Sektor-Sektor yang Dikelola Negara

Sektor-Sektor yang Dikelola Negara

Sektor-Sektor yang Dikelola Negara

Sektor-Sektor yang Dikelola Negara

Pembahasan kali ini mengenai Sektor-Sektor yang Dikelola Negara dan Daerah. Adanya BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), menimbulkan pertanyaan mengenai bidang usaha apa saja yang harus dikelola BUMN dan bidang usaha apa yang harus dikelola BUMD. Yang dimaksud dengan Daerah disini ada dua, yaitu daerah tingkat I (provinsi) dan daerah tingkat II (kota atau kabupaten).

Jawaban untuk pertanyaan di atas berdasar pada Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 mengenai Pemerintah Daerah. Menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2004, sektor-sektor yang dikelola negara dan daerah diuraikan sebagai berikut.

Sektor-Sektor yang Dikelola Negara

Sektor-sektor yang dikelola dan menjadi wewenang negara yaitu:

a. Politik Luar Negeri
Seperti mengangkat pejabat diplomatik, menunjuk pejabat di lembaga internasional, menetapkan kebijakan luar negeri, menetapkan kebijakan perdagangan luar negeri dan lain-lain.
b. Pertahanan
Seperti mendirikan dan membentuk angkatan bersenjata, menyatakan damai dan perang, menyatakan keadaan bahaya, membuat sistem pertahanan negara serta persenjataan dan lain-lain.
c. Keamanan
Seperti mendirikan dan membentuk kepolisian, menetapkan kebijakan keamanan nasional, menindak pelanggaran hukum dan lain-lain.
d. Yustisi
Seperti mendirikan lembaga peradilan, mengangkat hakim dan jaksa, membuat undang-undang, membuat peraturan pemerintah, menetapkan kebijakan kehakiman, keimigrasian dan sebagainya.
e. Moneter dan Fiskal Nasional
Seperti menetapkan kebijakan-kebijakan moneter (mencetak uang) menetapkan kebijakan-kebijakan fiskal (menaikkan pajak) dan lain-lain.

Sumber : https://www.diigo.com/item/note/74×26/058o?k=28ad883a2d2df097782a442a3d8a5786

You might be interested in …

KOMPETENSI PROFESI APLIKASI PERKANTORAN

KOMPETENSI PROFESI APLIKASI PERKANTORAN.

Pendidikan

KOMPETENSI PROFESI APLIKASI PERKANTORAN Dalam Uji kompetensi Aplikasi Perkantoran bukan hanya diperuntukkan kepada para profesinoalisme yang langsung berkaitan dengan aplikasi perkantoran, tetapi kepada seluruh profesonalisme lain yang dalam kebutuhannya juga menggunakan aplikasi perkantoran dalam kegiatannya baik yang bekerja pada instansi ataupun yang menekuni profesi secara perseorangan. Contoh jabatan/jenis pekerjaan yang bisa mengikuti uji kompetensi aplikasi […]

Read More

Pancasila Sebagai Ideologi Nasional 

Pendidikan

Pancasila Sebagai Ideologi Nasional Suatu sistem filsafat pada tingkat perkembangan tertentu melahirkan ideologi. Biasanya ideologi lebih mengutamakan asas-asas kehidupan politik dan kenegaraan sebagai satu kehidupan nasional yang esensinya adlaah kepemimpinan, kekuasaan, dan kelembagaan dengan tujuan kesejahteraan. Secara teoritis filosofis, ideologi bersumber pada suatu sistem filsafat dan merupakna pelaksanaan filsafat itu sendiri. Hal ini berarti suatu […]

Read More
Pensi SMAN 1 Jambi Berlangsung Semarak, Fasilitasi Kreatifitas Seni Siswa

Pensi SMAN 1 Jambi Berlangsung Semarak, Fasilitasi Kreatifitas Seni Siswa

Pendidikan

Pensi SMAN 1 Jambi Berlangsung Semarak, Fasilitasi Kreatifitas Seni Siswa SMAN 1 Kota Jambi mengelar pentas seni (Pensi) pada Kamis (15/2) lalu. Kegiatan menjadi wadah bagi siswa dalam menampilkan kreatifitas seni dan bakat yang dimikili. Berbagai penampilan dari kreatifitas siswa ditampilkan, di antaranya tari, vokal solo dan group, music dan berbagai kegiatan lain sebagainya. Pembukaan […]

Read More