Pengertian Sosial Budaya

Pengertian Sosial Budaya

Pengertian Sosial Budaya

Pengertian Sosial Budaya

Sosial budaya terdiri dari dua kata yaitu sosial dan budaya. Sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat sekitar. Kelakuan masyarakat pada hakikatnya hampir seluruhnya bersifat sosial, yakni dipelajari dalam interaksi dengan manusia lainnya. Hampir segala sesuatu yang kita pelajari merupakan hasil hubungan kita dengan orang lain dirumah, sekolah, tempat permainan, pekerjaan, dan sebagainya.

Sedangkan budaya adalah dalam kamus bahasa Indanesia diartikan sebagai hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat, dan berarti pula kegiatan (usaha) batin (akal dan sebagainya) untuk menciptakan sesuatu yang termasuk hasil kebudayaan. Jadi, social budaya merupakan segala hal yang diciptakan manusia dengan pikiran dan budinya dalam kehidupan bermasyarakat.

Para ahli antropologi membagi kebudayaan dalam bentuk dan isi. Menurut bentuknya kebudayaan terdiri atas tiga, yaitu:

  1. Sistem kebudayaan

Sistem kebudayaan berwujud gagasan, pikiran, konsep, nilai-nilai, budaya, norma-norma, pandangan-pandangan yang berntuknya abstrak, serta berada dalam pikiran para pemangku kebudayaan yang bersangkutan.

  1. Sistem sosial

Sistem sosial berwujud aktivitas, tingkah laku berpola, perilaku, upacara-upacara, serta ritus-ritus yang wujudnya lebih konkrit. Sistem sosial adalah bentuk kebudayaan dalam wujud yang lebih konkrit dan dapat diamati.

  1. Benda-benda budaya

Benda-benda budaya disebut juga sebagai kebudayaan fisik atau kebudayaan materiil. Benda budaya merupakan hasil tingkah laku dan karya pemangku kebudayaan yang bersangkutan.


Sumber: https://multiply.co.id/death-truck-hero-apk/

You might be interested in …

Professor Summit, Wadahi Pemikiran Para Guru Besar untuk Bangsa

Professor Summit, Wadahi Pemikiran Para Guru Besar untuk Bangsa

Pendidikan

Professor Summit, Wadahi Pemikiran Para Guru Besar untuk Bangsa Guna lebih mewadahi para guru besar (profesor) di perguruan tinggi dalam merumuskan sumbangsih pemikirannya untuk pembangunan bangsa, Dewan Profesor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama Majelis Dewan Guru Besar (MDGB) Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) menggelar Professor Summit (PS) 2019. Perhelatan yang memasuki hari kedua […]

Read More
Kreativitas, Kunci Meningkatkan Konsumsi Ikan

Kreativitas, Kunci Meningkatkan Konsumsi Ikan

Pendidikan

Kreativitas, Kunci Meningkatkan Konsumsi Ikan   BANDUNG Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat efektif memenuhi kebutuhan gizi anak. Agar anak mau mengonsumsi ikan, diperlukan kreativitas tinggi dari Ibu untuk mengolahnya. Program Pokja III di PKK “Jadi jangan sampai ketika anak ditanya makan ikan engga […]

Read More
KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

Pendidikan

KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN Konsumsi Pengertian Konsumsi Konsumsi adalah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatubarang dan jasa dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan konsumen adalah orang yang mengkonsumsi barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebutuhannya. Ciri-ciri barang konsumsi a.Barang konsumsi untuk mempeorlehnya diperlukan pengorbanan (barang ekonomi) b.Barang konsumsi […]

Read More