PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

Yang dimaksud dengan sistem pemerintahan adalah

serangkaian cara yang digunakan oleh suatu negara guna mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemerintahan dan kenegaraan. Hal ini termasuk dalam sistem yang berkaitan dengan aturan dasar kepemerintahan.

Seluruh aturan yang berkaitan dengan sekumpulan aturan dasar tentang pola kepemerintahan, pola pengambilan kebijakan, pola pengambilan keputusan dan lain sebagainya. Setiap negara pastinya memiliki sistem tertentu untuk menjalankan roda kepemerintahan mereka.

Sistem ini digunakan tidak lain bertujuan agas segala sesuatunya menjadi jelas dan terarah karena suatu negara tak mungkin terbentuk tanpa suatu sistem aturan tertentu. Aturan tertentu memang diperlukan untuk mengatur sebuah negara.

Dalam mengatur negara beserta sistem pemerintahannya, setiap negara memilih sendiri sistem mana yang akan diterapkan di negara tersebut. Terkait hal ini, terdapat beberapa sistem yang dapat dipilih oleh suatu negara dan yang sesuai akan diterapkan di dalam negara itu.

Beberapa sistem pemerintahan yaitu, sistem presidensial, parlementer, semi presidensial, liberal, demokrasi liberal dan komunis. Semua sistem tersebut mempunyai karakteristik, kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Untuk memilih sistem dalam pemerintahan suatu negara, pada umumnya mereka akan memilih satu sistem dengan tujuan pokok yang sudah pasti, seperti menjaga kestabilan negara yang bersangkutan. Lalu, sistem ini harus memiliki suatu landasan yang kokoh.

Tidak berhenti sampai disitu, suatu sistem di dalam pemerintahan juga harus dijauhkan dari sifat statis, hal ini dikarenakan nantinya sistem yang statis akan mengabkibatkan kerugian bagi pemerintahan tersebut.

Bukan hanya sistem pemerintahan yang statis, selain itu terdapat pula absolut. Sistem di dalam pemerintahan absolut dapat mengakibatkan munculnya protes dari masyarakat karena pemerintahan dianggap memberatkan kaum minoritas yakni masyarakat kecil.


Sumber: https://www.7-ksa.net/dead-zone-apk/

You might be interested in …

SMP YTM Galakkan Program Bebersih

SMP YTM Galakkan Program Bebersih

Pendidikan

SMP YTM Galakkan Program Bebersih Kepala SMP YTM Bogor, Tetik Pur­wati, mengatakan, saat ini pi­haknya tengah menggalakkan Program Bebersih di lingkungan sekolahnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan asri. “Kita lakukan agar pe­serta didik nyaman saat melaks­anakan kegiatan belajar,” ka­tanya. Menurut dia, sekolah itu merupakan rumah kedua bagi siswa. Untuk itu, […]

Read More
Include File

Include File

Pendidikan

Include File Server Side Includes (SSI) digunakan untuk membuat fungsi, headers, footers, atau elemen yang akan digunakan secara berulang pada banyak halaman. Anda dapat memasukan sebuah komponen dari sebuah file ke file PHP sebelum server melaksanakannya dengan  fungsi include() atau require(). Kedua Fungsi ini adalah serupa dalam cara apapun, kecuali bagaimana mereka menangani kesalahan. funsi include()  menghasilkan […]

Read More

Proses Perjalanan Pancasila menuju Era Globalisasi

Pendidikan

Proses Perjalanan Pancasila menuju Era Globalisasi Pancasila terlahir dalam nuansa perjuangan dengan melihat pengalaman dan gagasan-gagasan bangsa lain, tetapi tetap berakar pada kepribadian dan gagasan-gagasan bangsa Indonesia sendiri. Oleh sebab itu, Pancasila bisa diterima sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Sejarah telah mencatat, kendati bangsa Indonesia pernah memiliki tiga kali pergantian UUD, tetapi rumusan Pancasila tetap […]

Read More