Pengertian Seni Teater

Pengertian Seni Teater

Dalam sejarahnya, kata “Teater”  berasal dari bahasa Inggris theater  atau  theatre,  bahasa Perancis  théâtre  dan dari bahasa Yunani theatron (θέατρον). Secara etimologis, kata “teater” dapat diartikan sebagai tempat atau gedung pertunjukan. Sedangkan secara istilah kata teater diartikan sebagai segala hal yang dipertunjukkan di atas pentas  untuk konsumsi penikmat.

  1. Fungsi Seni Teater

  2. Teater sebagai Sarana Upacara

Pada awal munculnya, teater hadir sebagai sarana upacara persembahan kepada dewa Dyonesos dan upacara pesta untuk dewa Apollo. Teater  yang berfungsi  untuk  kepentingan  upacara  tidak  membutuhkan  penonton karena penontonnya adalah bagian dari peserta upacara itu sendiri.

  1. Teater sebagai Media Ekspresi

Teater merupakan salah satu bentuk seni dengan fokus utama pada laku dan dialog. Berbeda dengan seni musik yang mengedepankan aspek suara dan seni tari yang menekankan pada keselarasan gerak dan irama. Dalam praktiknya, Seniman teater akan mengekspresikan seninya dalam bentuk gerakan tubuh dan ucapan-ucapan.

  1. Teater sebagai Media Hiburan

Dalam perannya sebagai sarana hiburan, sebelum pementasannya sebuah teater itu harus dengan persiapkan dengan usaha yang maksimal.  Sehingga harapannya penonton akan terhibur  dengan pertunjukan yang digelar.

  1. Teater sebagai Media Pendidikan

Teater adalah seni kolektif, dalam artian teater tidak dikerjakan secara individual. Melainkan untuk mewujudkannya diperlukan kerja tim yang harmonis. Jika suatu teater dipentaskan  diharapkan pesan-pesan yang ingin diutarakan penulis dan pemain tersampaikan kepada penonton. Melalui pertunjukan biasanya manusia akan lebih mudah mengerti nilai baik buruk kehidupan dibandingkan hanya membaca lewat sebuah cerita.

sumber :

https://www.sudoway.id/seva-mobil-bekas/

You might be interested in …

pengertian drama

PENJELASAN TENTANG PENGERTIAN DRAMA, UNSUR-UNSUR DRAMA, DAN CIRI-CIRI DRAMA

Pendidikan, Umum

PENJELASAN TENTANG PENGERTIAN DRAMA, UNSUR-UNSUR DRAMA, DAN CIRI-CIRI DRAMA   Drama berasal dari kata Yunani, yaitu draomai yang berarti berbuat, bertindak, bereaksi, dan sebagainya. Jadi, kata drama dapat diartikan sebagai perbuatan atau tindakan. ● Secara umum, pengertian drama adalah karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. Pementasan naskah drama dikenal […]

Read More
Kurtilas

Ada yang Salah dengan Kurikulum 2013 Kurtilas

Pendidikan

Ada yang Salah dengan Kurikulum 2013 Kurtilas Kurtilas ( Kurikulum 2013) atau bisa juga disingkat K13 yaitu suatu sistem kurikulum bentukan baru dari pemerintah dimana dalam proses kegiatan belajar mengajarnya para siswa diharapkan bisa lebih aktif dalam mencari dan menyampaikan materi tersebut atau mengemukakan materi kepada teman yang lain kemudian ditanggapi oleh teman yang lainnya. […]

Read More
BKKBN Menghadap Ma'ruf, Bicarakan Upaya Tekan Pernikahan Dini

BKKBN Menghadap Ma’ruf, Bicarakan Upaya Tekan Pernikahan Dini

Pendidikan

BKKBN Menghadap Ma’ruf, Bicarakan Upaya Tekan Pernikahan Dini Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menghadap Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk meminta arahan terkait program ke depan. Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan salah satu hal yang dibahas adalah upaya menekan angka pernikahan dini. Kepada Ma’ruf, Hasto menyampaikan rencana BKKBN untuk bekerja sama dengan Kemendikbud agar […]

Read More