Segmentasi Pasar 

Segmentasi Pasar 

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.

  1. Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar

    Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:

Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen

  1. Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
  2. Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan,dll
  3. Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
  4. Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri

  1. Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
  2. Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
  1. Syarat segmentasi Pasar

Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :

  1. Dapat diukur

b.Dapat dicapai

  1. Cukup besar atau cukup menguntungkan

d.Dapat dibedakan

  1. Dapat dilaksanakan

https://rakyatlampung.co.id/seva-mobil-bekas/

You might be interested in …

Definisi Kedwibahasaan

Definisi Kedwibahasaan

Pendidikan

Definisi Kedwibahasaan   Kedwibahasaan sebagai akibat adanya kontak bahasa berubah-ubah dan merupakan istilah yang bersifat relatif atau nisbi. Berikut ini beberapa definisi kedwibahasaan. 1. Weinreich Kedwibahasaan adalah kebiasaan menggunakan dua bahasa atau lebih secara bergantian 2. Bloomfield Merumuskan kedwibahasaan sebagai penguasaan yang sama baiknya atas dua bahasa atau native like control of two languages. Penguasaan […]

Read More
Perkembangan Telematika di Indonesia

Perkembangan Telematika di Indonesia

Pendidikan

Perkembangan Telematika di Indonesia Di Indonesia, perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan perkembangannya di masyarakat, yaitu : 1. Periode Rintisan (akhir tahun 1970-an – akhir tahun 1980-an) Periode Rintisan di Indonesia terhadap Timor Portugis, peristiwa Malari, Pemilu tahun 1977, pengaruh Revolusi Iran, dan ekonomi yang baru ditata pada awal pemerintahan Orde Baru, melahirkan akhir tahun […]

Read More
Organisasi Management Produksi

Organisasi Management Produksi

Pendidikan

Organisasi Management Produksi Jenis organisasi dalam proses manufaktur (Wild, 1983): Continuous Process Industries, adalah industri yang memproses barang dengan proses yang berkesinambungan atau terus menerus. Dalam hal ini yang dimaksud adalah bukan berarti secara terus menerus 24 jam tanpa henti melainkan proses yang dilakukan secara tumpukan bukan per unit produk. Industri ini biasanya menggunakan proses […]

Read More