SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA TAHUN 1945-1949

SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA TAHUN 1945-1949

SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA TAHUN 1945-1949

SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA TAHUN 1945-1949

Sistem presidensial menjadi

sistem pemerintahan Indonesia sejak pertama kali mendeklarasikan kemerdekaan pada 1945. Hal ini tak lepas dari bentuk negara Indonesia yang berbentuk kesatuan, bentuk pemerintahannya republik dan konstitusinya adalah UUD 1945.

Pada masa ini presiden merupakan kepala negara sekaligus kepala pemerintahan, sehingga kewenangan presiden meliputi pengambilan keputusan, kebijakan, pengaturan negara dan lain-lain ditentukan oleh presiden.

Setelah proklamasi, urusan Indonesia dengan penjajah masih belum selesai. Negara ini tetap berjuang mengusir para penjajah, sementara itu dunia belum mau mengakui kedaulatan bangsa Indonesia pada 1946. Alhasil, Belanda kembali datang ke Indonesia dengan menggandeng tentara NICA.

Proses kemerdekaan untuk bangsa Indonesia sangatlah panjang, hal ini agar dunia internasional mau mengakui kedaulatan bangsa ini. Itulah yang menghadirkan beberapa perundingan-perundingan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dengan pihak asing.

Perundingan tersebut antara lain, Konferensi Meja Bundar, Perjanjian Linggar Jati, Pernjanjian Renville, Perjanjian Roem Royen, dan yang lainnya. Meski demikian, banyak diantara perjanjian itu yang malah merugikan bangsa Indonesia, itulah yang menjadi alasan munculnya maklumat wakil presiden tahun 1945.

Maklumat tersebut berisi pembagian kekuasaan, yakni legislatif yang dijalankan oleh Komisi Nasional Indonesia Pusat (KNPI) dan kekuasaan lainnya tetap berada di tangan presiden. DPR dan MPR belum terbentuk pada saat itu.


Sumber: https://cooldesktopbackgroundsx.com/mcqueen-apk/

You might be interested in …

Jenis Tanah Di Indonesia

Jenis Tanah Di Indonesia

Pendidikan

Jenis Tanah Di Indonesia   Tanah berperan sebagai tempat kita perpijak Dan tanah juga berfungsi untuk menanam tumbuhan atau pohon-pohon tetapi ada jenis-jenis tanah tersendiri yang dapat ditanami pohon dan tumbuhan yang tertentu, tidak semua tumbuhan atau pohon-pohon dapat ditanami tumbuhan dan tanaman atau pohon-pohon dikarenakan banyak hal-hal terendiri yang membuat tanaman dan pohon tidak […]

Read More
Sistem Perekonomian Indonesia

Sistem Perekonomian Indonesia

Pendidikan

Sistem Perekonomian Indonesia Sistem Perekonomian¬†Indonesia BUMN/¬† Koperasi/ Home industri Sistem perekonomian adalah system yang di gunakan oleh suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya yang di milikinya baik keapda individu maupun organisasi dinegara tersebut. Perbedaan antara system perekonomian dengan system ekonomian lainnya adalah bagaimana cara system itu mengatur factor produksinya semua factor produksi tersebut dipegang oleh […]

Read More
Bentuk-Bentuk Penyimpangan

Bentuk-Bentuk Penyimpangan

Pendidikan

Bentuk-Bentuk Penyimpangan Penyimpangan sosial dapat dibedakan menjadi dua, yaitu dilihat berdasarkan kadar penyimpangannya dan dilihat berdasarkan pelaku penyimpangannya. a. Berdasarkan Kadar Penyimpangan 1 ) Penyimpangan primer Penyimpangan primer disebut juga penyimpangan ringan. Para pelaku penyimpangan ini umumnya tidak menyadari bahwa dirinya melakukan penyimpangan. Penyimpangan primer dilakukan tidak secara terus menerus (insidental saja) dan pada umumnya […]

Read More