Resep Sop Iga Sapi Bening Bumbu Spesial

Resep Sop Iga Sapi Bening Bumbu Spesial

Paling enak menyantap masakan berkuah hangat dengan bumbu spesial bening yang kaya akan rempah, cara membuat sop tulang iga sapi kuah bening berkaldu ini acap kali menjadi pilihan. Rasanya yang lebih ringan karena memang tanpa santan tetapi benar-benar gurih dan segar di mulut, sehingga tidak ragu menikmati dan menghirup kuahnya dalam porsi yang lebih banyak.
Resep Sop Iga Sapi Bening Bumbu Spesial
Memilih tulang iga yang masih banyak menempel sisa daging serta sedikit lemak adalah tips utama dalam membuat sop iga yang spesial. Iga impor yang sering juga disebut pedagang dengan tulang iga super memiliki kualitas yang sangat baik, selain banyak menyisakan daging yang tebal juga tidak mengandung banyak lemak.

Sedangkan jika mencari tulang iga lokal di pasar-pasar tradisional, disarankan datang pagi-pagi sekali karena biasanya masih banyak pilihan maka pilihlah yang terbaik. Jika dapat yang banyak lemaknya, maka lakukan perebusan pertama serta buang air rebusan untuk membuang kandungan lemaknya.

Resep Membuat Sop Iga :

Aroma wanginya memenuhi hingga seisi rumah dan sungguh menggugah selera, sehingga tak sabar ingin segera untuk mencicipi. Barangkali itu adalah sedikit gambaran mengenai cara untuk membuat sop iga yang akan dibagikan kali ini, serta jangan lupa untuk selalu menutup panci saat memasak.

Bahan dan bumbu :
500 gram tulang iga sapi super
5 buah wortel, kupas dan potong-potong 3 cm atau dengan bentuk sesuai selera
6 buah kentang ukuran sedang, kupas dan belah empat bagian
8 siung bawang putih, haluskan
6 butir bawang merah, haluskan
Bumbu dan rempah :
4 cm jahe, geprek
3 butir kapulaga
3 buah pekak (bunga lawang)
3 cm kayu manis
1/2 buah pala, geprek
1/2 sdt kaldu bubuk royco sapi (opsional)
1 sdm garam atau secukupnya
Pelengkap :
1 sdm minyak untuk menumis
2 batang daun bawang, iris
2 batang daun seledri, iris
bawang goreng untuk taburan
Cara Membuat Sop Iga :
Cuci bersih tulang iga kemudian masukkan dalam rebusan 2 liter air mendidih di atas api kecil hingga 2 jam agar daging iga menjadi empuk (jika mengandung banyak lemak, lakukan 2 kali perebusan dan buang air rebusan pertama). Sementara itu tumis bawang merah dan bawang putih halus dengan sedikit minyak lalu angkat dan sisihkan.
Setelah direbus kurang lebih selama 2 jam, masukkan bumbu dan rempah kemudian masukkan potongan wortel dan kentang. Masukkan juga bumbu halus yang sudah ditumis lalu didihkan lagi selama 30 menit atau hingga semua matang dan daging iga menjadi empuk.
Angkat dan tuang ke dalam mangkuk saji, taburi dengan irisan daun bawang, daun seledri serta bawang goreng lalu hidangkan sop iga selagi panas.

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

Ringkasan Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB)

Ringkasan Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB)

Umum

Ringkasan Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) Pada halaman ini akan diuraikan tentang ringkasan Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) yang ditetapkan oleh Pemerintah. Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) merupakan salah satu faktor penting untuk dapat menghasilkan produk kosmetik yang memenuhi standar mutu dan keamanan. Penerapan CPKB merupakan persyaratan kelayakan dasar untuk menerapkan sistem […]

Read More

Resep Empal Daging Sapi Goreng Enak dan Empuk

Umum

Resep Empal Daging Sapi Goreng Enak dan Empuk Empal daging merupakan salah satu dari aneka cara olahan daging sapi goreng empuk bercita rasa spesial yang membuat menu makan menjadi istimewa. Seperti halnya pada masakan-masakan lainnya, resep empal daging sapi tentunya juga memiliki banyak variasi, baik dalam metode pengolahan maupun kombinasi bumbu yang dikreasikan. Empal daging […]

Read More
Rumput Tetangga Lebih Hijau

Rumput Tetangga Lebih Hijau

Umum

Rumput Tetangga Lebih Hijau Hari minggu kemarin, ada acara reuni bertemu dengan teman teman sma. Banyak yang sudah pada banyak berubah. Ada yang sudah punya momongan, ada juga yang mau menikah, ada yang baru merencanakan untuk menikah pada tahun depan, macam macam. Ketika saling bertemu, beberapa dari kita tidak saling mengenal lagi. Mulailah semuanya bertindak […]

Read More