Resep Sop Iga Sapi Bening Bumbu Spesial

Resep Sop Iga Sapi Bening Bumbu Spesial

Paling enak menyantap masakan berkuah hangat dengan bumbu spesial bening yang kaya akan rempah, cara membuat sop tulang iga sapi kuah bening berkaldu ini acap kali menjadi pilihan. Rasanya yang lebih ringan karena memang tanpa santan tetapi benar-benar gurih dan segar di mulut, sehingga tidak ragu menikmati dan menghirup kuahnya dalam porsi yang lebih banyak.
Resep Sop Iga Sapi Bening Bumbu Spesial
Memilih tulang iga yang masih banyak menempel sisa daging serta sedikit lemak adalah tips utama dalam membuat sop iga yang spesial. Iga impor yang sering juga disebut pedagang dengan tulang iga super memiliki kualitas yang sangat baik, selain banyak menyisakan daging yang tebal juga tidak mengandung banyak lemak.

Sedangkan jika mencari tulang iga lokal di pasar-pasar tradisional, disarankan datang pagi-pagi sekali karena biasanya masih banyak pilihan maka pilihlah yang terbaik. Jika dapat yang banyak lemaknya, maka lakukan perebusan pertama serta buang air rebusan untuk membuang kandungan lemaknya.

Resep Membuat Sop Iga :

Aroma wanginya memenuhi hingga seisi rumah dan sungguh menggugah selera, sehingga tak sabar ingin segera untuk mencicipi. Barangkali itu adalah sedikit gambaran mengenai cara untuk membuat sop iga yang akan dibagikan kali ini, serta jangan lupa untuk selalu menutup panci saat memasak.

Bahan dan bumbu :
500 gram tulang iga sapi super
5 buah wortel, kupas dan potong-potong 3 cm atau dengan bentuk sesuai selera
6 buah kentang ukuran sedang, kupas dan belah empat bagian
8 siung bawang putih, haluskan
6 butir bawang merah, haluskan
Bumbu dan rempah :
4 cm jahe, geprek
3 butir kapulaga
3 buah pekak (bunga lawang)
3 cm kayu manis
1/2 buah pala, geprek
1/2 sdt kaldu bubuk royco sapi (opsional)
1 sdm garam atau secukupnya
Pelengkap :
1 sdm minyak untuk menumis
2 batang daun bawang, iris
2 batang daun seledri, iris
bawang goreng untuk taburan
Cara Membuat Sop Iga :
Cuci bersih tulang iga kemudian masukkan dalam rebusan 2 liter air mendidih di atas api kecil hingga 2 jam agar daging iga menjadi empuk (jika mengandung banyak lemak, lakukan 2 kali perebusan dan buang air rebusan pertama). Sementara itu tumis bawang merah dan bawang putih halus dengan sedikit minyak lalu angkat dan sisihkan.
Setelah direbus kurang lebih selama 2 jam, masukkan bumbu dan rempah kemudian masukkan potongan wortel dan kentang. Masukkan juga bumbu halus yang sudah ditumis lalu didihkan lagi selama 30 menit atau hingga semua matang dan daging iga menjadi empuk.
Angkat dan tuang ke dalam mangkuk saji, taburi dengan irisan daun bawang, daun seledri serta bawang goreng lalu hidangkan sop iga selagi panas.

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

Sejarah Asal Usul Olahraga Parkour

Sejarah Asal Usul Olahraga Parkour

Umum

Sejarah Asal Usul Olahraga Parkour Sobat pernahkan menonton film “Police Story 1-4” yang dibintangi Jacky Chan? Dalam film tersebut banyak adegan Jacky Chan melakukan aksi melompat dari gedung yang satu ke gedung yang lain tanpa bantuan apapun. Ia hanya mengandalkan tenaga dan keberanian dalam diri. Ternyata apa yang dilakukan sang aktor ini merupakan salah satu […]

Read More

filsafat politik ibnu khaldun

Umum

PENERAPAN POLITIK ISLAM PADA ERA MODERN PERSPEKTIF IBN KHALDUN Awal perjalanan Ibn Khaldun didunia politik Nama lengkap Ibn Khaldun adalah Wali al-Din ‘Abd.al-Rahman ibn Muhammad ibn Abi Bakr Muhammad Al-Hasan ibn Khaldun, beliau lahir di Tunisia pada tanggal 1 Ramadhan 723 H (7 Mei 1332 M) dan wafat pada tanggal 19 Maret 1406 M. Ia […]

Read More

Peter Barger

Umum

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Proses sosialisasi pada hakikatnya adalah proses belajar berinteraksi bagi individu di tengah – tengah masyarakat. Proses ini adalah proses pengenalan terhadap lingkungan sosial dan lingkungan alam yang ada di sekitarnya, mulai dari lingkungan keluarga, teman sepermainan, lingkungan sekolah, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat luas. Di bawah ini akan diuraikan pengertian […]

Read More