Pengertian Lingkungan Perusahaan

Pengertian Lingkungan Perusahaan

Perusahaan merupakan sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. (Murti Sumarni-John Soeprihanto, 2010, Pengantar Bisnis, hal:5).

Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang m empengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor eksternyang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat. (Basu Swasth & Ibnu Sukotjo, 2002, Pengantar Bisnis Modern, hal:27).

2.2.Faktor-faktor  yang mempengaruhi lingkungan perusahaan

  1. Lingkungan Fisik, Energi, dan Konservasi

Dari masalah ekonomi dan sosial, salah satu masalah yang sulit diatasi dan memerlukan biaya yang besar adalah yang berkaitan dengan masalah lingkungan fisik. Seperti di Indonesia, kota Jakarta merupakan salah satu contoh pusat kegiatan perekonomian masyarakat Indonesia yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan polusi udara dan air. Begitu juga dengan beberapa kota di Yogyakarta yang telah mengalami pencemaran air tanah dikarenakan kondisi pemukiman warga yang tidak teratur dalam penempatannya serta pembuangan limbah yang selalu dekat dengan sumber air.

Pengembangan energi nuklir sebagai sumber tenaga di Indonesia yang sedang dalam penelitian harus diperhatikan secara seksama jika memang benar-benar dilaksanakan. Agar tidak berdampak buruk dalam jangka waktu yang lama dengan munculnya penyakit-penyakit yang diakibatkan pencemaran tersebut, seperti kasus ledakan pusat listrik tenaga nuklir april 1986 di Chernobyl Uni Soviet dan kasus kebocoran pabrik pestisida Union Carbidedi Bhopal India yang menghasilkan banyak karbon yang dapat memunculkan korban jiwa karena menghirupnya.

Akhir-akhir ini memang kualitas lingkungan manusiasudah mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh kombinasi dari tiga faktor:

Ø  Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk

Ø  Perkembangan teknologi baru

Ø  Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

Contoh - Contoh Kategori Cyber Crime

Contoh – Contoh Kategori Cyber Crime

Pendidikan, Umum

Contoh – Contoh Kategori Cyber Crime 1. Dengan kekerasan atau potensial mengandung kekerasan Serangan dengan ancaman (assault by threat) : Dilakukan dengan email, dimana pelaku membuat orang takut dengan cara mengancam target atau orang yang dicintai target Penguntitan di internet (cyberstalking) : Pelecehan seksual melalui internet yang menciptakan ketidaknyamanan dapat berkembang menjadi ancaman fisik dan […]

Read More

Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca

Umum

Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca Kerajinan kain ini bisa dibuat dengan dijahit menggunakan mesin jahit ataupun tangan. Semakin kecil dan tidak teraturnya potongan kain yang disediakan, maka semakin sulit pula cara menggabungkannya. Misalnya untuk membuat kerajinan perca dengan potongan-potongan kain berbentuk segi empat. Pola yang paling sederhana yang bisa Anda buat yaitu pola seperti […]

Read More

makalah istishab

Umum

ISTISHAB Latar Belakang Masalah عروة انتقضت فكّلما عروة عروة الاسلام عرى لينقض ّ ن : قال سلم و عليه الله صّلى لله رسول عن الباهل ّ ي أمامة أبى عن احمد رواه ( ال ّ صلاة أخره ّ ن و الحكم نقضا ا ّ وله ّ ن و تليها باّلتى الّ ناس تشّ بث ” […]

Read More