Pentingnya Literasi dan Bercerita Pada Anak

Pentingnya Literasi dan Bercerita Pada Anak

Pentingnya Literasi dan Bercerita Pada Anak

Pentingnya Literasi dan Bercerita Pada Anak
Pentingnya Literasi dan Bercerita Pada Anak

Budaya bercerita dan membaca harus diajarkan kepada anak.

Kebiasaan ibu bertutur dan mendongeng kepada anak bahkan sebaiknya dilakukan sejak anak masih di dalam kandungan. Sehingga daya kognitif dan kemampuan anak berbahasa akan lebih cepat.

Hal itu diungkapkan para pendongeng di booth Rabbit Hole, dalam ajang ASEAN Literary Festival (ALF) ke-4 di Kota Tua, Jakarta. Rabbit Hole fokus pada minat baca dan mendongeng bagi anak di dunia parenting. Literasi sangat penting untuk meningkatkan minat baca pada anak.

“Sehingga dengan mendongeng akan menciptakan ikatan (bonding)

anak dengan orang tua,” kata Pendongeng Rabbit Hole, Tania Kathryne kepada JawaPos.com, Minggu (6/8).

Rabbit Hole memiliki 11 judul buku untuk menekankan pentingnya bercerita oleh orang tua kepada anak. Bercerita itu mudah dilakukan sejak mulai anak di dalam kandungan.

“Lalu distimulus sampai usia SD atau SMP masih bisa. Usia anak untuk dilatih bercerita,” jelasnya.

Tentu hal itu berkaitan erat dengan pendidikan orang tua.

Semakin tinggi pendidikan maka pola asuh biasanya akan semakin baik. Begitu pula dalam berkomunikasi dengan anak.

“Mudah meskipun dari kalangan menengah ke bawah, apa salahnya mengajak anak mengobrol. Anak-anak enggak perlu sesuatu yang mahal. Mulailah dengan komunikasi sederhana,” katanya.

Booth Rabbit Hole diramaikan oleh anak-anak dari wilayah Kota Tua yang bersemangat mewarnai. Mereka mewarnai gambar-gambar hewan dan menunjukkan hasilnya dengan suka cita.

 

Sumber :

https://www.buzzfeed.com/danuaji/signs-of-the-cat-infected-with-rabies-6gklbipwse

You might be interested in …

Tiga Ruang Nyaris Amburuk, Puluhan Siswa SDN Sukaluyu Dihantui Ketakutan

Tiga Ruang Nyaris Amburuk, Puluhan Siswa SDN Sukaluyu Dihantui Ketakutan

Pendidikan

Tiga Ruang Nyaris Amburuk, Puluhan Siswa SDN Sukaluyu Dihantui Ketakutan Memprihatinkan. Itulah yang kini dialami puluhan siswa SDN Sukaluyu , Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Kini, mereka dihantui ketakutan lantaran bangunan sekolah tempat mereka belajar, nyaris ambruk. Dari pantauan Radar Bogor, tiga ruang kelas kondisinya sangat memprihatinkan. Tidak sedikit eternit ruang kelas berlubang. Bahkan, […]

Read More
SMP YTM Galakkan Program Bebersih

SMP YTM Galakkan Program Bebersih

Pendidikan

SMP YTM Galakkan Program Bebersih Kepala SMP YTM Bogor, Tetik Pur­wati, mengatakan, saat ini pi­haknya tengah menggalakkan Program Bebersih di lingkungan sekolahnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan asri. “Kita lakukan agar pe­serta didik nyaman saat melaks­anakan kegiatan belajar,” ka­tanya. Menurut dia, sekolah itu merupakan rumah kedua bagi siswa. Untuk itu, […]

Read More

Mekanisme Pelaporan

Pendidikan

Mekanisme Pelaporan Berdasarkan lingkup sasaran kegiatan, terdapat dua jenis laporan hasil supervisi yang disusun pengawas sekolah yaitu: a.   Setiap pengawas  sekolah membuat laporan per sekolah binaan dan seluruh sekolah binaan. Laporan ini lebih ditekankan kepada pencapaian tujuan dari setiap butir kegiatan supervisi yang telah dilaksanakan pada setiap sekolah binaan. b.   Laporan   hasil -hasil supervisi di semua sekolah binaannya sebanyak […]

Read More