Resep Nasi Goreng Rahasia Spesial Bumbu Baceman Bawang Putih

Resep Nasi Goreng Rahasia Spesial Bumbu Baceman Bawang Putih

 

Rahasia bumbu nasi goreng yang enak bisa dengan cara menggunakan baceman bawang putih, meskipun sederhana namun membuat resep nasi goreng akan menjadi sangat spesial cita rasa dan aromanya, sehingga biasa dipakai untuk jualan dari ala abang-abang gerobak nasi goreng jawa atau kampung hingga masakan chinese food atau oriental.
Resep Nasi Goreng Jawa Spesial Bumbu Baceman Bawang Putih
Kita dapat mengkreasikan bumbu-bumbu nasi goreng yang menjadi resep favorit Anda di rumah, namun bawang putih segar yang biasa kita gunakan diganti dengan baceman bawang putih. Tak hanya nasi goreng, baceman bawang juga menjadi bumbu andalan penjual meracik mie goreng, mie ayam, capcay dan masakan chinese food lainnya atau hanya sekedar masak tumis-tumisan di rumah.
Resep Baceman Bawang Putih
Baceman bawang maksudnya adalah bawang putih yang difermentasi, rasa yang lezat dan aroma masakan yang wangi menjadi sangat khas setelah digunakan dalam penggunaan bumbu. Sekali bikin bisa buat stok bumbu di dapur karena dapat bertahan lama dengan syarat tidak terkena air, semakin lama justru aromanya akan semakin wangi.

Bahan Baceman Bawang

Bahan-bahan yang dipersiapkan yaitu :

300 gram bawang putih
3 butir kemiri, dihaluskan
400 ml minyak goreng yang baru
Bisa tambahkan 2-3 sdm minyak wijen (opsional)

Cara membuat baceman bawang putih :

Kupas bawang putih dari kulitnya, kalau dicuci bersih kemudian tiriskan hingga benar-benar kering. Lebih baik jemur sebentar di bawah terik matahari untuk memastikan tidak air tersisa.
Tumbuk atau ulek kasar bawang putih atau sesuai selera, bisa menggunakan food processor bahkan blender dengan dicampur minyak goreng.
Siapkan toples kaca yang mempunyai tutup, masukkan bawang putih, kemiri halus dan minyak goreng hingga terendam minyak (seperti gambar di atas tadi). Aduk rata lalu tutup rapat serta diamkan minimal kurang lebih selama 3 hari atau seminggu, karena tambah lama makin enak dan harum.

Tips :

Gunakan sendok baru atau sendok kering saat mengambil baceman bawang agar tahan lama serta tidak bau apek.
Dengan selalu ditutup rapat, baceman bawang putih tidak perlu saya simpan di kulkas dan dapat bertahan hingga bacemannya keburu habis dipakai, selama 2 bulanan di suhu ruang.

Salah satu masakan yang bisa menjadi paling spesial adalah nasi goreng, nah berikut akan dibagikan resep nasi goreng Jawa yang enak namun sederhana, menggunakan bumbu baceman bawang putih yang mudah untuk diterapkan di rumah masing-masing.

Bahan bumbu nasi goreng :

400 gram nasi putih
3 buah bakso sapi, potong-potong
5 lembar sawi hijau, potong-potong 3 cm
60 gram kol, iris sesuai selera
6 sdm kecap manis
1 sdm baceman bawang putih
½ sdt garam atau secukupnya
½ sdt penyedap atau sesuai selera
1 butir telur, buat dadar lalu potong-potong
1 buah tomat merah, iris-iris
3 sdm minyak untuk menggoreng

Haluskan :

2 buah cabe merah besar
5 buah cabe rawit merah
3 butir bawang merah
3 butir kemiri
¼ sdt merica butir

Cara membuat nasi goreng :

Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus dan baceman bawang putih hingga harum. Tuang nasi putih dan aduk-aduk rata, beri garam dan penyedap serta kecap manis.
Setelah itu, masukkan kol dan sawi hijau, terus aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dengan nasi, sampai nasi tidak mengandung minyak atau ringan ketika diaduk-aduk.
Tata nasi goreng dalam piring saji, lengkapi dengan irisan telur dadar, potongan tomat maupun pelengkap lainnya.

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

tim RAPWI mendatangi kamp-kamp tawanan di Pulau Berayan

Umum

Latar Belakang Pertempuran Medan Area Rangkuman Singkat Pertempuran Medan Area berawal pada tanggal 9 November 1945, pasukan Sekutu di hawah Brigadir Jenderal Ted Kelly mendarat di Sumatra Utara. Pendantan pasukan Sekutu itu diikuti oleh pasukan NICA yang dipersiapkan untuk mengambil alih pemerintahan. Pemerintahan Republik Indonesia di Sumatra Utara ternyata memperkenankan mereka menempati beberapa hotel di […]

Read More
Sejarah dan Profil Perusahaan Garuda Indonesia (Persero), Tbk

Sejarah dan Profil Perusahaan Garuda Indonesia (Persero), Tbk

Umum

Sejarah dan Profil Perusahaan Garuda Indonesia (Persero), Tbk Karena kemajemukan dan kekhususan penanggungan dalam bidang maintenance Engineering, pada tahun 1978 Pendidikan Teknik yang sebelumnya berada di bagian Pendidikan digabung kembali ke Dinas Teknik. Pendidikan dan Pelatihan bagi karyawan teknik disebut Maintenance Training yang dijabat oleh Ir. R.M. Praminto sejak tanggal 15 Maret 1978. Management menyadari […]

Read More

pentingnya warga negara global

Umum

Isu-Isu Penting Dalam Globalisasi Globalisasi membawa dampak baik dan buruk, baik ketika kita siap dan buruk ketika kita gagap. Realitas globalisasi telah menyebabkan terjadinya pergeseran orientasi yang kemudian menjelma menjadi sifar individualistis serta mengakibatkan pola hidup masyarakatsemakin dilandasi oleh persoalan persoalan ekonomi. Hal ini cukup mencemaskan, namun perlu disadari bahwa globalisasi adalah sebuah proses dan […]

Read More