PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI

PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI

PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI

PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI
PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI

A. Pengertian

Pengertian sengketa dalam kamus Bahasa Indonesia, berarti pertentangan atau konflik, Konflik berarti adanya oposisi atau pertentangan antara orang-orang, kelompok-kelompok, atau organisasi-organisasi terhadap satu objek permasalahan.

Tujuan memperkarakan suatu sengketa:
1. adalah untuk menyelesaikan masalah yang konkret dan memuaskan,
2. dan pemecahannya harus cepat (quickly), wajar (fairly) dan murah (inexpensive).

B. Cara-Cara Penyelesaian

1. Negosiasi dan ADR
Negosiasi adalah sarana paling banyak digunakan. Sarana ini telah dipandang sebagai sarana yang paling efektif. Lebih dari 80% (delapan puluh persen) sengketa di bidang bisnis tercapai penyelesaiannya melalui cara ini. Penyelesaiannya tidak win-lose tetapi win-win. Karena itu pula cara penyelesaian melalui cara ini memang dipandang yang memuaskan para pihak.

2. Arbitrase
Penyelesaian sengketa melalui arbitrase sudah semakin populer di kalangan pengusaha. Kontrak-kontrak komersial sudah cukup banyak mencantumkan klausul arbitrase dalam kontrak mereka. Dewasa ini Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), sudah semakin populer. Badan-badan penyelesaian sengketa sejenis telah pula lahir. Di antaranya adalah Badan Arbitrase Muamalat Indonesia (BAMUI), badan penyelesaian sengketa bisnis, dll.

3. Pengadilan
Persepsi umum yang lahir dan masih berkembang dalam masyarakat adalah masih adanya ketidakpuasan sebagian masyarakat terhadap badan pengadilan. 4 Pengusaha atau para pelaku ekonomi dan bisnis, terlebih masyarakat awam melihat hukum bukan dari produk-produk hukum yang ada atau yang pemerintah keluarkan. Masyarakat umumnya meljhat pengadilan sebagai hukum. Begitu pula persepsi mereka terhadap polisi, jaksa, atau pengacara.

4. Mediasi
Mediasi adalah upaya penye dengan melibatkan pihak ketiga yang netral, yang tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan yang membantu pihak-pihak yang bersengketa mencapai penyelesaian (solusi) yang diterima oleh kedua belah pihak.

Baca Juga :

You might be interested in …

Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus Peringati International Hearing Day and Autism Awareness Day 2019 di Sidoarjo

Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus Peringati International Hearing Day and Autism Awareness Day 2019 di Sidoarjo

Pendidikan

Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus Peringati International Hearing Day and Autism Awareness Day 2019 di Sidoarjo Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mengikuti peringatan International Hearing Day and Autism Awareness Day 2019 di Pendopo Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (6/4/2019). Kegiatan bertemakan “Sidoarjo Terdepan, Peduli dan Ramah Anak Berkebutuhan Khusus” digelar untuk mengajak masyarakat […]

Read More
Bangun Pusat Budaya dan Seni

Bangun Pusat Budaya dan Seni

Pendidikan

Bangun Pusat Budaya dan Seni Pemerintah Kota Bandung berencana membangun kawasan pusat budaya dan seni kreatif berbasis lingkungan di Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Ujungberung, di atas tanah seluas 10 hektar, yang bakal dinamakan Lembur Adat Pasanggrahan. Seni Reak FAJRI ACHMAD NF / BANDUNG EKSPRES LESTARIKAN BUDAYA: Pertunjukan seni reak pada Gebyar Seni Reak ke-3 2015 di […]

Read More

 Jenis-Jenis Organisasi Kurikulum

Pendidikan

 Jenis-Jenis Organisasi Kurikulum Kurikulum memilki bermacam-macam bentuk dan organisasinya, bentuk yang paling dikenal dan sangat meluas adalah: Saparated Subject Curriculum Saparated Subject Curriculum adalah kurikulum yang terdiri atas mata pelajaran yang terpisah-pisah, terlepas dan tidak mempunyai kaitan sama sekali sehingga banyak jenis mata pelajaran menjadi sempit ruang lingkupnya. Bahan pembelajarannya disusun secara logis, sistematis dan sederhana […]

Read More