PENJELASAN ILMU TANAH

PENJELASAN ILMU TANAH

PENJELASAN ILMU TANAH

PENJELASAN ILMU TANAH
PENJELASAN ILMU TANAH

tanah merupakan sistem polifasa, sarang, dan dispers

Susunan kimia tanah sangat bervariasi bergantung ke pada bahan induk, iklim, proses pembentukan, tempat (topografi) terbentuk, vegetasi dan budidaya/ pengelolaan manusia.

Sebagai sistem polifasa, fasa padat tanah tersusun oleh mineral-mineral primer dan sekunder berupa zarah pasir, debu,lempung . Secara kimia fasa padat tersebut terdiri senyawa-senyawa kimia dari banyak unsur.
Sarang merupakan tanah yang gembur.

Tahun 1907, ostwald, mengemukakan istilah terdispersi bagi zat yang terdispersi dalam medium pendispersi. Analogi dalam larutan, fase terdispersi adalah zat terlarut sedangkan medium pendispersi adalah zat pelarut. Larutan merupakan sistem dispersi yang ukuran partikelnya sangat kecil sehingga tidak dapat dibedakan antara partikel dispersi dan pendispersi. Sistem dispersi adalah tanah terdiri atas unit-unit kecil, kemudian bergabung menjadi lebih besar.

tekstur tanah

Tanah terdiri dari butir-butir tanah dengan berbagai ukuran. Bagian tanah yang berukuran lebih dari 2 mm disebut bahan kasar . ukuran tanah dibedakan menjadi tiga yaitu:
pasir : 2mm – 0,05mm
debu : 50 u – 2 u
liat : kurang dari 2 u

Pasir/Sand Debu/Silt Lempung/Clay

Tekstur tanah merupakan salah satu sifat fisik tanah. Tekstur tanah menunjukkan kasar halusnya tanah atau yang menunjukkan perbandingan fraksi-fraksi lempung, debu dan pasir. Fraksi dominan dari ketiga fraksi tanah tersebut adalah yang menunjukkan tekstur tanah.

Baca Juga: Pengertian Musik Tradisional

tekstur tanah secara kuantitatif

Secara Kuantitatif pengukuran tekstur tanah dilakukan di sebuah laboraturium. Pengukuran dilakukan dengan hasil akhir berupa persentase perbandingan antar fraksi sand, silt dan clay. Setelah diperoleh persentase perbandingan antar fraksi kemudian dicocokkan degan segitiga tekstur tanah. Contoh: disediakan 2 jenis tanah yang akan diteliti. Kemudian dilakukan pengukuran dan dianalisis tiap-tiap jenis tanah Hasil akhirnya adalah presentase perbandingan. Misal hasilnya tanah jenis satu dan dua setelah di cocokan dengan segitiga tekstur adalah lempung berpasir dan debu halus.

hubungan tekstur tanah dengan permeabilitas tanah

Tekstur tanah ialah sifat fisik tanah yang menyatakan kasar halusnya tanah atau yang menunjukkan perbandingan fraksi-fraksi lempung, debu dan pasir.

Tekstur tanah menunjukkan fraksi dominan dari ketiga fraksi tanah tersebut. Sedangkan permeabilitas yaitu cepat / lambatnya air merembas kedalam tanah baik melalui pori makro maupun pori mikro, baik kearah horizontal maupun kearah vertikal.
Hubungan tekstur tanah dengan permeabilitas tanah adalah cepat / lambatnya perembasan air ditentukan oleh tekstur tanah. Semakin kasar tekstur fraksi tanah semakin besar tingkat permeabilitas tanah. Itu artinya semakin renggang tekstur tanah maka air yang di loloskan akan semakin banyak.

You might be interested in …

Sumber Daya Sementara

Sumber Daya Sementara

Pendidikan

Sumber Daya Sementara Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. l Karena konsumen mayoritas semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang. l Sumber daya kognitifProduk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu (time goods). Barang yang Menggunakan Waktu Produk […]

Read More

Tata ruang dan arsitektur umum

Pendidikan

Tata ruang dan arsitektur umum Arsitek kepala istana ini adalah Sultan Hamengkubuwana I, pendiri Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keahliannya dalam bidang arsitektur dihargai oleh ilmuwan berkebangsaan Belanda, Theodoor Gautier Thomas Pigeaud dan Lucien Adam yang menganggapnya sebagai “arsitek” dari saudara Pakubuwono II Surakarta“[6]. Bangunan pokok dan desain dasar tata ruang dari keraton berikut desain dasar landscape kota tua Yogyakarta[7] diselesaikan antara tahun 1755-1756. Bangunan lain di tambahkan kemudian oleh […]

Read More
 Macam- Macam Istishab

 Macam- Macam Istishab

Pendidikan

 Macam- Macam Istishab             Para ulama ushul fiqih mengemukakan bahwa istishab ada 5 macam yang sebagian disepakati dan sebagian lain diperselisihkan. Kelima macam Istishab itu adalah[5] : Istishab hukum Al- Ibahah Al- Asliyyah             Maksudnya menetapkan hukum sesuatu yang bermanfaat bagi manusia adalah boleh selama belum ada dalil yang menunjukkan keharamannya. Misalnya seluruh pepohonan di hutan […]

Read More