Persaingan Bukan Harga

   Persaingan Bukan Harga

Mengandung arti usaha-usaha di luar perubahan harga yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik lebih banyak pembeli ke atas barang yang di produksikannya. Dengan kata lain, menarik lebih banyak pelanggan bukan dengan cara menurunkan harga melainkan dengan promosi yang lain. Persaingan bukan harga dibedakakan kepada dua jenis:

1)      Diferensiasi Produksi Menciptakan barang sejenis tetapi berbeda coraknya dengan produksi perusahaan-perusahaan lain

2)      Iklan dan Berbagai Bentuk Promosi Penjualan Mempersiapkan dan membuat iklan adalah suatu bagian penting dari usaha untuk memasarkan hasil produksi dari suatu perusahaan.

  1. Kebaikan dan Keburukan Pengiklanan Kebaikan

1)      Mengahasilkan barang yang berbeda corak Ciri ini meingkatkan kesejahteraan konsumen karena mereka dapat memilih corak barang yang sesuai dengan selera dan kemampuannya.

2)      Distribusi pendapatan dalam masyarakat lebih merata Karena perusahaan terdiri dari perusahaan-perusahaan kecil yang memperoleh untung normal, pemilik modal tidak memiliki kekayaan yang berlebihan dan kesempatan kerja yang diciptakan lebih besar.

Keburukan

  1. Operasinya tidak seefisien pasar persaingan sempurna, karena
  2. harga lebih tinggi
  3. kuantitas produksi lebih rendah
  4. pada keseimbangan tidak tercapai efisiensi produktif dan efisiensi alokatif.
  5. Perusahaan tidak mempunyai galakan untuk melakukan inovasi. Modal yang lebih terbatas, pasar yang terbatas dan kecenderungan memperoleh keuntungan normal dalam jangka panjang menghalang firma untuk menciptakan inovasi.

Pengiklanan memberikan beberapa sumbangan penting kepada masyarakat, yaitu :

  1. Dapat menurunkan biaya produksi
  2. Membantu konsumen memilih barang yang sesuai
  3. Menggalakan perkembangan mutu
  4. Mengembangkan industri komunikasi
  5. Menambah kesempatan kerja
  6. Pasar Oligopoli

 

 

You might be interested in …

SMP YTM Galakkan Program Bebersih

SMP YTM Galakkan Program Bebersih

Pendidikan

SMP YTM Galakkan Program Bebersih Kepala SMP YTM Bogor, Tetik Pur­wati, mengatakan, saat ini pi­haknya tengah menggalakkan Program Bebersih di lingkungan sekolahnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan asri. “Kita lakukan agar pe­serta didik nyaman saat melaks­anakan kegiatan belajar,” ka­tanya. Menurut dia, sekolah itu merupakan rumah kedua bagi siswa. Untuk itu, […]

Read More
Bidang-bidang Akuntansi

Bidang-bidang Akuntansi

Pendidikan

Bidang-bidang Akuntansi Akuntansi Keuangan Didalam akuntansi keuangan ini mencakup segala pencatatan transaksi-transaksi dalam perusahaan tanpa terkecuali dan melakukan penyusunan laporan secara berkala, dimana dengan laporan tersebut dapat memberikan informasi penting dan bermanfaat bagi pemilik perusahaan serta investor yang tertarik dengan kinerja perusahaan tersebut. Akuntansi Auditing Bidang akuntansi auditing ini merupakan akuntansi yang meliputi pemeriksaaan laporan […]

Read More

PENGERTIAN KOLOID

Pendidikan

PENGERTIAN KOLOID Koloid adalah suatu campuran zat heterogen (dua fase) antara dua zat atau lebih di mana partikel-partikel zat yang berukuran koloid (fase terdispersi/yang dipecah) tersebar secara merata di dalam zat lain (medium pendispersi/ pemecah). Ukuran partikel koloid berkisar antara 1-100 nm. Ukuran yang dimaksud dapat berupa diameter, panjang, lebar, maupun tebal dari suatu partikel. […]

Read More