Peranan Penting Dinas tenaga Kerja

  1. Peranan Penting Dinas tenaga Kerja

            Peran Dinas Tenaga Kerja dalam memberikan perlindungan hukum terhadap pekerja wanit yakni dengan melalui pengesahan dan pendaftaran PP & PKB Perusahaan pada Dinas Tenaga Kerja, Sosialisasi Peraturan Perundangan di bidang ketenagakerjaan dan melakukan pengawasan ke Perusahaan.

  1. Hambatan-Hambatan Hukum Bagi Pekerja Wanita

            Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pekerja wanita adalah adanya kesepakatan antara pekerja dengan pengusaha yang kadang menyimpang dari aturan yang berlaku, tidak adanya sanksi dari peraturan perundangan terhadap pelanggaran yang terjadi, faktor pekerja sendiri yang tidak menggunakan haknya dengan alasan ekonomi.

            Agar langkah ini dapat efektif maka negara harus menjabarkannya dan mengusahakan untuk memasukkan jabaran konvensi tersebut ke dalam rumusan undang-undang negara dan menegakkannya dengan cara mengajukan para pelanggarnya ke muka sidang pengadilan. Namun demikian, preempuan sendiri masih belum banyak yang sadar bahwa hak-haknya dilindungi dan bahwa hal tersebut mempunyai pengaruh terhadap kehidupan perempuan. Adalah sangat prematur untuk mengadakan bahwa CEDAW sudah dihormati dan dilaksanakan secara universal.

            CEDAW memerintahkan kepada seluruh negara di dunia untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap perempuan. Di dalam CEDAW ditentukan bahwa diskriminasi terhadap perempuan adalah perlakuan yang berbeda berdasarkan gender yang:

  1. Secara sengaja atau tidak sengaja merugikan perempuan;
  2. Mencegah masyarakat secara keseluruhan memberi pengakuan terhadap hak perempuan baik di dalam maupun di luar negeri; atau
  3. Mencegah kaum perempuan menggunakan hak asasi manusia dan kebebasan dasar yang dimilikinya.

         Perempuan mempunyai atas perlindungan yang khusus sesuai dengan fungsi reproduksinya sebagaimana diatur pada pasal 11 ayat (1) CEDAW huruf f bahwa hak atas perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja termasuk usaha perlindungan terhadap fungsi reproduksi.

         Selain itu seringkali adanya pemalsuan dokumen seperti nama, usia, alamat dan nama majikan sering berbeda dengan yang tercantum di dalam paspor. Tenaga kerja yang tidak berdokumen tidak diberikan dokumen perjanjian kerja. Hal ini juga sering terjadi pada pekerja perempuan yang bekerja di luar negeri. Maka untuk itu CEDAW pada pasal 15 ayat (3) mengatur yaitu negara-negara peserta bersepakat bahwa semua kontrak dan semua dokumen yang mempunyai kekuatan hukum, yang ditujukan kepada pembatasan kecakapan hukum para wanita, wajib dianggap batal dan tidak berlaku.

sumber :

https://saafsaf.net/soccer-manager-arena-apk/

You might be interested in …

Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)

Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)

Perikanan

Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)  Nama belut di beberapa daerah memiliki sebutan yang berbeda, seperi welut, belut sawah, atau lindung (jawa dan sunda) dan sugile atau sugili (Manado). Habitat asli belut Berdasarkan habitat aslinya, dikenal 3 jenis belut, yaitu belut rawa (synbranchus bengalensis Mc clell, belut kali atau laut (macrotema caligans Cant), dan […]

Read More
Teknik Pemeliharaan Larva Kerapu Kertang Di Bak Terkontrol

Teknik Pemeliharaan Larva Kerapu Kertang Di Bak Terkontrol

Perikanan

Teknik Pemeliharaan Larva Kerapu Kertang Di Bak Terkontrol Pada tahun 2011 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menetapkan target budidaya sebesar 6.847 juta ton, dan sampai 2014 diharapkan target produksi ikan budidaya berada di posisi 16,8 juta ton, sebagaimana tertulis dalam Rencana Strategis (Renstra KKP 2010-2014). Sejalan dengan target budidaya tersebut Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP […]

Read More
Cara Budidaya Ikan Sepat Siam

Cara Budidaya Ikan Sepat Siam

Perikanan

Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Mungkin saja nama ikan sepat siam belum terlampau popular seperti model ikan yang lain. Tetapi tahukah Anda bila sepat siam yaitu satu diantara model ikan budidaya yang cukup untungkan. Ikan sepat siam sendiri tidaklah model ikan asli lokal. Sepat ini aslinya datang dari Thailand yang lalu dibawa orang menuju Indonesia […]

Read More