Pengertian Strategi Pemasaran 

Pengertian Strategi Pemasaran 

Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :

  1. Daur hidup produk

Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

  1. Posisi persaingan perusahaan di pasar

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

  1. Situasi ekonomi

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

  1. Macam-Macam Strategi Pemasaran

macam strategi pemasaran diantaranya:

  •  Strategi kebutuhan primer

Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:

  1. Menambah jumlah pemakai dan
  2. Meningkatkan jumlah pembeli.
  • Strategi Kebutuhan Selektif

Yaitu dengan cara :

  1. Mempertahankan pelanggan misalnya:
  2. Memelihara kepuasan pelanggan;
  3. Menyederhanakan proses pembelian;
  4. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
  5. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
  6. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
  7. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)

Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:

  1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
  2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
  3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
  4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.

https://areaponsel.com/seva-mobil-bekas/

You might be interested in …

Aspek Penilaian Multimedia Pembelajaran

Aspek Penilaian Multimedia Pembelajaran

Pendidikan

Aspek Penilaian Multimedia Pembelajaran Menurut Wahono (2007) penilaian multimedia pembelajaran berdasarkan beberapa aspek yaitu : Aspek Rekayasa Perangkat Lunak Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran Reliable (handal) Maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah) Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya) Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan Kompatibilitas (media pembelajaran dapat diinstalasi/dijalankan di berbagai […]

Read More
Perguruan Tinggi Swasta di Jogja Didorong Berkompetisi

Perguruan Tinggi Swasta di Jogja Didorong Berkompetisi

Pendidikan

Perguruan Tinggi Swasta di Jogja Didorong Berkompetisi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Jogjakarta didorong untuk terus berkompetisi . Bersinergi dengan positif untuk menghasilkan lulusan yang semakin berkualitas. “Mereka kami dorong berkompetisi. Tapi dengan istilah kompetisinya itu bukan saya maju yang lain mati, tapi kompetisi bersinergi sama-sama maju. Kompetisi positif, bukan kompetisi saya maju […]

Read More
Perkembangan Intelektual

Perkembangan Intelektual

Pendidikan

Perkembangan Intelektual Berikut dibawah ini uraian mengenai perkembangan intelektual di masing-masing bidang: a. Astronomi Di bidang astronomi, sarjana Islam al-Khawarizmi banyak sekali memberikan sumbangannya dengan karya-karyanya dan mempunyai pengaruh terbesar terhadap kontribusi ilmu pasti diantara semua penulis di abad pertengahan. Ia menulis buku al Jabr wa al-Muqabalah, yang memuat daftar astronomi yang tertua dan al-Khwarizmi […]

Read More