PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

PENGERTIAN SISTEM PEMERINTAHAN

Yang dimaksud dengan sistem pemerintahan adalah

serangkaian cara yang digunakan oleh suatu negara guna mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemerintahan dan kenegaraan. Hal ini termasuk dalam sistem yang berkaitan dengan aturan dasar kepemerintahan.

Seluruh aturan yang berkaitan dengan sekumpulan aturan dasar tentang pola kepemerintahan, pola pengambilan kebijakan, pola pengambilan keputusan dan lain sebagainya. Setiap negara pastinya memiliki sistem tertentu untuk menjalankan roda kepemerintahan mereka.

Sistem ini digunakan tidak lain bertujuan agas segala sesuatunya menjadi jelas dan terarah karena suatu negara tak mungkin terbentuk tanpa suatu sistem aturan tertentu. Aturan tertentu memang diperlukan untuk mengatur sebuah negara.

Dalam mengatur negara beserta sistem pemerintahannya, setiap negara memilih sendiri sistem mana yang akan diterapkan di negara tersebut. Terkait hal ini, terdapat beberapa sistem yang dapat dipilih oleh suatu negara dan yang sesuai akan diterapkan di dalam negara itu.

Beberapa sistem pemerintahan yaitu, sistem presidensial, parlementer, semi presidensial, liberal, demokrasi liberal dan komunis. Semua sistem tersebut mempunyai karakteristik, kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Untuk memilih sistem dalam pemerintahan suatu negara, pada umumnya mereka akan memilih satu sistem dengan tujuan pokok yang sudah pasti, seperti menjaga kestabilan negara yang bersangkutan. Lalu, sistem ini harus memiliki suatu landasan yang kokoh.

Tidak berhenti sampai disitu, suatu sistem di dalam pemerintahan juga harus dijauhkan dari sifat statis, hal ini dikarenakan nantinya sistem yang statis akan mengabkibatkan kerugian bagi pemerintahan tersebut.

Bukan hanya sistem pemerintahan yang statis, selain itu terdapat pula absolut. Sistem di dalam pemerintahan absolut dapat mengakibatkan munculnya protes dari masyarakat karena pemerintahan dianggap memberatkan kaum minoritas yakni masyarakat kecil.


Sumber: https://www.7-ksa.net/dead-zone-apk/

You might be interested in …

SMPN 6 Ambon Gelar MPLS

SMPN 6 Ambon Gelar MPLS

Pendidikan

SMPN 6 Ambon Gelar MPLS SMP Negeri 6 Ambon akan menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada calon siswa selama tiga hari terhitung tanggal 13-15 Juli 2016. Demikian penjelasan Kepala SMPN 6 Ambon Drs. Jan Mahulette, M.M.Pd kepada wartawan di ruang kerjanya Senin (11/7). Menurutnya, pelaksanaan MPLS itu sangat penting bagi calon siswa, karena mereka […]

Read More
PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI

PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI

Pendidikan

PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI A. Pengertian Pengertian sengketa dalam kamus Bahasa Indonesia, berarti pertentangan atau konflik, Konflik berarti adanya oposisi atau pertentangan antara orang-orang, kelompok-kelompok, atau organisasi-organisasi terhadap satu objek permasalahan. Tujuan memperkarakan suatu sengketa: 1. adalah untuk menyelesaikan masalah yang konkret dan memuaskan, 2. dan pemecahannya harus cepat (quickly), wajar (fairly) dan murah (inexpensive). B. […]

Read More
Lahan DAS Cimanuk Garut Direhabilitasi

Lahan DAS Cimanuk Garut Direhabilitasi

Pendidikan

Lahan DAS Cimanuk Garut Direhabilitasi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Bupati Garut Rudy Gunawan melaunching rehabilitasi hutan dan lahan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk hulu, di kawasan lahan desa Padaawas Kecamatan Pasirwangi Garut, Rabu (22/11/2017). Rehabilitasi Hutan […]

Read More