Pentingnya Pelayanan Prima

Pentingnya Pelayanan Prima

Pelayanan prima kesehatan, adalah salah satu pelayanan yang dirindukan oleh masyarakat pada saat ini, adalah pelayanan kesehatan yang dapat memperhatikan kebutuhan dari masyarakat, yakni jika unit pelayanan masyarakat yg ingin maju dan mengharapkan pelanggannya untuk memakai atau memanfaatkan jasa pelayanannya, maka unit pelayanan tersebut harus dan tetap mengajak (baca: melalui promosi ) kepada pelanggannya agar selalu memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan .

Walaupun banyak sudah unit lain yakni pihak swasta yang menawarkan produk-produk jasanya untuk bersaing. Maka barang siapa yang tetap konsisten terhadap azas kepatuhan pelayanan prima, maka dialah yang akan jadi pemenangnya.

Masyarakat sekarang ini semakin cerdas dalam menilai dari setiap langkah yang akan diambil, karena kebutuhannya selalu di hitung dengan rincian untung rugi secara ekonomi yang terkadang agak terlalu rijit. Maka unit pelayanan kesehatan pun sudah saatnya melakukan reevaluasi dan pembenahan dari kebijakan yang telah dibuat, apakah menurut anggapan pelanggannya secara ekonomi menguntungkan atau tidak. Jika dalam perhitungan tersebut lebih cenderung berpihak pada keuntungan para pelanggannya, maka produk pelayanan kesehatan tersebut kemungkinan besar akan diminati oleh masyarakat pelanggan/pendukungnya. Namun juga jangan salah, tanpa dibarengi peran promosi yang efektif hal ini akan lama sampai pada tujuan akhir.

Pelayanan prima bidang kesehatan, penting bagi unit pelaksana pelayanan kesehatan, termasuk pimpinan dan staf pelayanan tersebut. Ini catatan penting bagi civitas unit pelaksana pelayanan tersebut karena dapat meningkatkan citra dan mempertahankan loyalitas pelanggan serta membantu untuk menyamakan misi dan visi dari programnya.

2.3        Prinsip-Prinsip Pelayanan Prima

Pelayanan prima bidang kesehatan, dikembangkan berdasarkan prinsip 3 A. Pertama, kita harus menyajikan Attitude (sikap) yang benar. Kedua, kita harus saling memberikan Attention (perhatian) yg tidak terbagi. Ketiga, semua pelanggan senantiasa mencari action (Tindakan)

Pelayanan prima berdasarkan konsep attituide (sikap) meliputi tiga prinsip berikut:

  1. a)Melayani pelanggan berdasarkan penampilan yang sopan dan serasi.
  2. b)Melayani pelanggan dengan berfikir positif sehat dan logis.
  3. c)Melayani pelanggan dengan sikap selalu menghargai.

Pelayanan prima berdasarkan attention (perhatian) meliputi tiga prinsip:

  1. a)Mendengar dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan para pelanggan.
  2. b)Mengamati dan menghargai kepada para pelanggannya.
  3. c)Mencurahkan perhatian penuh kepada para pelanggan.

Pelayanan prima berdasarkan action (tindakan) meliputi lima prinsip:

  1. a)Mencatat setiap pesan para pelanggan.
  2. b)Mencatat kebutuhan pelayanan
  3. c)Menegaskan kembali kebutuhan pelayanan
  4. d)Mewujudkan kebutuhan pelanggan
  5. e)Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan masih mau kembali setia untuk memanfaatkan pelayanan.

sumber :

 

You might be interested in …

Pendidikan Tinggi di Indonesia Perlu Direformasiserta

Pendidikan Tinggi di Indonesia Perlu Direformasiserta

Pendidikan

Pendidikan Tinggi di Indonesia Perlu Direformasiserta Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan Dr HM Isa Indrawan SE MM mewisuda 1.218 lulusan program pasca sarjana, sarjana dan diploma Unpab ke 62 di gedung Selecta Medan, Sabtu (7/9). Dikatakan,wisuda merupakan suatu hari yang sangat bersejarah bagi para wisudawan/ti dan hari yang sangat penting bagi orang tua. […]

Read More
Ascomycotina

Ascomycotina

Pendidikan

Ascomycotina Ascomycota merupakan divisi terbesar dalam kingdom fungi. Jumlah anggota mencapai dari 60.000 spesies. Ciri utama dari divisi ascomycota adalah membentuk spora seksual yang disebut akospora. Akospora terbentuk kedalam kaksus, yaitu suatu tubuh buah khusus yang bentuknya menyerupai mangkuk atau botol. Tidak seperti Zygomycota, Ascomycota memiliki hifa bersekat. Anggota Ascomycota cukup beragam, ada yang bersel […]

Read More
Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Buka Pendaftaran Lomba Melukis dan Mewarnai

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Buka Pendaftaran Lomba Melukis dan Mewarnai

Pendidikan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Buka Pendaftaran Lomba Melukis dan Mewarnai Kemendikbud — Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta membuka pendaftaran lomba melukis dan mewarnai, dari tanggal 26 Februari hingga 9 Maret 2018. Lomba ini akan dilaksanakan hari Minggu 18 Maret 2018, dan terbuka untuk siswa-siswi taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD). Lomba yang merupakan rangkaian peringatan […]

Read More