Pengantar Ilmu Budaya Dasar

Pengantar Ilmu Budaya Dasar

Pengantar Ilmu Budaya Dasar

Pengantar Ilmu Budaya Dasar
Pengantar Ilmu Budaya Dasar

HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang perkembangan dari konsep dan teori budaya untuk mengkaji masalah.
Ilmu budaya dasar sama dengan istilah basic humanities. Humanities berarti manusiawi, berbudaya, dan halus. Dengan mempelajari ilmu budaya dasar diharapkan seseorang dapat menjadi orang yang lebih berbudaya, manusiawi dan lebih halus dalam berkata,berpikir, dan bersikap.
Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya yang mempelajari seni dan filsafat seperti melukis,sastra,tarian-tarian, dan lain-lain.

ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT DAN PENDIDIKAN UMUM

Sesuai dengan tujuan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu 1. Pendidikan dan pengajaran, 2. Penelitian, dan 3.pengabdian kepada masyarakat maka diadakannya program pendidikan umum. Hal ini menunjukkan bahwa manusia berhubungan erat dengan masyarakat.
Untuk itu mahasiswa disiapkan terlebih dahulu sebelum terjun langsung ke masyarakat dan agar mempunyai pikiran yang tidak membedakan budaya menurut etnis dan suku yang bisa mengakibatkan dampak negatif bagi integritas masyarakat.
Ilmu budaya dasar merupakan upaya mencapai tujuan mata kuliah dasar umum (MKDU) dan tujuan pendidikan umum. Tujuan pendidikan umum ditentukan pula oleh keberhasilan pencapaian tujuan ilmu budaya dasar.
Tujuan ilmu budaya dasar adalah mengembangkan kepribadian, kepekaan, dan wawasan mengenai kebudayaan supaya daya tangkap,persepsi, dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa bisa lebih manusiawi dan halus.

Tujuan ilmu budaya dasar diharapkan dapat :
· menajamkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya dan sosial sehingga mereka akan mudah untuk menyesuaikan diri.
· Memperluas pandangan pemikiran terhadap masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan pikiran-pikiran kritis.
· Mengarahkan mereka sebagai calon pemimpin bangsa dan negara yang peka terhadap masyarakat dan lingkungan,disiplin,kritis dengan permasalah dan ahli juga dalam bidangnya.
· Menjembatani para akademisi agar lebih mampu berdialog satu sama lain.

Ilmu Budaya Dasar Sebagai Alternatif Pemecahan Masalah Sosial Budaya

Masalah budaya adalah segala sistem atau tata nilai, sikap mental, pola berpikir, pola tingkah laku dalam semua aspek kehidupan yang tidak memuaskan masyarakat.
Dua masalah pokok yang bisa dipakai untuk pertimbangan pemecahan masalah perdebatan mengenai ruang lingkup ilmu budaya dasar :
semua masalah dalam aspek kehidupan manusia mengenai kemanusiaan dan budaya dapat diselesaikan dengan menggunakan pengetahuan budaya( the humanities), baik dari satu keahlian (disiplin) dibidagnya maupun dengan berbagai keahlian dibidangnya (interdisipliner).
hakikat manusia yang satu dengan bermacam-macam budaya sesuai dengan daerahnya dan zamannya. Manusia dalam menghadapi tekanan lingkungan,sosial dan budaya,menyebabkan perbedaan-perbedaan dalam beradaptasi.

 

PERBEDAAN ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu filsafat yang merupakan inti dari ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 yaitu:
natural sciences (ilmu alamiah) meliputi : fisika,biologi,kimia,astronomi, dan lain-lain
sosial sciences (ilmu sosial) meliputi : sejarah,geografi,sosiologi, dan lain-lain
humanities (ilmu budaya) meliputi : bahasa,agama,sastra,kesenian, dan lain-lain
Berdasarkan pernyataan diatas maka ilmu sosial dasar dan budaya dasar merupakan pengetahuan yang sudah dikembangkan dari usaha pendidikan.

Ilmu sosial dasar bukanlah merupakan gabungan dari sosial sciences karena masing-masing memiliki perbedaan objek dan metode ilmiahnya sendiri. Ilmu sosial dasar juga bukan disiplin ilmu tersendiri karena ilmu sosial dasar tidak mempunyai objek dan metode ilmiahnya sendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penelitian.

 

Perbedaan antara ilmu sosial dasar dan ilmu budaya dasar antara lain :

Ilmu sosial dasar (ISB):
ilmu sosial dasar mempelajari tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.
Memecahkan masalah-masalah tentang kehidupan bermasyarakat dan sosial melalui fakta,konsep dan teori dari sosial sciences (ilmu sosial).
Ruang lingkupnya terdiri dari :
Individu,keluarga,dan masyarakat.
Masyarakat kota dandesa
Masalah penduduk
Pelapisan social
Pemuda dan sosialisasi
Ilmu pengetahuan,teknologi,dan kemiskinan
Ilmu budaya dasar (IBD) :
Ilmu budaya dasar mempelajari tentang nilai-nilai kebudayaan berbagai masalah kehidupan yang dihadapi manusia-manusia.
Memecahkan masalah kehidupan masyarakat yang berbudaya melalui fakta,konsep, dan teori dari humanities (ilmu budaya).
Ruang lingkupnya terdiri dari :
Manusia dan pandangan hidup
Manusia dan keindahan
manusia dan keadilan
Manusia dan cinta kasih
Manusia dan tanggung jawab
Manusia dan kegelisahan
Manusia dan harapan

Sumber : https://dosen.co.id/