Proses Siklus Daur Nitrogen Dan Pola Ilustrasinya

Proses Siklus Daur Nitrogen Dan Pola Ilustrasinya

Proses Siklus Daur Nitrogen Dan Pola Ilustrasinya

Proses Siklus Daur Nitrogen Dan Pola Ilustrasinya
Proses Siklus Daur Nitrogen Dan Pola Ilustrasinya

Siklus nitrogen sebagai salah satu bentuk siklus biogeokimia terjadi sebab mulai proses penghambatan nitrogen di udara melalui fiksasi yang dilakukan oleh basil tanah, sebab derma petir, juga sebab penambangan yang dilakukan oleh manusia. Setelah mengalami fiksasi, nitrogen kemudian melewati beberapa stadium lanjut yang mencakup ammonifikasi, nitrifikasi, dan denitrifikasi.

1. Amonifikasi

Amonifikasi ialah konversi amonia atau nitrat menjadi amonium. Dalam siklus nitrogen, amonium sanggup dihasilkan dari konversi nitrat yang dilakukan oleh basil Micrococcus denitrifican. Proses ammonifikasi menciptakan jumlah nitrat dalam tanah berkurang sehingga merugikan tanaman. Amonifikasi juga bisa terjadi pada acara overhaul badan dan metabolisme tubuh. Hasil ekskresi dan benda mati sanggup didekomposisi oleh detritivor dan menghasilkan amonia (NH3) yang kemudian menjelma amonium (NH4). Amonium memang bisa pribadi dimanfaatkan oleh tanaman, namun sebagian besar sesungguhnya basil aerobik dipakai sebagai sumber energi.

2. Nitrifikasi

Nitrifikasi ialah proses pengubahan amonium menjadi nitrat dengan derma enzim nitrogenase melalui 2 tahap nitrasi dan tahap nitrat. Nitritasi ialah konversi ammonium menjadi nitrit (NO2) dengan derma basil Nitrosomonas, sedangkan nitrat ialah konversi nitrit (NO2) menjadi nitrat (NO3) dengan derma basil Nitrobacter. Dalam siklus nitrogen, nitrifikasi hanya sanggup berlangsung dalam kondisi oksigen (aerobik) yang memadai, sedangkan pada kondisi proses denitirifikasi oksigen yang tidak adekuat akan terjadi.

3. Denitrifikasi

Denitrifikasi ialah proses dalam siklus nitrogen yang mengakibatkan pelepasan nitrogen ke udara yang dipicu oleh kondisi anaerob di dalam tanah. Dalam kondisi anaerobik, basil di dalam tanah – menyerupai Micrococcus denitrifican, Thiobacillus denitrifican, dan Pseudomonas denitrifican, mengambil oksigen dari nitrat yang ada di dalam tanah. Karena kondisi ini, beberapa nitrat menjelma nitrogen (N2) sehingga dilepaskan kembali ke udara. Seperti amonifikasi, denitrifikasi juga sangat berbahaya bagi tumbuhan sebab pasokan nitrit terhadap kesuburan tanah berkurang.

Nah, itulah langkah-langkah dalam siklus nitrogen yang telah terjadi di lingkungan kita. Jika Anda masih belum mengerti secara lebih teliti dalam diskusi ini, silakan periksa video berikut untuk ulasan yang lebih baik.

Baca Juga: 

You might be interested in …

Manfaat alga bagi kehidupan manusia

Pendidikan

Manfaat alga bagi kehidupan manusia a.       Bibang perikanan (sebagai makanan ikan yaitu fitoplankton dan zooplankton). b.      Bidang pertanian (Rumput laut untuk pupuk dipesisir). c.       Ekosistem perairan (sebagai produsen primer). d.      Bidang industri (tanah diatom untuk amplas, isolasi, bahan dasar kaca). e.       Bahan dasar makanan: Gelidium (agar-agar), Chondrus (minuman coklat), alginat (bahan campuran es krim), Porphyra (makanan). f.       Bahan obat-obatan (Chlorella). 3.      Protista mirip jamur (jamur lendir/dan jamur air) […]

Read More
Tolak Full Day School, Pengurus PBNU Ngadu ke Wapres JK

Tolak Full Day School, Pengurus PBNU Ngadu ke Wapres JK

Pendidikan

Tolak Full Day School, Pengurus PBNU Ngadu ke Wapres JK Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj diterima Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk memberikan pandangan terkait kebijakan lima hari sekolah atau full day school. Kebijakan yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy ini kini tengah menjadi sorotan dan polemik. Kepada […]

Read More
Creative Accounting

Creative Accounting

Pendidikan

Creative Accounting Creative Accounting adalah semua proses dimana beberapa pihak menggunakan kemampuan pemahaman pengetahuan akuntansi (termasuk di dalamnya standar, teknik, dll) dan menggunakannya untuk memanipulasi pelaporan keuangan (Amat, Blake dan Dowd, 1999). Pihak-pihak yang terlibat di dalam proses creative accounting, seperti manajer, akuntan (sepengetahuan saya jarang sekali ditemukan kasus yang melibatkan akuntan dalam proses creative […]

Read More