PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

Yang dimaksud dengan sistem pemerintahan adalah

serangkaian cara yang digunakan oleh suatu negara guna mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemerintahan dan kenegaraan. Hal ini termasuk dalam sistem yang berkaitan dengan aturan dasar kepemerintahan.

Seluruh aturan yang berkaitan dengan sekumpulan aturan dasar tentang pola kepemerintahan, pola pengambilan kebijakan, pola pengambilan keputusan dan lain sebagainya. Setiap negara pastinya memiliki sistem tertentu untuk menjalankan roda kepemerintahan mereka.

Sistem ini digunakan tidak lain bertujuan agas segala sesuatunya menjadi jelas dan terarah karena suatu negara tak mungkin terbentuk tanpa suatu sistem aturan tertentu. Aturan tertentu memang diperlukan untuk mengatur sebuah negara.

Dalam mengatur negara beserta sistem pemerintahannya, setiap negara memilih sendiri sistem mana yang akan diterapkan di negara tersebut. Terkait hal ini, terdapat beberapa sistem yang dapat dipilih oleh suatu negara dan yang sesuai akan diterapkan di dalam negara itu.

Beberapa sistem pemerintahan yaitu, sistem presidensial, parlementer, semi presidensial, liberal, demokrasi liberal dan komunis. Semua sistem tersebut mempunyai karakteristik, kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Untuk memilih sistem dalam pemerintahan suatu negara, pada umumnya mereka akan memilih satu sistem dengan tujuan pokok yang sudah pasti, seperti menjaga kestabilan negara yang bersangkutan. Lalu, sistem ini harus memiliki suatu landasan yang kokoh.

Tidak berhenti sampai disitu, suatu sistem di dalam pemerintahan juga harus dijauhkan dari sifat statis, hal ini dikarenakan nantinya sistem yang statis akan mengabkibatkan kerugian bagi pemerintahan tersebut.

Bukan hanya sistem pemerintahan yang statis, selain itu terdapat pula absolut. Sistem di dalam pemerintahan absolut dapat mengakibatkan munculnya protes dari masyarakat karena pemerintahan dianggap memberatkan kaum minoritas yakni masyarakat kecil.


Sumber: https://www.7-ksa.net/dead-zone-apk/

You might be interested in …

Hutang Luar Negeri Indonesia.

Pendidikan

Hutang Luar Negeri Indonesia. Hutang luar negeri Indonesia yang sangat besar menjadi penyebab terjadinya krisis ekonomi. Meskipun, hutang itu bukan sepenuhnya hutang negara, tetapi sangat besar pengaruhnya terhadap upaya-upaya untuk mengatasi krisis ekonomi. Sampai bulan Februari 1998, sebagaimana disampaikan Radius Prawiro pada Sidang Pemantapan Ketahanan Ekonomi yang dipim-pin Presiden Suharto di Bina Graha, hutang Indonesia […]

Read More
Biro Administrasi Efek

Biro Administrasi Efek

Pendidikan

Biro Administrasi Efek Biro Administrasi Efek adalah Pihak yang berdasarkan kontrak dengan Emiten melaksanakan pencatatan pemilikan Efek dan pembagian hak yang berkaitan dengan Efek.Yang dapat menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai Biro Administrasi Efek adalah Perseroan yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam. Pendaftaran pemilikan Efek dalam buku daftar pemegang Efek Emiten dan pembagian hak yang berkaitan […]

Read More
Variasi

Variasi

Pendidikan

Variasi Penyusunan kalimat perlu memperhatikan variable kalimat karena variasi itu akan memberikan efek yang berbeda. Pemfokusan dengan mengedepankan unsure yang dianggap penting seperti yang telah dibicarakan pada bagian 3.1 dapat digolongkansebagai variasi urutan unsur kalimat. Namun, variasi kalimat bukan hanya itu. Variasi lain yang mempertimbangkan nilai komunikasi dapat berupa penyusunan kalimat berimbang, kalimat melepas, dan […]

Read More