Resep Empal Daging Sapi Goreng Enak dan Empuk

Resep Empal Daging Sapi Goreng Enak dan Empuk

Empal daging merupakan salah satu dari aneka cara olahan daging sapi goreng empuk bercita rasa spesial yang membuat menu makan menjadi istimewa. Seperti halnya pada masakan-masakan lainnya, resep empal daging sapi tentunya juga memiliki banyak variasi, baik dalam metode pengolahan maupun kombinasi bumbu yang dikreasikan. Empal daging sapi goreng enak dan empuk kali ini, bisa anda masukkan dalam daftar menu rumahan favorit keluarga.
Resep Empal Daging Sapi Goreng Enak Empuk
Proses cara membuat empal daging sapi kali ini adalah direbus dahulu baru kemudian digoreng kering, namun sebelum digoreng daging dipipihkan dengan cara dipukul-pukul agar benar-benar empuk dan sempurna menyerap ketika dimasak ungkep bersama bumbu, mirip gepuk khas Sunda tapi tanpa serundeng kelapa parut.

Sisa bumbu dari ungkepan daging empal ini bisa diolah sebagai bumbu nasi goreng (Resep Nasi Goreng Spesial Bumbu Empal).

Resep Membuat Empal Daging :

Berikut ini adalah bahan dan bumbu-bumbu sederhana yang diperlukan untuk membuat empal daging yang enak dan empuk.

Bahan dan Bumbu :
500 gram daging sapi
1 liter santan dari 600 gram kelapa parut
2 batang serai digeprek
3 cm jahe digeprek
5 cm lengkuas digeprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
50 gram gula merah disisir
2 sdm air asam jawa
garam secukupnya
1/2 sdt kaldu bubuk atau air kaldu sisa rebusan daging
minyak untuk menggoreng
haluskan :
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdm ketumbar sangrai
6 butir kemiri sangrai
Cara Membuat Empal Daging :
Rebus daging sapi sampai matang dan empuk, selanjutnya potong-potong daging melebar dengan ketebalan sekitar 1 cm, kemudian pukul-pukul menggunakan pemukul daging atau pakai batu ulekan saja. Apabila lebih tipis bisa dibantu dengan tusukan sate untuk mencegah agar daging tidak beresiko hancur saat dimasak dalam waktu yang lama.
Masukkan santan dalam wajan lalu masukkan semua bumbu dan aduk rata. Nyalakan api sedang, lalu masukkan potongan daging serta aduk-aduk agar santan tidak pecah.
Setelah itu tutup wajan (ungkep), masak sampai kuahnya mengental dan hampir kering serta keluar minyak dari santan kelapa. Namun jangan lupa untuk sesekali diaduk secara perlahan setiap 5 menit agar matang merata. Matikan api dan biarkan dingin terlebih dahulu.
Goreng dalam minyak panas hingga warnanya kecoklatan lalu angkat dan tiriskan serta empal daging yang enak dan empuk telah siap untuk disajikan.

SUmber: https://icbbumiputera.co.id/

You might be interested in …

Banyak minum air mineral

Banyak minum air mineral

Umum

Banyak minum air mineral Wanita Perancis mempunyai kebiasaan untuk selalu meminum air mineral. Makara , mereka meminum banyak air mineral setiap harinya. Bahkan , mereka tetap minum air mineral walaupun tubuh tidak sedang merasa dahaga atau kepanasan. Banyak juga restauant di Perancis yang menyediakan minuman botol air mineral sebagai pendamping makanan. Tidak perlu diet Perlu […]

Read More

judul biografi yang tersimpan di KITLV untuk tahun 1980-an

Umum

Biografi-Autobiografi dalam masa Orde Baru Penulisan biografi di Indonesia sangatlah berbeda dari penulisan biografi di Barat. Tanpa menyingkap perasaannya, sang tokoh selalu berada di baris depan, selalu aktif dan berusaha sekuat tenaga mengikuti keteladanan tokoh pahlawan terkemuka. Telah ditunjukan dalam suatu grafik bahwa secara umum peningkatan penulisan biografi dan fiksi dalam perjalanan waktu tidak saja […]

Read More

Bill Watson meneliti autobiografi orang-orang Indonesia

Umum

Ketiadaan ungkapan kehidupan batin ini semakin menonjol bila biografi atau memoar Indonesia dibandingkan dengan beberapa biografi mengenai orang Indonesia yang ditulis orang asing. Dalam psikoanalisa ditawarkan cara untuk mengkaji kehidupan batin, juga kehidupan pada subjek bukan-barat. Misalnya, soekarno digambarkan sebagai politisi-seniman, berlatar belakang pendidikan arsitektur dan seorang yang mencinta lukisan. Kehalusan jiwa seni Soekarno adalah […]

Read More