Pengertian Petir

Pengertian Petir

Petir merupakan kejadian alam yang selalu melepaskan muatan listriknya ke bumi tanpa dapat dikendalikan dan menyebabkan kerugian harta benda dan manusia. Tak ada yang dapat mengubah situasi ini. Petir terjadi karena adanya benturan antara awan yang bermuatan listrik positif di udara. Kilatan cahaya petir yang  mengandung  arus  listrik  sangat  kuat  tersebut  dapat  merusak  bangunan ataupun peralatan elektronik.

Meskipun kilatan petir jatuh di daerah yang agak jauh misalnya 1 km dari kantor anda, arus listrik imbasannya tetap mengalir pada berbagai kabel tembaga seperti kawat  penghantar  listrik PT. PLN dan kabel telepon PT. Telkom. Arus imbas ini meskipun lebih kecil akan tetapi tetap memiliki kemampuan merusak peralatan elektronik anda seperti telepon faximile ataupun komputer dan peralatan jaringan komputer.

Petir  adalah  salah  satu  fenomena  alam  yang  paling  kuat  dan menghancurkan.  kekuatan  petir  yang  pernah  tercatat  adalah  mulai  dari  ribuan amper sampai 200.000 amper atau sama dengan kekuatan yang dibutuhkan untuk menyalakan 500 ribu lampu bohlam 100 watt. Meskipun arus petir hanya sesaat kira-kira selama 200  micro-detik tapi hasil kerusakan yang ditimbulkan sangat luarbiasa. Effek dari serangan langsung sangat jelas terlihat, mulai dari kerusakan bangunan, kebakaran sampai bahaya kematian bagi manusia.

Selain itu pada saat petir  menyambar  akan  ada  loncatan   muatan  listrik  ke  benda  yang  bersifat konduktor disekitar pusat hantaman. loncatan ini  bahkan bisa mengalir kemana- mana hingga puluhan kilometer. Untuk hal tersebut diatas diperlukan penangkal petir yang sangat baik terutama untuk gedung, fasilitas umum dan  pusat bisnis yang menghandalkan komputer atau peralatan elektronik untuk seluruh kegiatan bisnis-nya

Petir telah banyak membuat kerugian pada manusia dan kerusakan pada peralatan sejak dulu. Semakin banyaknya pemakaian alat elektronik dan peralatan tegangan  rendah  saat  ini  telah  meningkatkan  jumlah  statistik  kerusakan  yang ditimbulkan oleh pengaruh sambaran petir baik langsung maupun tidak langsung. Indonesia memiliki hari guruh yang tinggi dengan jumlah sambaran petirnya yang banyak, sehingga kerusakan dan kerugian yang ditimbulkannya pun lebih besar.

Upaya  proteksi  manusia  dan  peralatan  telah  dilakukan,  namun  dengan semakin  luas,  semakin  banyak  dan  semakin  canggihnya  peralatan  listrik  dan elektronik   yang   digunakan   menyebabkan   semakin   rumitnya   sistem   yang diperlukan. Keadaan alam iklim tropis Indonesia pada umumnya termasuk daerah dengan hari petir yang tinggi setiap tahun. Karena keterbatasan data besarnya hari petir untuk setiap lokasi di Indonesia. Pada saat ini diasumsikan bahwa di lokasi yang tinggi di atas gunung atau menara dan gedung yang menjulang tinggi ditengah-tengah area yang bebas atau dilahan terbuka seperti sawah, ladang, mempunyai kemungkinan sambaran lebih tinggi.

Tempat-tempat   dengan   tingkat   sambaran   tinggi   frekwensi   maupun intensitasnya mendapat prioritas  pertama untuk penanggulangannya,  sedangkan tempat-tempat  yang  relatif  kurang  bahaya  petirnya  mendapat  prioritas  ke  dua dengan pemasangan protektor yang lebih sederhana. Lokasi yang mempunyai nilai bisnis tinggi industri kimia, pemancar TV, Telekomunikasi,  gedung  perkantoran  dengan  sistem  perkantoran  dan  industri strategis  seperti  hankam,  bandara  udara  memerlukan  proteksi  yang  dilakukan seoptimal mungkin, sedangkan lokasi dengan nilai bisnis rendah mungkin makin sederhana   sistem   protektor   yang   akan   dipasang.

Dengan   berkembangnya teknologi  yang  sangat  pesat  hingga  kini,  maka  pelepasan  muatan  petir  dapat merusak jaringan listrik dan peralatan elektronik yang lebih sensitif.Sambaran  petir  pada  tempat  yang  jauh  sudah  mampu  merusak  sistem elektronika dan  peralatannya,  seperti  instalasi  komputer,  perangkat telekomunikasi, sistem kontrol, alat-alat pemancar dan instrument serta  peralatan  elektronik  sensitif  lainnya.

 

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

Contoh Istishab

Kuliner

Contoh Istishab             Telah terjadi perkawinan antara laki-laki A dan perempuan B, kemudian mereka berpisah dan berada di tempat yang berjauhan selama 15 tahun. Karena telah lama berpisah itu maka B ingin kawin dengan laki-laki C. Dalam hal ini B belum dapat kawin dengan C karena ia telah terikat tali perkawinan dengan A dan belum […]

Read More

Struktur Biaya- Suatu Perspektif Arus Proses

Kuliner

Struktur Biaya- Suatu Perspektif Arus Proses             Salah satu cara untuk memahami posisi DairyPak Champion di tahun 1980 adalah dengan mempelajari arus proses dari potongan-potongan kayu sampai menjadi karton Pure-Pak.             Pohon yang kemudia dijadikan potongan-potongan merupakan kombinasi dari pohon pinus dan spesies kayu keras di bagian selatan. Kedua input potongan kayu ini di campur […]

Read More
Cara berfikir sinkronik dalam mempelajari sejarah

Cara berfikir sinkronik dalam mempelajari sejarah

Kuliner

Cara berfikir sinkronik dalam mempelajari sejarah Sedangkan ilmu sosial itu sinkronik (menekankan struktur) artinya  ilmu sosial meluas dalam ruang. Pendekatan sinkronis menganalisa sesuatu tertentu pada saat tertentu, titik tetap pada waktunya. Ini tidak berusaha untuk membuat kesimpulan tentang perkembangan peristiwa yang berkontribusi pada kondisi saat ini, tetapi hanya menganalisis suatu kondisi seperti itu. Contoh : satu mungkin menggunakan pendekatan sinkronis […]

Read More