Pentingnya Literasi dan Bercerita Pada Anak

Pentingnya Literasi dan Bercerita Pada Anak

Pentingnya Literasi dan Bercerita Pada Anak

Pentingnya Literasi dan Bercerita Pada Anak
Pentingnya Literasi dan Bercerita Pada Anak

Budaya bercerita dan membaca harus diajarkan kepada anak.

Kebiasaan ibu bertutur dan mendongeng kepada anak bahkan sebaiknya dilakukan sejak anak masih di dalam kandungan. Sehingga daya kognitif dan kemampuan anak berbahasa akan lebih cepat.

Hal itu diungkapkan para pendongeng di booth Rabbit Hole, dalam ajang ASEAN Literary Festival (ALF) ke-4 di Kota Tua, Jakarta. Rabbit Hole fokus pada minat baca dan mendongeng bagi anak di dunia parenting. Literasi sangat penting untuk meningkatkan minat baca pada anak.

“Sehingga dengan mendongeng akan menciptakan ikatan (bonding)

anak dengan orang tua,” kata Pendongeng Rabbit Hole, Tania Kathryne kepada JawaPos.com, Minggu (6/8).

Rabbit Hole memiliki 11 judul buku untuk menekankan pentingnya bercerita oleh orang tua kepada anak. Bercerita itu mudah dilakukan sejak mulai anak di dalam kandungan.

“Lalu distimulus sampai usia SD atau SMP masih bisa. Usia anak untuk dilatih bercerita,” jelasnya.

Tentu hal itu berkaitan erat dengan pendidikan orang tua.

Semakin tinggi pendidikan maka pola asuh biasanya akan semakin baik. Begitu pula dalam berkomunikasi dengan anak.

“Mudah meskipun dari kalangan menengah ke bawah, apa salahnya mengajak anak mengobrol. Anak-anak enggak perlu sesuatu yang mahal. Mulailah dengan komunikasi sederhana,” katanya.

Booth Rabbit Hole diramaikan oleh anak-anak dari wilayah Kota Tua yang bersemangat mewarnai. Mereka mewarnai gambar-gambar hewan dan menunjukkan hasilnya dengan suka cita.

 

Sumber :

https://www.buzzfeed.com/danuaji/signs-of-the-cat-infected-with-rabies-6gklbipwse

You might be interested in …

FINANCIAL RISK MANAGEMENT

FINANCIAL RISK MANAGEMENT

Pendidikan

FINANCIAL RISK MANAGEMENT Fundamental The main objective of financial risk management is to minimize the potential loss arising from unexpected changes in currency rates, credit, commodities and equities. The risk of price volatility faced is known as market risk. There is market risk in various forms. Although the focus of the volatility of prices or […]

Read More
Bogor Sebut Pentingnya Relawan Handal di Wilayah Rawan Bencana

Bogor Sebut Pentingnya Relawan Handal di Wilayah Rawan Bencana

Pendidikan

Bogor Sebut Pentingnya Relawan Handal di Wilayah Rawan Bencana   Yayasan Budi Global Yayasan Budi Global menggelar seminar bertajuk ‘Indonesia Darurat Gempa Dalam Perspektif Iptek dan Imtaq’ di Hotel Salak The Heritage, Jalan Juanda, Bogor Tengah, Minggu (4/11/2018). Dalam seminar yang turut menghadirkan Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat sebagai keynote speaker dan Kepala […]

Read More

 Pergeseran Makna

Pendidikan

 Pergeseran Makna Pergeseran makna dibedakan atas 2 macam: Asosiasi adalah pergeseran makna yang terjadi karena adanya persamaan sifat. Contoh: –        Tasya menyikat giginya sampai bersih –        Pencuri itu menyikat habis barang-barang berhatga dirumah itu Sinestesia adalah perubahan makna akibat adanya pertukaran tanggapan antara dua indra yang berbeda. Contoh: –        Sayur itu rasanya pedas sekali –        Kata-katanya sangat pedas didengar. Relasi Makna Homonim adalah dua buah kata yang mempunyai persamaan […]

Read More