Sektor-Sektor yang Dikelola Negara

Sektor-Sektor yang Dikelola Negara

Sektor-Sektor yang Dikelola Negara

Sektor-Sektor yang Dikelola Negara

Pembahasan kali ini mengenai Sektor-Sektor yang Dikelola Negara dan Daerah. Adanya BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), menimbulkan pertanyaan mengenai bidang usaha apa saja yang harus dikelola BUMN dan bidang usaha apa yang harus dikelola BUMD. Yang dimaksud dengan Daerah disini ada dua, yaitu daerah tingkat I (provinsi) dan daerah tingkat II (kota atau kabupaten).

Jawaban untuk pertanyaan di atas berdasar pada Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 mengenai Pemerintah Daerah. Menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2004, sektor-sektor yang dikelola negara dan daerah diuraikan sebagai berikut.

Sektor-Sektor yang Dikelola Negara

Sektor-sektor yang dikelola dan menjadi wewenang negara yaitu:

a. Politik Luar Negeri
Seperti mengangkat pejabat diplomatik, menunjuk pejabat di lembaga internasional, menetapkan kebijakan luar negeri, menetapkan kebijakan perdagangan luar negeri dan lain-lain.
b. Pertahanan
Seperti mendirikan dan membentuk angkatan bersenjata, menyatakan damai dan perang, menyatakan keadaan bahaya, membuat sistem pertahanan negara serta persenjataan dan lain-lain.
c. Keamanan
Seperti mendirikan dan membentuk kepolisian, menetapkan kebijakan keamanan nasional, menindak pelanggaran hukum dan lain-lain.
d. Yustisi
Seperti mendirikan lembaga peradilan, mengangkat hakim dan jaksa, membuat undang-undang, membuat peraturan pemerintah, menetapkan kebijakan kehakiman, keimigrasian dan sebagainya.
e. Moneter dan Fiskal Nasional
Seperti menetapkan kebijakan-kebijakan moneter (mencetak uang) menetapkan kebijakan-kebijakan fiskal (menaikkan pajak) dan lain-lain.

Sumber : https://www.diigo.com/item/note/74×26/058o?k=28ad883a2d2df097782a442a3d8a5786