Prinsip – prinsip organisasi

Prinsip – prinsip organisasi

Prinsip – prinsip organisasi

Prinsip – prinsip organisasi
Prinsip – prinsip organisasi

Prinsip-prinsip organisasi banyak dikemukan oleh para ahli, salah satunya A.M. Williams yang mengemukakan pendapatnya cukup lengkap dalambukunya “Organization of Canadian Government Administration” (1965), bahwa prinsip-prinsip organisasi meliputi :

  1. Organisasi Harus Mempunyai Tujuan yang Jelas

Organisasi dibentuk atas dasar adanya tujuan yang ingin dicapai, dengan demikian tidak mungkin suatu organisasi tanpa adanya tujuan yang jelas. Misalnya,     organisasi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmassebagai suatu organisasi, mempunyai tujuan yang ingin lain, memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan lain lain.

  1. Prinsip Skala Hirarkhi

Dalam suatu organisasi harus ada garis kewenangan yang jelas daripimpinan, pembantu pimpinan sampai pelaksana, sehingga dapatmempertegas dalam pendelegasian wewenang dan pertanggungjawaban,dan akan menunjang efektivitas jalannya organisasi secara keseluruhan.

  1. Prinsip Kesatuan Perintah

Dalam hal ini, seseorang hanya menerima perintah atau bertanggung jawab kepada seorang atasan saja.

  1. Prinsip Pendelegasian Wewenang

Seorang pemimpin mempunyai kemampuan terbatas dalam menjalankanpekerjaannya, sehingga perlu dilakukan pendelegasian wewenangkepada bawahannya. Pejabat yang diberi wewenang harus dapatmenjamin tercapainya hasil yang diharapkan. Dalam pendelegasian,wewenang yang dilimpahkan meliputi kewenangan dalam pengambilankeputusan, melakukan hubungan dengan orang lain, dan mengadakantindakan tanpa minta persetujuan lebih dahulu kepada atasannya lagi.

  1. Prinsip Pertanggungjawaban.

Dalam menjalankan tugasnya setiap pegawai harus bertanggung jawabsepenuhnya kepada atasan.

  1. Prinsip Pembagian Pekerjaan.

Suatu organisasi, untuk mencapai tujuannya, melakukan berbagaiaktivitas atau kegiatan. Agar kegiatan tersebut dapat berjalan optimalmaka dilakukan pembagian tugas/pekerjaan yang didasarkan kepadakemampuan dan keahlian dari masing-masing pegawai. Adanya kejelasandalam pembagian tugas, akan memperjelas dalam pendelegasianwewenang, pertanggung jawaban, serta menunjang efektivitas jalannya.

Baca Juga :

You might be interested in …

Isra Mi’raj Sekaligus Deklarasi Anti Berita Hoax

Isra Mi’raj Sekaligus Deklarasi Anti Berita Hoax

Pendidikan

Isra Mi’raj Sekaligus Deklarasi Anti Berita Hoax   Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman menghadiri Bogor Bersholawat dan Tabligh Akbar yang diselenggarakan Majelis Ta’lim Al-Ishlah di Cimanggu Lamping RT. 03 RW. 01, Kelurahan Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jumat (23/03/2018) malam. Dalam sambutannya Usmar menyampaikan apresiasi kepada […]

Read More
Perguruan Tinggi Swasta di Jogja Didorong Berkompetisi

Perguruan Tinggi Swasta di Jogja Didorong Berkompetisi

Pendidikan

Perguruan Tinggi Swasta di Jogja Didorong Berkompetisi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Jogjakarta didorong untuk terus berkompetisi . Bersinergi dengan positif untuk menghasilkan lulusan yang semakin berkualitas. “Mereka kami dorong berkompetisi. Tapi dengan istilah kompetisinya itu bukan saya maju yang lain mati, tapi kompetisi bersinergi sama-sama maju. Kompetisi positif, bukan kompetisi saya maju […]

Read More
Tidur Berdampak Besar Pada Prestasi Akademik

Tidur Berdampak Besar Pada Prestasi Akademik

Pendidikan

Tidur Berdampak Besar Pada Prestasi Akademik Mahasiswa yang ingin mendapatkan nilai bagus, disarankan untuk menghindari begadang dan tidak mengambil kelas pagi karena, menurut sebuah penelitian terbaru, kurang tidur kemungkinan akan berakibat buruk pada hasil akademik. Menurut penelitian tersebut, kurang tidur memiliki dampak buruk pada prestasi akademik yang setidaknya sama dengan efek yang ditimbulkan oleh konsumsi […]

Read More