PENGARUH KEDISIPLINAN

PENGARUH KEDISIPLINAN

PENGARUH KEDISIPLINAN

PENGARUH KEDISIPLINAN

Orang yang memiliki disiplin diri yang baik akan berpengaruh terhadap perilakunya, yaitu tingkah laku, minat, pendirian, dan kemampuan yang positif. Pribadi yang disiplin sangat berhati-hati dalam mengelola pekerjaan dan penuh tanggung jawab dalam memenuhi kewajibannya. Misalnya, seorang yang disiplin tidak akan mau menyontek karena menyontek berarti menipu diri sendiri dan orang lain, tidak merokok karena dapat merusak kesehatannya, atau tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah meskipun tanpa pengawasan orangtua.

Demikian pula, orang yng disiplin akan menjalankan tugas piket, mengerjakan tugas rumah, dan berbagai tanggung jawab lainnya karena terbiasa bertanggung jawab (Rintyastini dan Charlotte, 2010: 57).

Linda dan Richard Eyre

(dalam Rintyastini dan Charlotte, 2010: 60) menjelaskan pengaruh kedisiplinan diri bagi seseorang yaitu: (1) sanggup menggerakkan dan mengatur diri serta waktu sendiri, (2) sanggup mengendalikan emosi, (3) sanggup mengendalikan nafsu.

Sebaliknya, jika orang tidak memiliki kedisiplinan akan memiliki perilaku yang negatif. Perilaku negatif sebagian remaja, pelajar, dan mahasiswa yang tidak disiplin akhir-akhir ini telah melampaui batas kewajaran karena telah menjurus pada tindak melanggar hukum, melawan hukum, melanggar tata-tertib, melanggar moral agama, krimimnal, dan telah membawa akibat yang sangat merugikan masyarakat.

Dalam hal ini, guru bertanggung jawab mengarahkan apa yang baik, dan berbuat apa yang baik, harus menjadi contoh, sabar, dan penuh pengertian. Guru harus mampu menumbuhkan disiplin dalam diri peserta didik, terutama disiplin diri.

Kepentingan Guru

Untuk kepentingan tersebut, guru harus mampu melakukan hal-hal sebagai berikut: (1) membantu peserta didik mengembangkan pola perilaku untuk dirinya, (2) membantu peserta didik meningkatkan stadar perilakunya, (3) menggunakan pelaksanaan aturan sebagai alat untuk menegakkan disiplin.

Kesimpulannya, kedisiplinan berpengaruh terhadap perilaku seseorang, yaitu tingkah laku, minat, pendirian, dan kemampuan yang positif.

Baca juga:

You might be interested in …

Pengertian Dan Karakteristik Bahan Ajar

Pengertian Dan Karakteristik Bahan Ajar

Pendidikan

Pengertian Dan Karakteristik Bahan Ajar   Pengertian Dan Karakteristik Bahan Ajar Pengertian Dan Karakteristik Bahan Ajar. Bahan ajar yang baik dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip instruksional. Seorang Guru dapat menulis sendiri bahan ajar yang ingin digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi guru juga dapat memanfaatkan buku teks atau bahan dan informasi lainnya yang sudah ada […]

Read More
CHAPTER III ANOTHER UMBRIDGE

CHAPTER III : ANOTHER UMBRIDGE

Pendidikan

CHAPTER III : ANOTHER UMBRIDGE “Wormtail!” Dengan refleks yang cepat Harry mengeluarkan tongkatnya dan mengarahkannya pada orang yang telah mengkhianati orangtuanya dan juga Sirius. “H-Harry?” Wormtail menyadari kehadiran Harry. Dia tampak lebih menyedihkan dari sebelumnya. Bajunya yang compang-camping dan kulitnya yang kotor luar biasa semakin mengidentikkan dia dengan seekor tikus. Napas Harry mulai memburu. Sekaranglah […]

Read More
Apa Itu Ideologi Politik

Apa Itu Ideologi Politik

Pendidikan

Apa Itu Ideologi Politik Apa itu ideologi?  adalah Sebuah pertanyaan mendasar yang berkaitan dengan apa yang dikemukakan oleh Heywood dalam bukunya yang berjudul Politics.  secara sederhana Heywood  berpendapat bahwa: ” Ideology is coherent set of ideas that provides a basis of organised political action..”[1] artinya bahwa ideologi  merupakan seperangkat ide/gagasan dasar dalam  melaksanakan kegiatan politik yang terorganisir. Gagasan yang diungkapkan oleh Heywood, bisa […]

Read More