PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI

PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI

PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI

PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI
PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI

A. Pengertian

Pengertian sengketa dalam kamus Bahasa Indonesia, berarti pertentangan atau konflik, Konflik berarti adanya oposisi atau pertentangan antara orang-orang, kelompok-kelompok, atau organisasi-organisasi terhadap satu objek permasalahan.

Tujuan memperkarakan suatu sengketa:
1. adalah untuk menyelesaikan masalah yang konkret dan memuaskan,
2. dan pemecahannya harus cepat (quickly), wajar (fairly) dan murah (inexpensive).

B. Cara-Cara Penyelesaian

1. Negosiasi dan ADR
Negosiasi adalah sarana paling banyak digunakan. Sarana ini telah dipandang sebagai sarana yang paling efektif. Lebih dari 80% (delapan puluh persen) sengketa di bidang bisnis tercapai penyelesaiannya melalui cara ini. Penyelesaiannya tidak win-lose tetapi win-win. Karena itu pula cara penyelesaian melalui cara ini memang dipandang yang memuaskan para pihak.

2. Arbitrase
Penyelesaian sengketa melalui arbitrase sudah semakin populer di kalangan pengusaha. Kontrak-kontrak komersial sudah cukup banyak mencantumkan klausul arbitrase dalam kontrak mereka. Dewasa ini Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), sudah semakin populer. Badan-badan penyelesaian sengketa sejenis telah pula lahir. Di antaranya adalah Badan Arbitrase Muamalat Indonesia (BAMUI), badan penyelesaian sengketa bisnis, dll.

3. Pengadilan
Persepsi umum yang lahir dan masih berkembang dalam masyarakat adalah masih adanya ketidakpuasan sebagian masyarakat terhadap badan pengadilan. 4 Pengusaha atau para pelaku ekonomi dan bisnis, terlebih masyarakat awam melihat hukum bukan dari produk-produk hukum yang ada atau yang pemerintah keluarkan. Masyarakat umumnya meljhat pengadilan sebagai hukum. Begitu pula persepsi mereka terhadap polisi, jaksa, atau pengacara.

4. Mediasi
Mediasi adalah upaya penye dengan melibatkan pihak ketiga yang netral, yang tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan yang membantu pihak-pihak yang bersengketa mencapai penyelesaian (solusi) yang diterima oleh kedua belah pihak.

Baca Juga :

You might be interested in …

Siklus Daur Nitrogen, Tahapan Dan Pola Ilustrasinya

Siklus Daur Nitrogen, Tahapan Dan Pola Ilustrasinya

Pendidikan

Siklus Daur Nitrogen, Tahapan Dan Pola Ilustrasinya Nitrogen (N2) ialah komponen terbesar dalam komposisi gas di atmosfer bumi. Baik tanaman, hewan, dan manusia, membutuhkan nitrogen untuk pertumbuhan dan perkembangan. Nitrogen ialah unsur utama dalam pembentukan asam amino, asam yang dipakai sebagai materi penting dalam molekul pembentuk protein. Seperti pada sifat ini, nitrogen sanggup ditemukan dalam […]

Read More
Kedepankan Penguatan Akhlakul Karimah Pelajar

Kedepankan Penguatan Akhlakul Karimah Pelajar

Pendidikan

Kedepankan Penguatan Akhlakul Karimah Pelajar Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terhadap pelajar baru sudah selesai diselenggarakan kemarin. SMK N 1 Bogor lebih banyak mengedepankan penguatan akhlakul karimah dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu. Hal itu diungkapkan Wakahubinmas SMKN 1 Bogor yang juga merupakan Panitia MPLS, Nani Maryani. Menurut Nani, materi yang disampaikan […]

Read More
Operasi File

Operasi File

Pendidikan

Operasi File Membuka File fungsi fopen() digunakan untuk membuka files pada PHP. Parameter pertama pada funsi ini mengandung nama dari file yang akan dibuka dan parameter kedua spesifikasi bagaimana mode file yang akan dibuka: <html> <body> <?php $file=fopen(“welcome.txt”,”r”); ?> </body> </html> file dapat dibukan dengan satu  mede berikut: Modes Description a+ Read/Append. Preserves file content […]

Read More