Pengertian VPN: Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja VPN

Pengertian VPNFungsi, Manfaat dan Cara Kerja VPN

Pengertian VPN: Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja VPN

 

Pengertian VPNFungsi, Manfaat dan Cara Kerja VPN
Pengertian VPNFungsi, Manfaat dan Cara Kerja VPN

Bagi orang sering dalam dunia internet, pasti tidak asing lagi yang namanya VPN. Mungkin kita tahu hanya untuk membuka web yang diblokir oleh pemerintah. Maka kita akan mempelajari mulai dari apa itu vpn, fungsi dan cara kerjanya.

Pengertian VPN

Daftar Isi

Pengertian VPN
Fungsi VPN
Confidentially (Kerahasiaan)
Data Integrity (Keutuhan Data)
Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Manfaat VPN: Virtual Private Network
Cara Kerja VPN
Kelebihan VPN :
Kekurangan VPN :

Virtual Private Network atau VPN adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan para penggunanya dapat tergubung satu dengan lainnya secara private atau pribadi namun menggunakan jaringan publik atau internet. Dengan cara demikian, maka bisa mendapatkan hak dan pengaturan yang sama seprtihalnya dalam sebuah jaringan LAN, meskipun sebenarnya menggunakan jaringan publik.

Jika menggunakan cara pandang jaringan, salah satu masalah menggunakan jaringan internet atau menggunakan IP publik yaitu tidak adanya dukungan keamanan yang baik. Sedangkan jika menggunakan cara pandang perusahaan, alamat IP merupakan sebuah kebutuhan dasar agar dapat melakukan pertukaran data antar kantor cabang atau rekan perusahaan.

Dari beberapa persoalan tersebut, maka munculah VPN untuk mengatasi persoalan yang terjadi tersebut. Sebuah perusahaan yang menggunakan Infrastruktr jaringan IP untuk dapat terhubung dengan kantor cabang atau rekan perusahaan dengan menggunakan pengalamatan secara private dengan melakukan pengalamatan terhadap transmisi paket data.

Fungsi VPN

Sebenarnya fungsi vpn di bagi menjadi 3 macam. Maka berikut ini yang kalian perlu ketahui tentang fungsi vpn berikut.

Confidentially (Kerahasiaan)

Karena menggunakan jaringan publik maka terjadinya pencurian data akan lebih rawan terjadi. Maka dari itu VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat pada VPN. Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, maka kerahasiaan data pribadi penggunanya akan terjaga. Meskipun ada saja yang bisa menyadap data yang melalui internet bahkan penyedia VPN itu sendiri.

Meskipun begitu, namun belum tentu penyadap tersebut dapat membaca data tersebut, karena data tersebut sebelumnya telah dienkripsi atau diacak terlebih dahulu. Dengan adanya sistem enkripsi ini maka tidak ada satu orangpun yang mampu mengakses dan membaca data tersebut dengan mudah.

Data Integrity (Keutuhan Data)

Pada saat melewati jaringan internet, sebenarnya data tersebut telah berjalan sangat jauh ke seluruh penjuru dunia. Nah pada saat perjalanan tersebut berbagai gangguan dapat terjadi terhadap isinya baik itu hilang, rusak, maupun dimanipulasi oleh orang yang tidak semestinya. Dalam VPN ini terdapat teknologi yang memungkinkan data akan terjaga keutuhannya mulai dari dikirim hingga sampai ke tempat tujuan.

Origin Authentication (Autentikasi Sumber)

VPN memiliki teknologi yang mampu melakukan autentikasi terhadap sumber – sumber pengirim data yang akan diterimanya. Disini VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk kemudian mengambil informasi dari sumber data. Lalu alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasi telah berhasil. Dengan demikian, VPN akan menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya.

Manfaat VPN: Virtual Private Network

#1. Remote Access

Dengan menggunakan VPN maka kita dapat mengakses komputer ataupun jaringan kantor dari manapun selama kamu dapat terhubung dengan internet atau publik.

#2. Keamanan

Dengan menggunakan koneksi VPN ini maka kita dapat berselancar atau browsing di internet dengan aman pada saat berada di dunia maya ataupun jaringan internet publik misalnya saja seperti hotspot atau Wi-Fi yang berada di tempat umum seperti cafe dan lain sebagainya.

#3. Menghemat Biaya

Dengan menggunakan VPN ini kita juga dapat menghemat biaya setup dari sebuah jaringan. Karena VPN dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang memiliki cangkupan yang luas dengan biaya setup jaringan yang lebih murah.Karena transmisi data yang dipakai pada VPN ini menggunakan media jaringan publik atau jaringan internet yang sebelumnya sudah ada sehingga kamu tidak perlu membangun jaringan sendiri.

Cara Kerja VPN

cara kerja vpn

Protokol jaringan yang didukung oleh VPN ini cukup banyak mulai dari protokol PPTP, L2TP, IPSec, dan SOCKS. Protokol tersebut akan membantu VPN dalam melakukan otentikasi.
VPN client bisa membuat sebuah sambungan serta dapat mengidentifikasi orang – orang yang memiliki wewenang pada sebuah jaringan.
Karena VPN menggunakan teknologi enkripsi maka hal ini akan meningkatkan keamanan sebuah data. Hal tersebut berarti bahwa VPN ini tidak akan terlihat pada jaringan yang lebih besar.
Pada saat ini teknologi VPN semakin dikembangkan karena mobilitas yang disediakan dan pada saat ini VPN juga membuka jalan untuk koneksi Wi-Fi ataupun jaringan wireless pribadi.

Kelebihan VPN :

VPN ini merupakan sebuah solusi biaya yang sangat efektif untuk sebuah organisasi bisnis yang besar dengan fasilitas jaringan yang luas.
Meningkatkan mobilitas organisasi karena para pekerja dapat langsung terhubung langsung dengan jaringan rumah atau para pekerja yang mobile di sebuah organisasi.
Fitur kemanan yang dapat disesuaikan

Kekurangan VPN :

Dengan menyediakan akses ke karyawan secara global, maka faktor keamanan menjadi sebuah risiko tersendiri. Hal tersebut menjadi menempatkan VPN pada informasi sensitif perusahaan dapat diakses secara global. Dalam hal ini VPN harus membutuhkan perhatian yang ekstra agar kamu dapat mengetahui penempatan sistem keamanan yang jelas.

Namun terlepas dari kekurangan yang dimiliki oleh VPN, terdapat banyak solusi yang ditawarkan oleh VPN yaitu dengan memberikan konektivitas jarak jauh, file sharing, konferensi video dan layanan lainnya yang berhubungan dengan jaringan. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh internet bisa kamu dapatkan pada VPN ini dengan biaya yang efektif. Dan menjadi kelebihan tersendiri karena VPN dapat bekerja pada jaringan private dan publik, maka pada intinya VPN merupakan jaringan private yang fleksibel.

Baca Juga:

 

 

You might be interested in …

Huawei Honor 6X Dirilis dengan Dual-camera dan CPU Kirin 655

Huawei Honor 6X Dirilis dengan Dual-camera dan CPU Kirin 655

Teknologi

Huawei Honor 6X Dirilis dengan Dual-camera dan CPU Kirin 655 Setelah seminggu lalu Huawei menyebarkan undangan peluncuran Honor 6X , kemarin secara resmi Huawei meluncurkan smartphone tersebut di Cina. Honor 6X telah dilengkapi dengan layar 5,5 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan memiliki kaca 2.5D curved glass yang terlihat sedikit melengkung di […]

Read More
Niagahoster, Hosting Indonesia Murah Serba Unlimited Bonus Domain Gratis

Niagahoster, Hosting Indonesia Murah Serba Unlimited Bonus Domain Gratis

Teknologi

Niagahoster, Hosting Indonesia Murah Serba Unlimited Bonus Domain Gratis   Bisnis online merupakan salah satu peluang yang saat ini terbuka sangat lebar dengan penetrasi internet yang semakin besar di Indonesia serta penggunanya yang semakin terbiasa melakukan berbagai hal melalui internet. Ada banyak kanal yang bisa dimanfaatkan sebagai media bisnis online, antara lain website, marketplace dan […]

Read More
Huawei Cloud Siap Ekspansi ke Indonesia

Huawei Cloud Siap Ekspansi ke Indonesia

Teknologi

Huawei Cloud Siap Ekspansi ke Indonesia PERKEMBANGAN teknologi komunikasi kian pesat . Perusahaan telekomunikasi besar Tiongkong Huawei Cloud berkolaborasi dengan Shan Hai Map, ditambah dua perusahaan besar lain di bidang teknologi yakni Yonyou dan Nxcloud akan mengadakan acara Indonesia Enterprise Service Summit 2019 di Jakarta, Kamis (11/7). Roger Hong, Marketing Manager Shan Hai Map kepada […]

Read More