Sarana dan Prasarana Pendidikan di Jabar Sudah Memenuhi Standar

Sarana dan Prasarana Pendidikan di Jabar Sudah Memenuhi Standar

Sarana dan Prasarana Pendidikan di Jabar Sudah Memenuhi Standar

 

Sarana dan Prasarana Pendidikan di Jabar Sudah Memenuhi Standar

Dinas Pendidikan Jawa Barat

(Disdik Jabar) telah memenuhi 8 standar nasional pendidikan sebesar 100%, termasuk diantaranya sarana dan prasarana. Standar penunjang lain yang sudah dipenuhi pun yakni pembiayaan, pendidik dan tenaga kependidikan, lulusan, isi, proses, penilaian, serta pengelolaan.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan

Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Dodin Nuryadin menerima keluhan masih minimnya fasilititas (laboratorium) pasca alih kelola SMA/SMK Negeri ke Pemprov Jabar, dari beberapa SMA/SMK di daerah Priangan Timur seperti Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

“Investasi untuk memperbaiki kualitas sarana dan prasarana pendidikan di Jawa Barat, tidak kurang dari Rp 1,2 Triliun. Dana tersebut digunakan untuk pemenuhan standar sarana dan prasarana seperti rehabilitasi bangunan, peralatan sekolah, dan ruang praktikum. Sejauh ini, pembangunan ruang kelas baru (RKB) di Jabar sudah mencapai 17.000 disertai dengan 9 sekolah baru. Pembangunan 20.000 RKB akan tuntas di tahun 2018,”  ujarnya saat ditemui di Dinas Pendidikan Jawa Barat, Selasa (23/08/17) sore.

Menurutnya

RKB difokuskan untuk kabupaten yang memiliki angka partisipasi anak masuk sekolah, terhitung rendah. Saat ini, tingkat partisipasi anak usia sekolah di kabupaten sudah lebih dari 76%, sementara di Kota Bandung sudah 100%. Bahkan, pembangunan RKB tidak terkecuali untuk sekolah swasta. Aspek ini tidak lain adalah untuk meningkatkan angka partisipasi anak masuk sekolah di Jabar yang ditargetkan berjumlah 80% lebih di tahun 2018.

Mengenai adanya kesenjangan sarana dan prasarana pendidikan di kota dan daerah terpencil

Tentu harus bicara  seputar inovasi atau program unggulan untuk membangun kualitas pendidikan di atas standar. Hal tersebut tentu butuh biaya tambahan. Biaya ini bisa saja didapatkan dari masyarakat atau CSR. Jadi, standar sarana dan prasarana pendidikan di Jabar sudah terpenuhi apabila berbicara 8 standar nasional pendidikan,” katanya.

Tak hanya itu, Dodin pun menyebutkan kesejahteraan tenaga pendidik di Jabar juga sudah memenuhi standar. Guru SMA/SMK mendapat Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) minimal Rp600 ribu – Rp 1 juta per bulan semenjak alih kelola ke Pemprov Jabar.

 

Sumber: https://pengajar.co.id/