Pengertian Drama

pengertian drama.

Pengertian Drama

Pengertian Drama

Pengertian DramaDrama sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu draomai yang berarti berbuat, bertindak, dan sebagainya. Kata drama dapat diartikan sebagai suatu perbuatan atau tindakan. Secara umum, pengertian drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. Pementasan naskah drama dapat dikenal dengan istilah teater. Drama juga dapat dikatakan sebagai cerita yang diperagakan di panggung dan berdasarkan sebuah naskah.

Pada umumnya, drama memiliki 2 arti, yaitu drama dalam arti luas serta drama dalam arti sempit. Pengertian drama dalam arti luas adalah semua bentuk tontonan atau pertunjukkan yang mengandung cerita yang ditontonkan atau dipertunjukkan di depan khalayak umum. Sedangkan pengertian drama dalam arti sempit ialah sebuah kisah hidup manusia dalam masyarakat yang diproyeksikan di atas panggung.

Drama merupakan karangan yang menggambarkan suatu kehidupan serta watak manusia dalam berperilaku yang dipentaskan dalam beberapa babak.

Sejarah Drama

Sejarah DramaDrama sudah menjadi tontonan sejak zaman dahulu. Nenek moyang kita sudah pernah memainkan drama sejak ribuan tahun yang lalu. Terdapat sebuah bukti tertulis yang dapat dipertanggungjawabkan yang mengungkapkan bahwa drama sudah ada pada abad kelima SM. Hal ini didasarkan pada temuan naskah drama kuno di Yunani. Penulisnya yaitu Aeschylus yang hidup antara tahun 525-456 SM. Isi ceritanya berupa persembahan kepada dewa-dewa.

Di Indonesia, sejarah lahirnya drama ini juga tidak jauh berbeda dengan kelahiran drama di Yunani. Drama di Indonesia juga diawali dengan upacara keagamaan yang diselenggarakan pada zaman dahulu oleh para pemuka agama.

You might be interested in …

Tiga Layanan Publik Kota Bogor Diganjar Penghargaan Menpan-RB

Tiga Layanan Publik Kota Bogor Diganjar Penghargaan Menpan-RB

Pendidikan

Tiga Layanan Publik Kota Bogor Diganjar Penghargaan Menpan-RB   Tiga lembaga pelayanan publik Tiga lembaga pelayanan publik di lingkungan pemerintah Kota Bogor mendapatkan penghargaan dari Menteri Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin dalam acara penyerahan penghargaan hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik 2018 di di Rafflesia Grand Ballroom, Balai Kartini, Jakarta, Selasa (27/11/2018). […]

Read More

Pengertian Pariwisata

Pendidikan

Pengertian Pariwisata Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia. Definisi yang lebih lengkap, turisme adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi, jasa keramahan, tempat tinggal, makanan, minuman, dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan, […]

Read More

Pemeriksaan kulit dan kuku

Pendidikan

Pemeriksaan kulit dan kuku Tujuan       1)     Mengetahui kondisi kulit dan kuku       2)     Mengetahui perubahan oksigenasi, sirkulasi, kerusakan jaringan setempat, dan hidrasi. Persiapan       1)     Posisi klien: duduk/ berbaring       2)     Pencahayaan yang cukup/lampu       3)      Sarung tangan (untuk lesi basah dan berair) Prosedur Pelaksanaan Pemeriksaan kulit\ Inspeksi : kebersihan, warna, pigmentasi,lesi/perlukaan, pucat, sianosis, […]

Read More