Prinsip – prinsip organisasi

Prinsip – prinsip organisasi

Prinsip – prinsip organisasi

Prinsip – prinsip organisasi
Prinsip – prinsip organisasi

Prinsip-prinsip organisasi banyak dikemukan oleh para ahli, salah satunya A.M. Williams yang mengemukakan pendapatnya cukup lengkap dalambukunya “Organization of Canadian Government Administration” (1965), bahwa prinsip-prinsip organisasi meliputi :

  1. Organisasi Harus Mempunyai Tujuan yang Jelas

Organisasi dibentuk atas dasar adanya tujuan yang ingin dicapai, dengan demikian tidak mungkin suatu organisasi tanpa adanya tujuan yang jelas. Misalnya,     organisasi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmassebagai suatu organisasi, mempunyai tujuan yang ingin lain, memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan lain lain.

  1. Prinsip Skala Hirarkhi

Dalam suatu organisasi harus ada garis kewenangan yang jelas daripimpinan, pembantu pimpinan sampai pelaksana, sehingga dapatmempertegas dalam pendelegasian wewenang dan pertanggungjawaban,dan akan menunjang efektivitas jalannya organisasi secara keseluruhan.

  1. Prinsip Kesatuan Perintah

Dalam hal ini, seseorang hanya menerima perintah atau bertanggung jawab kepada seorang atasan saja.

  1. Prinsip Pendelegasian Wewenang

Seorang pemimpin mempunyai kemampuan terbatas dalam menjalankanpekerjaannya, sehingga perlu dilakukan pendelegasian wewenangkepada bawahannya. Pejabat yang diberi wewenang harus dapatmenjamin tercapainya hasil yang diharapkan. Dalam pendelegasian,wewenang yang dilimpahkan meliputi kewenangan dalam pengambilankeputusan, melakukan hubungan dengan orang lain, dan mengadakantindakan tanpa minta persetujuan lebih dahulu kepada atasannya lagi.

  1. Prinsip Pertanggungjawaban.

Dalam menjalankan tugasnya setiap pegawai harus bertanggung jawabsepenuhnya kepada atasan.

  1. Prinsip Pembagian Pekerjaan.

Suatu organisasi, untuk mencapai tujuannya, melakukan berbagaiaktivitas atau kegiatan. Agar kegiatan tersebut dapat berjalan optimalmaka dilakukan pembagian tugas/pekerjaan yang didasarkan kepadakemampuan dan keahlian dari masing-masing pegawai. Adanya kejelasandalam pembagian tugas, akan memperjelas dalam pendelegasianwewenang, pertanggung jawaban, serta menunjang efektivitas jalannya.

Baca Juga :

You might be interested in …

Pemkot Bandung Ungkap Beberapa Rencana Pembangunan Sarana dan Prasarana

Pemkot Bandung Ungkap Beberapa Rencana Pembangunan Sarana dan Prasarana

Pendidikan

Pemkot Bandung Ungkap Beberapa Rencana Pembangunan Sarana dan Prasarana BANDUNG. Pemkot Bandung, sudah merencanakan beberapa sarana dan prasarana yang kehadirannya dapat mendukung suksesnya pembangunan Kota Bandung ke depan. Hal demikian, diungkapkan Walikota Bandung, Ridwan Kamil dalam keterangannya kepada wartawan, di sela-sela kegiatan yang berlangsung di Hotel Horizon , Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung, Senin (9/3). […]

Read More
Sejarah Tri Koro Dharmo

Sejarah Tri Koro Dharmo

Pendidikan

Sejarah Tri Koro Dharmo Salah satu organisasi gerakan nasional yang tumbuh dari kalangan cowok dan perempuan Indonesia yaitu Tri Koro Dharmo. Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji wacana sejarah Tri Koro Dharmo, tokoh pendiri tri koro dharmo, sejarah perkembangan tri koro darmo, tujuan dan latar belakang berdirinya tri koro dharmo. Sejarah Tri Koro Dharmo Perkumpulan cowok […]

Read More
MANAGEMENT PLANNING AND CONTROL

MANAGEMENT PLANNING AND CONTROL

Pendidikan

MANAGEMENT PLANNING AND CONTROL Global competition that occurs along with advances in technology continue to significantly alter the scope of business and internal reporting requirements. Reduction in national trade barriers on an ongoing basis, a floating currency, sovereign risk, restrictions on sending funds across national borders, differences in national tax systems, the difference in interest […]

Read More