Pengertian Sosial Budaya

Pengertian Sosial Budaya

Pengertian Sosial Budaya

Pengertian Sosial Budaya

Sosial budaya terdiri dari dua kata yaitu sosial dan budaya. Sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat sekitar. Kelakuan masyarakat pada hakikatnya hampir seluruhnya bersifat sosial, yakni dipelajari dalam interaksi dengan manusia lainnya. Hampir segala sesuatu yang kita pelajari merupakan hasil hubungan kita dengan orang lain dirumah, sekolah, tempat permainan, pekerjaan, dan sebagainya.

Sedangkan budaya adalah dalam kamus bahasa Indanesia diartikan sebagai hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat, dan berarti pula kegiatan (usaha) batin (akal dan sebagainya) untuk menciptakan sesuatu yang termasuk hasil kebudayaan. Jadi, social budaya merupakan segala hal yang diciptakan manusia dengan pikiran dan budinya dalam kehidupan bermasyarakat.

Para ahli antropologi membagi kebudayaan dalam bentuk dan isi. Menurut bentuknya kebudayaan terdiri atas tiga, yaitu:

  1. Sistem kebudayaan

Sistem kebudayaan berwujud gagasan, pikiran, konsep, nilai-nilai, budaya, norma-norma, pandangan-pandangan yang berntuknya abstrak, serta berada dalam pikiran para pemangku kebudayaan yang bersangkutan.

  1. Sistem sosial

Sistem sosial berwujud aktivitas, tingkah laku berpola, perilaku, upacara-upacara, serta ritus-ritus yang wujudnya lebih konkrit. Sistem sosial adalah bentuk kebudayaan dalam wujud yang lebih konkrit dan dapat diamati.

  1. Benda-benda budaya

Benda-benda budaya disebut juga sebagai kebudayaan fisik atau kebudayaan materiil. Benda budaya merupakan hasil tingkah laku dan karya pemangku kebudayaan yang bersangkutan.


Sumber: https://multiply.co.id/death-truck-hero-apk/

You might be interested in …

Ciri-ciri Anak Kecanduan Game Online

Ciri-ciri Anak Kecanduan Game Online

Pendidikan

Ciri-ciri Anak Kecanduan Game Online Berikut adalah beberapa gejala atau ciri-ciri anak kecanduan game online serta kecanduan video game ,untuk membantu menentukan apakah anak Anda kecanduan video game. 1.Sebagian besar dari “waktu luang” mereka dihabiskan di komputer atau bermain video game. 2.Kelelahan,kecenderungan untuk tertidur di sekolah. 3.Tidak mengerjakan PR tepat waktu. 4.Nilainya memburuk 5.Memilih komputer […]

Read More
Dengan PLS Diharapkan Siswa Mampu Beradaptasi dan Nyaman di Sekolah

Dengan PLS Diharapkan Siswa Mampu Beradaptasi dan Nyaman di Sekolah

Pendidikan

Dengan PLS Diharapkan Siswa Mampu Beradaptasi dan Nyaman di Sekolah   Wakil Walikota Bandung terpilih Yana Mulyana membuka kegiatan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMA Pasundan 3 Bandung. Pada acara tersebut ia mengungkapkan bahwa target pendidikan di Kota Bandung adalah meningkatkan infrastruktur dan sarana-prasarana. Peningkatan tersebut harus disertai dengan meningkatnya jumlah anak yang bersekolah. […]

Read More

Bahaya Dunia Maya

Pendidikan

Bahaya Dunia Maya Dunia maya selain sebagai sarana untuk mengakses informasi dengan mudah juga dapat memberikan dampak negative bagi siswa. Terdapat pula, Aneka macam materi yang berpengaruh negative bertebaran di internet. Misalnya: pornografi, kebencian, rasisme, kejahatan, kekerasan, dan sejenisnya. Berita yang bersifat pelecehan seperti pedafolia, dan pelecehan seksual pun mudah diakses oleh siapa pun, termasuk […]

Read More