Sejarah Bola Voli

Sejarah Bola Voli

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Dia adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada organisasi “Young Man Christian Association” (YMCA) di kota Massachussets, Amerika Serikat. Mula-mula permainan bola voli diberi nama “mintonette”, dimana permainannya hampir serupa dengan permainan badminton. Jumlah permain tidak terbatas, sesuai dengan tujuan semula, yaitu untuk mengembangkan kesegaran dan kebuagaran jasmani pada buruh di samping bersenam umum.

Kemudian permainan ini diubah menjadi Volleyball  yang artinya kurang lebih memvoli bola berganti-ganti. Pada tahun 1892 YMCA berhasil mengadakan kejuaraan nasional bola voli di negara Amerika Serikat. Pertandingan bola voli yang pertama tahun 1947 di Polandia. Pada tahun 1948 IVBF (International Volley Ball Federation) didirikan dengan anggota 15 negara dan berpusat di Paris. Dalam Perang Dunia II permainan ini tersebar di seluruh dunia terutama di Eropa dan Asia. Setelah Perang Dunia II prestasi dan popularitas permainan bola voli di AS menurun, sedangkan di negara lain terutama di Eropa Timur dan Asia berkembang sangat cepat dan massal. Indonesia mengenal permainan bola voli sejak tahun 1928, yaitu pada zaman penjajahan Belanda.

Permainan bola voli di Indonesia berkembang sangat pesat di seluruh lapisan masyarakat, sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah, maka pada tanggal 22 Januari 1945 PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia)  didirikan di Jakarta bersamaan denga kejuaraan di Yogyakarta. Setleah tahun 1962 perkembangan bola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan.

Pemgertian Bola Voli

Pengertian Bola Voli adalah sebuah olahraga beregu atau tim dan setiap tim terdiri atas 6 pemain aktif dan 6 pemain dibangku cadangan. Masing-masing tim belomba mengumpulkan angka sebanyak-banyaknya untuk memenangkan pertandingan tersebut dengan cara menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan, juga bisa mendapatkan angka dengan syarat lawan melakukan kesalahan yang diselengarakan dibawah peraturan.

  1. Peraturan Dalam Olahraga Bola Voli

Setiap tim terdiri dari 6 pemain aktif atau berada didalam lapangan dan 4 pemain cadangan berada dibangku cadangan. Untuk memulai jalanya pertandingan denagan cara service terlebih dahulu oleh salah satu tim dan bola harus melewati net, jika gagal maka lawan mendapatkan poin. Apabila satu tim berhasil menjatuhkan bola ke daerah lawan maka tim tersebut mendapatkan poin.

Baca juga:

You might be interested in …

AIR MINERAL BUKAN UNTUK BAYI

Umum

AIR MINERAL BUKAN UNTUK BAYI Tahukah Moms, di balik kebiasaan memberikan air putih ternyata tersimpan bahaya yang dapat mengancam si buah hati, utamanya bayi di bawah usia 6 bulan. ASI, Sudah Cukup Air putih bermanfaat bagi kesehatan anak-anak dan orang dewasa memang benar, tapi TIDAK untuk bayi. “Pemberian air putih tidak disarankan, khususnya pada bayi […]

Read More

contoh hukum taklifi

Umum

HUKUM TAKHLIFI Pengertian Hukum takhlifi adalah hukum yang berisi tuntutan kepada mukallaf untuk meninggalkan atau melakukan sesuatu, atau memilih diantara keduanya. B. Pembagian 1. Al-ijab (wajib) Yaitu suatu tuntutan secara pasti dari syari’at untuk dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan, karena jika meninggalkan akan dikenai hukuman. وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ Dan dirikanlah shalat, […]

Read More
Hak asasi manusia

HAK ASASI MANUSIA DAN PENDIDIKAN BELA NEGARA

Pendidikan, Umum

HAK ASASI MANUSIA DAN PENDIDIKAN BELA NEGARA PENGERTIAN HAM Hak Asasi Manusia(HAM) adalah prinsip-prinsip moral atau norma-norma,yang menggambarkan standar tertentu dari perilaku manusia, dan dilindungi secara teratur sebagai hak-hak hukum dalam hukum kota dan internasional. Mereka umumnya dipahami sebagai hal yang mutlak sebagai hak-hak dasar “yang seseorang secara inheren berhak karena dia adalah manusia, dan […]

Read More