Pengertian Strategi Pemasaran 

Pengertian Strategi Pemasaran 

Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :

  1. Daur hidup produk

Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

  1. Posisi persaingan perusahaan di pasar

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

  1. Situasi ekonomi

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

  1. Macam-Macam Strategi Pemasaran

macam strategi pemasaran diantaranya:

  •  Strategi kebutuhan primer

Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:

  1. Menambah jumlah pemakai dan
  2. Meningkatkan jumlah pembeli.
  • Strategi Kebutuhan Selektif

Yaitu dengan cara :

  1. Mempertahankan pelanggan misalnya:
  2. Memelihara kepuasan pelanggan;
  3. Menyederhanakan proses pembelian;
  4. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
  5. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
  6. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
  7. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)

Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:

  1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
  2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
  3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
  4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.

https://areaponsel.com/seva-mobil-bekas/

You might be interested in …

Pengertian Management Produksi

Pengertian Management Produksi

Pendidikan

Pengertian Management Produksi Manajemen Produksi dan Operasi adalah Sebagai suatu proses yang berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan. (Fogarty, 1989)   Kegiatan Produksi dan Operasi ada pada tiga hal, yaitu Pengelolaan fungsi organisasi dalam menghasilkan barang dan jasa, adanya sistem transformasi yang menghasilkan barang […]

Read More
Tigo Lurah Dapat Bantuan Dana Partisipatif

Tigo Lurah Dapat Bantuan Dana Partisipatif

Pendidikan

Tigo Lurah Dapat Bantuan Dana Partisipatif SDN 14 Sabie Aie Batu Bajanjang, Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok mendapat bantuan danaRp150 juta. Dana ini dimanfaatkan untuk pembebasan tanah untuk membangun Ruang Kelas Baru (RKB). “Dana digunakan untuk mendatarkan tanah perbukitan lokasi sekolah,” ujar Kepala UPT Pendidikan Prasekolah dan SD Kecamatan Tigo Lurah, Sardimus. Bantuan ini berasal […]

Read More
Sektor-Sektor yang Dikelola Daerah

Sektor-Sektor yang Dikelola Daerah

Pendidikan

Sektor-Sektor yang Dikelola Daerah a. Perencanaan dan pengendalian pembangunan. b. Perencanaan, pemanfaatan dan pengawasan tata ruang. c. Penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat. d. Penyediaan sarana dan prasarana umum. e. Penanganan bidang kesehatan. f. Penyelenggaraan pendidikan. g. Penanggulangan masalah sosial. h. Pelayanan bidang ketenagakerjaan. i. Fasilitas pengembangan koperasi, usaha kecil dan menengah. j. Pengendalian lingkungan […]

Read More