Pengertian Pengawasan

 Pengertian Pengawasan

 Pengertian Pengawasan

Tak dapat disangkal bahwa masing-masing fungsi pimpinan berhubungan erat satu sama lain. Hal ini akan lebih jelas, bila kita ingat bahwa sesungguhnya fungsi manajerial yang lima itu, yakni merencanakan, pengorganisasian, penyusunan, memberi perintah dan pengawasan adalah prosedur atau urutan pelaksanaan dalam merealisasi tujuan badan usaha. Dan fungsi pengawasan memiliki hubungan dengan fungsi manajerial lainnya yaitu membantu penilaian apakah fungsi manajerial lainnya tersebut telah dilaksanakan secara efektif atau sebaliknya. Walaupun terdapat kenyataan demikian, umumnya para ahli lebih menonjolkan hubungan erat antara perencanaan, memberi perintah, dan pengawasan.

Perencanaan berhubungan erat dengan fungsi pengawasan karena dapat dikatakan rencana itulah sebagai standar atau alat pengawasan bagi pekerjaan yang sedang dikerjakan. Demikian pula fungsi pemberian perintah berhubungan erat dengan fungsi pengawasan karena sesungguhnya pengawasan itu merupakan follow up dari perintah-perintah yang sudah dikeluarkan. Apa yang sudah diperintah haruslah diawasi, agar apa yang diperintahkan itu benar-benar dilaksanakan.

Mengingat hubungan-hubungan erat antara ketiga fungsi tersebut, maka pengawasan dapat diartikan sebagai suatu proses untuk menerapkan pekerjaan apa yang sudah dilaksanakan, menilainya, dan bila perlu mengoreksi dengan maksud supaya pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana semula.
Menurut Robert J. Mockler pengawasan manajemen adalah suatu usaha systematic untuk mmenerapkan standar pelaksanaan dengan tujuan-tujuan perencanaan, merancang system informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya, menentukan dan mengukur penyimpangan-penyimpangan, serta mengambil tindakan koreksi yang diperlukan untuk menjamin bahwa semua sumber daya perusahaan dipergunakan dengan cara paling efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan-tujuan perusahaan.

George R. Tery (2006:395) mengartikan pengawasan sebagai mendeterminasi apa yang telah dilaksanakan, maksudnya mengevaluasi prestasi kerja dan apabila perlu, menerapkan tidankan-tindakan korektif sehingga hasil pekerjaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
Robbin (dalam Sugandha, 1999 : 150) menyatakan pengawasan itu merupakan suatu proses aktivitas yang sangat mendasar, sehingga membutuhkan seorang manajer untuk menjalankan tugas dan pekerjaan organisasi.

sumber :

God of Era: Epic Heroes War (GoE) 1.0.50 Apk + Mod

You might be interested in …

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pendidikan

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Peter F Drucker Kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru dan berbeda ((ability to create the new and different). Thomas W Zimmerer Entrepreneurship adalah aplikasi kreativitas dan inovasi untuk menyelesaikan masalah dan upaya memanfaatkan peluang yang dihadapi orang setiap hari. Andrew J Dubrin Seseorang yang mendirikan dan menjalankan bisnis yang inovatif […]

Read More

AKIBAT BENCANA ANGIN TOPAN

Pendidikan

AKIBAT BENCANA ANGIN TOPAN Terjadinya Angin topan dapat berpengaruh pada bidang dan aspek-aspek tertentu sehingga mengakibatkan menggangu terhadap mobilitas dan aktifitas. Berikut ini merupakan beberapa hal dampak beberapa bidanng yang terganggu saat terjadinya angin topan, diantarany: Bidang Perhubungan Selain faktor dari perubahan iklim kecepatan angin dapat mempengaruhi jalur penerbangan. selain penerbangan, jalur transfortasi lainnya pun […]

Read More
UN Dihapus, Guru Honorer Juga Harus Paham Asesmen Kompetensi

UN Dihapus, Guru Honorer Juga Harus Paham Asesmen Kompetensi

Pendidikan

UN Dihapus, Guru Honorer Juga Harus Paham Asesmen Kompetensi Program Merdeka Belajar yang dicanangkan Mendikbud Nadiem Makarim, salah satunya perubahan model ujian nasional (UN) ke asesmen kompetensi, literasi, numerasi, dan survei karakter, yang menuntut guru harus lebih kreatif. Guru-guru harus bisa menyusun asesmen sendiri untuk melihat kemampuan anak didiknya. Aturan ini menurut Kepala Badan Penelitian […]

Read More