologi, hingga dokumen yang berasal dari seluruh Indonesia sebagian besar “mondhok” di negara tersebut. Sebenarnya pemerintah Indonesia telah berupaya untuk mengembalikan […]

Read More