Segmentasi Pasar 

Segmentasi Pasar 

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.

  1. Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar

    Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:

Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen

  1. Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
  2. Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan,dll
  3. Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
  4. Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri

  1. Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
  2. Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
  1. Syarat segmentasi Pasar

Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :

  1. Dapat diukur

b.Dapat dicapai

  1. Cukup besar atau cukup menguntungkan

d.Dapat dibedakan

  1. Dapat dilaksanakan

https://rakyatlampung.co.id/seva-mobil-bekas/

You might be interested in …

 Kerajaan Islam di Aceh

Pendidikan

 Kerajaan Islam di Aceh       Kerajaan Samudra Pasai Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah kerajaan Samudra Pasai, yang didirikan pada abad ke-10 M dengan raja pertamanya Malik Ibrahim bin Mahdum. Yang kedua bernama Al-Malik Al-Shaleh dan yang terakhir bernama Al-Malik Sabar Syah (tahun 1444 M/ abad ke-15 H).[22] Pada tahun 1345, Ibnu Batutah dari Maroko sempat singgah […]

Read More

Membuat perusahaan virtual

Pendidikan

Membuat perusahaan virtual Dalam lingkungan bisnis global yang dinamis saat ini, pembentukan perusahaan virtual dapat menjadi salah satu penggunaan strategis terpenting dari tegnologi informasi. Perushaan virtual (juga disebut korporasi virtual atau organisasi virtual) adalah organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk menghubungkan banyak orang, organisasi, aktiva dan ide. Perusahaan virtual biasanya membentuk aliansi dan kelompok kerja […]

Read More
Titik Nol English Course, Pintu untuk Bekerja di Luar Negeri

Titik Nol English Course, Pintu untuk Bekerja di Luar Negeri

Pendidikan

Titik Nol English Course, Pintu untuk Bekerja di Luar Negeri Titik Nol English Course di Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur , memang baru berusia dua tahun. Namun, lembaga kursus bahasa Inggris itu sudah mendidik lebih dari lima ribu anak muda. Alumni Titik Nol English Course juga sudah tersebar di seluruh dunia. Mereka memanfaatkan peluang […]

Read More