Pentingnya Pelayanan Prima

Pentingnya Pelayanan Prima

Pelayanan prima kesehatan, adalah salah satu pelayanan yang dirindukan oleh masyarakat pada saat ini, adalah pelayanan kesehatan yang dapat memperhatikan kebutuhan dari masyarakat, yakni jika unit pelayanan masyarakat yg ingin maju dan mengharapkan pelanggannya untuk memakai atau memanfaatkan jasa pelayanannya, maka unit pelayanan tersebut harus dan tetap mengajak (baca: melalui promosi ) kepada pelanggannya agar selalu memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan .

Walaupun banyak sudah unit lain yakni pihak swasta yang menawarkan produk-produk jasanya untuk bersaing. Maka barang siapa yang tetap konsisten terhadap azas kepatuhan pelayanan prima, maka dialah yang akan jadi pemenangnya.

Masyarakat sekarang ini semakin cerdas dalam menilai dari setiap langkah yang akan diambil, karena kebutuhannya selalu di hitung dengan rincian untung rugi secara ekonomi yang terkadang agak terlalu rijit. Maka unit pelayanan kesehatan pun sudah saatnya melakukan reevaluasi dan pembenahan dari kebijakan yang telah dibuat, apakah menurut anggapan pelanggannya secara ekonomi menguntungkan atau tidak. Jika dalam perhitungan tersebut lebih cenderung berpihak pada keuntungan para pelanggannya, maka produk pelayanan kesehatan tersebut kemungkinan besar akan diminati oleh masyarakat pelanggan/pendukungnya. Namun juga jangan salah, tanpa dibarengi peran promosi yang efektif hal ini akan lama sampai pada tujuan akhir.

Pelayanan prima bidang kesehatan, penting bagi unit pelaksana pelayanan kesehatan, termasuk pimpinan dan staf pelayanan tersebut. Ini catatan penting bagi civitas unit pelaksana pelayanan tersebut karena dapat meningkatkan citra dan mempertahankan loyalitas pelanggan serta membantu untuk menyamakan misi dan visi dari programnya.

2.3        Prinsip-Prinsip Pelayanan Prima

Pelayanan prima bidang kesehatan, dikembangkan berdasarkan prinsip 3 A. Pertama, kita harus menyajikan Attitude (sikap) yang benar. Kedua, kita harus saling memberikan Attention (perhatian) yg tidak terbagi. Ketiga, semua pelanggan senantiasa mencari action (Tindakan)

Pelayanan prima berdasarkan konsep attituide (sikap) meliputi tiga prinsip berikut:

  1. a)Melayani pelanggan berdasarkan penampilan yang sopan dan serasi.
  2. b)Melayani pelanggan dengan berfikir positif sehat dan logis.
  3. c)Melayani pelanggan dengan sikap selalu menghargai.

Pelayanan prima berdasarkan attention (perhatian) meliputi tiga prinsip:

  1. a)Mendengar dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan para pelanggan.
  2. b)Mengamati dan menghargai kepada para pelanggannya.
  3. c)Mencurahkan perhatian penuh kepada para pelanggan.

Pelayanan prima berdasarkan action (tindakan) meliputi lima prinsip:

  1. a)Mencatat setiap pesan para pelanggan.
  2. b)Mencatat kebutuhan pelayanan
  3. c)Menegaskan kembali kebutuhan pelayanan
  4. d)Mewujudkan kebutuhan pelanggan
  5. e)Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan masih mau kembali setia untuk memanfaatkan pelayanan.

sumber :

 

You might be interested in …

Open Source

Open Source

Pendidikan

Open Source ASK Kenapa anda dianjurkan menggunakan software open source dalam membuat aplikasi ?  Buatlah keuntungan dan kerugiannya dalam blog anda sebagai tulisan bila anda submid ke studentsite. Minimal 4 paragraf. Tulislah sumber yang anda pakai.   ANSWER Pengertian Open Source Open Source adalah Sebuah sistem yang digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak kepada pengguna dengan […]

Read More
Tahapan Siklus Daur Nitrogen

Tahapan Siklus Daur Nitrogen

Pendidikan

Tahapan Siklus Daur Nitrogen 1. Petir Petir mempunyai energi yang sangat besar yang bisa dipakai untuk memecah N di atmosfer sehingga bisa bereaksi dengan oksigen dan membentuk nitrat (NO3). Nitrat (NO3) jatuh ke tanah dengan air hujan dalam siklus air sehingga menjadi nutrisi penting dalam menunjang kesuburan tanaman. 2. Fiksasi Ada beberapa basil yang mempunyai […]

Read More
Professor Summit, Wadahi Pemikiran Para Guru Besar untuk Bangsa

Professor Summit, Wadahi Pemikiran Para Guru Besar untuk Bangsa

Pendidikan

Professor Summit, Wadahi Pemikiran Para Guru Besar untuk Bangsa Guna lebih mewadahi para guru besar (profesor) di perguruan tinggi dalam merumuskan sumbangsih pemikirannya untuk pembangunan bangsa, Dewan Profesor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama Majelis Dewan Guru Besar (MDGB) Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) menggelar Professor Summit (PS) 2019. Perhelatan yang memasuki hari kedua […]

Read More