Sistem Perekonomian Indonesia

Sistem Perekonomian Indonesia

Sistem Perekonomian Indonesia

Sistem Perekonomian Indonesia
Sistem Perekonomian Indonesia

Sistem Perekonomian Indonesia

BUMN/  Koperasi/ Home industri

Sistem perekonomian adalah system yang di gunakan oleh suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya yang di milikinya baik keapda individu maupun organisasi dinegara tersebut. Perbedaan antara system perekonomian dengan system ekonomian lainnya adalah bagaimana cara system itu mengatur factor produksinya semua factor produksi tersebut dipegang oleh pemerintahan.

System perekonomian di Indonesia

Kemunculan suatu aliran ekonomi dunia, akan selalu berkaitan dengan aliran ekonomi sebelumnya begitu pula dengan system perekonomian di Indonesia. Kapitalisme & sosialisme begitu mempengaruhi ideology perekonomian Indonesia. Era pra- kemerdekaan adalah masa kapitalisme dari eropa karena Indonesia memakai paham kapitalisme seharusnya Indonesia sudah bisa menjadi kelas dalam pemilik modal tetapi sebagai penilik bangsa Indonesia di rampok hak-haknya. Bangsa yang seharusnya menjadi tuan rumah malah menjadi budak dinegaranya sendiri.

Antara kapitalis dan system perekonomian Indonesia memang memiliki kaitan yang cukup erat, seperti hubungan sosialisme dengan system perekonomian Indonesia, hal ini juga tercantum dalam UUD ’45 , pasal 27 ayat 2. selain ada unsure sosialisme ternyata dalam pasal ini juga mengandung untuk kapitalisme. Hak untuk memiliki pekerjaan ternyata juga termasuk hak kepemilikan yang merupakan substansi kapitalisme dalam pasal ini juga tersurat bahwa kewajiban Negara adalah sebagai agen pelindung individu-individu sebagai warga Negara. Tanggung jawab Negara terhadap hak-hak individu ini adalah bagian dari substansi kapitalisme yang menjadi individu-individu sebagai subjek.

Perkembangan system perekonomian Indonesia

  • System demokrasi ekonomi (orde baru)
  • Sistem ekonomi kerakyatan (reformasi)

Sistem Demokrasi ekonomi

Sistem perekonomian nasional yang merupakan perwujudan dari falsafah Pancasila UUD 1945 yang berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan dari, oleh, untuk rakyat di bawah pimpinan & pengawasan pemerintah

Ciri-ciri positif system ekonomi demokrasi

  1. perekonomian disusun sebagai usaha bersana berdasarkan atas asas kekeluargaan
  2. cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak di kuasai oleh negara
  3. Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya di kuasai negara dan di pergunakan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat.
  4. sumber-sumber kekayaan & keuangan negara digunakan untuk pemufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat, serta pengawasan terhadap kebijakan ada pada lembaga-lembaga perwakilan rakyat pula.

Ciri-ciri negatif hal-hal yang harus dihindarkan

  1. sistem free fight liberalism : sistem persaingan bebas yang saling mengahancurkan & dapat menumbuhkan eksploitas manusia dan bangsa lain.
  2. sistem etalisme : negara beserta aparatur ekonomi negara bersifat dominan serta mendesak dan mematikan potensi & daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara
  3. monopoli : pemusatan kekuatan ekonomi pada suatu kelompok yang merugikan masyarakat.

Sistem ekonomi kerakyatan

Masyarakat memegang aktif dalam kegiatan ekonomi, sedangkan pemerintah menciptakan iklim yang sehat bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha.

Ciri-ciri sistem ekonomi kerakyatan

  1. bertumpu pada mekanisme yang berkeadilan dengan prinsip persaingan yang sehat
  2. memperhatikan pertumbuhan ekonomi, nilai keadilan, kepentingan sosial, dan kualitas hidup.
  3. mampu mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan
  4. menjamin kesempatan yang sama dalam berusaha & bekerja
  5. adanya perlindungan hak-hak konsumen & perlakuan yang adil bagi seluruh rakyat

Sistem Ekonomi Indonesia

Sumber : https://merkbagus.id/