Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

ü  RUPS Rapat Umum Pemegang Saham, yang selanjutnya  disebut RUPS, adalah: organ Persero yang memegang kekuasaan tertinggi dalam Persero dan memegang segala  wewenang yang tidak diserahkan kepada Direksi atau Komisaris.

ü  Kewenangan  Rapat Umum Pemegang Saham (Rups)

  1. Menteri bertindak selaku RUPS dalam hal  seluruh saham persero dimiliki oleh negara.
  2. Menteri bertindak selaku pemegang saham pada persero dan perseroan terbatas dalam hal tidak seluruh sahamnya dimiliki oleh negara.
  3. Menteri dpt memberikan kuasa utk mewakilinya dlm RUPS dengan hak substitusi kepada:

 – perorangan atau,

 – badan hukum.

  1. Bagi Persero yang seluruh modalnya (100%) dimiliki oleh negara, Menteri selaku pemegang saham, maka setiap keputusan tertulis Menteri yang berhubungan denganPersero adalah merupakan Keputusan RUPS.
  2. Bagi Persero dan Perseroan Terbatas yang sahamnya dimiliki negara kurang dari 100%, Menteri berkedudukan selaku pemegang saham dan keputusannya diambil bersama-sama dengan pemegang saham lainnya dalam RUPS.

ü  Hal-Hal Tertentu Yang Wajib Bagi Pemegang Kuasa  Terlebih Dahulu Mendapat Persetujuan Menteri Untuk Mengambil Keputusan Dalam Rups Antara Lain Mengenai:

  1. Perubahan jumlah modal.
  2. Perubahan Anggaran Dasar.
  3. Rencana penggunaan laba.
  4. Penggabungan, peleburan, pengambilalihan, pemisahan, serta pembubaran Persero.
  5. Investasi dan pembiayaan jangka panjang.
  6. Kerja sama Persero.
  7. Pembentukan anak perusahaan atau penyertaan.
  8. Pengalihan aktiva.

 

Sumber :

https://promo-honda.id/

You might be interested in …

Kesempatan untuk mendirikan dana pensiun

Kesempatan untuk mendirikan dana pensiun

Uncategorized

Kesempatan untuk mendirikan dana pensiun Setiap pemberi kerja (orang atau badan yang memperkerjakan karyawan) memperoleh kesempatan untuk mendirikan dana pensiun bagi karyawannya. Keputusan untuk membentuk dana pensiun merupakan tidak lanjut dari prakarsa pemberi kerja yang menjanjikan manfaat pensiun bagi karyawannya. Janji itu membawa konsekuensi pendanaan, yaitu timbulnya kewajiban pemberi kerja untuk membayar iuran. Hal pokok […]

Read More

Karakteristik Nilai, Pendidikan Moral dan Agama Pada Remaja

Uncategorized

Karakteristik Nilai, Pendidikan Moral dan Agama Pada Remaja Nilai Nilai adalah keyakinan dan sikap mengenai bagaimana hal hal yang seharusnya. Selama  tiga dekade terakhir, remaja menunjukan kepedulian  yang meningkat untuk kesejahteraan pribadi dan penurunan pada kepedulian terhadap orang lain. Untuk mengatasi masalah ini beberapa sekolah mengadakan program Service Lerning, yaitu suatu bentuk pendidikan yang mempromosikan […]

Read More

Istrumen Likuiditas Bank Syariah

Uncategorized

Istrumen Likuiditas Bank Syariah      Untuk mengatasi masalah likuiditas dalam dunia perbankan, baik itu bersifat kelebihan likuiditas ataupun kekurangan likuiditas, maka banyak sekali cara yang bisa digunakan. Ketika terjadi kelebihan likuiditas, pemerintah bisa mengatasinya dengan cara menerbitkan surat berharga islami, baik itu seperti sukuk dan lainnya.      Adapun instrumen yang harus dilakukan bank agar senantiasa dapat tetap […]

Read More