Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

ü  RUPS Rapat Umum Pemegang Saham, yang selanjutnya  disebut RUPS, adalah: organ Persero yang memegang kekuasaan tertinggi dalam Persero dan memegang segala  wewenang yang tidak diserahkan kepada Direksi atau Komisaris.

ü  Kewenangan  Rapat Umum Pemegang Saham (Rups)

  1. Menteri bertindak selaku RUPS dalam hal  seluruh saham persero dimiliki oleh negara.
  2. Menteri bertindak selaku pemegang saham pada persero dan perseroan terbatas dalam hal tidak seluruh sahamnya dimiliki oleh negara.
  3. Menteri dpt memberikan kuasa utk mewakilinya dlm RUPS dengan hak substitusi kepada:

 – perorangan atau,

 – badan hukum.

  1. Bagi Persero yang seluruh modalnya (100%) dimiliki oleh negara, Menteri selaku pemegang saham, maka setiap keputusan tertulis Menteri yang berhubungan denganPersero adalah merupakan Keputusan RUPS.
  2. Bagi Persero dan Perseroan Terbatas yang sahamnya dimiliki negara kurang dari 100%, Menteri berkedudukan selaku pemegang saham dan keputusannya diambil bersama-sama dengan pemegang saham lainnya dalam RUPS.

ü  Hal-Hal Tertentu Yang Wajib Bagi Pemegang Kuasa  Terlebih Dahulu Mendapat Persetujuan Menteri Untuk Mengambil Keputusan Dalam Rups Antara Lain Mengenai:

  1. Perubahan jumlah modal.
  2. Perubahan Anggaran Dasar.
  3. Rencana penggunaan laba.
  4. Penggabungan, peleburan, pengambilalihan, pemisahan, serta pembubaran Persero.
  5. Investasi dan pembiayaan jangka panjang.
  6. Kerja sama Persero.
  7. Pembentukan anak perusahaan atau penyertaan.
  8. Pengalihan aktiva.

 

Sumber :

https://promo-honda.id/

You might be interested in …

Pengertian Likuiditas

Uncategorized

Pengertian Likuiditas       Likuiditas pada umumnya didefinisikan sebagai kepemilikian sumber dana yang memadai untuk memenuhi seluruh kebutuhan kewajiban yang akan jatuh tempo. Atau dengan kata lain kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban pada saat ditagih  baik yang dapat diduga ataupun yang tidak terduga.[1]       Likuiditas adalah kemampuan manajemen bank dalam menyediakan dana yang cukup untuk memenuhi kewajibannya setiap saat. […]

Read More

Konsep Sehat (Travis and Ryan, 1998)

Uncategorized

Konsep Sehat (Travis and Ryan, 1998) – Sehat merupakan pilihan, suatu pilihan dalam menentukan kesehatan. – Sehat merupakan gaya hidup, desain gaya hidup menuju pencapaian potensial tertinggi untuk sehat. – Sehat merupakan proses, perkembangan tingkat kesadaran yang tidak pernah putus, kesehatan dan kebahagiaan dapat terjadi di setiap momen, ”here and now.” – Sehat efisien dalam […]

Read More
Peraturan dan Regulasi (UU No.19 tentang Hak Cipta)

Peraturan dan Regulasi (UU No.19 tentang Hak Cipta)

Uncategorized

Peraturan dan Regulasi (UU No.19 tentang Hak Cipta) Berdasarkan UU RI no 19 tahun 2002 Bab 1 mengenai Ketentuan Umum, pasal 1 Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pencipta adalah seorang atau […]

Read More