Penerapan kurikulum 2013 berisiko

Penerapan kurikulum 2013 berisiko

Penerapan kurikulum 2013 berisiko

Penerapan kurikulum 2013 berisiko
Penerapan kurikulum 2013 berisiko

Penerapan kurikulum 2013 dianggap berisiko jika dilakukan tanpa pembekalan pelatihan

kompetensi guru dan sosialisasi kurikulum yang memadai.

Sebab pada kurikulum baru 2013, dilakukan pendekatan tematik yang terintegrasi. Sehingga peluang salah implementasi di lapangan sangat besar tanpa kemampuan yang cukup dari tenaga pendidik, sekalipun sekolah itu adalah sekolah unggulan yang terakreditasi A.

“Cukup beresiko tanpa ada pelatihan dan sosialisasi. Tidak semua guru punya kemampuan untuk

mengintegrasikan mata pelajaran IPA dan IPS ke dalam mata pelajaran lain dengan baik. Kalau kemampuan tidak cukup maka tidak akan efektif,” ungkap Rektor UNM Prof Arismunandar, Rabu (19/6/213).

Dia mencontohkan, untuk muatan SD saja, guru harus bisa memasukkan mata pelajaran IPA ke dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang disajikan melalui satu tema menarik .

Karena itu, jika Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar tetap akan menerapkan kurikulum tersebut, maka harus berinisitiaf mengambil alih pelatihan guru dan sosialisi tanpa bertumpu pada komando dari pusat.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Makassar Mahmud BM mengatakan, penerapan sistem kurikulum baru

di Kota Makassar telah memasuki tahap verifikasi atau peninjauan persiapan sekolah pada penerapannya, dengan melihat buku paket bagi sekolah yang menjadi percontohan.

Adapun sekolah yang ditunjuk sebagai pilot project adalah semua sekolah eks. RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) daris etiap tingkatan.

Sekolah unggulan atau yang eks RSBI akan dijadikan sebagai pilot projek, hal ini karena persiapan juga harus matang, baik dari Kepala Sekolah, Guru dan buku panduannya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi pengembangan Kurikulum Dinas Pendidikan Makassar Bahrun menjelaskan jika Disdik Makassar sudah melakukan sosialisasi dari awal serta terus melakukan pendampingan.

“Penerapan kurikulum baru memerlukan proses panjang, mungkin kurikulum ini akan tuntas diterapkan di semua sekolah pada tahun 2015 nantinya,” katanya

 

Baca Juga :

 

 

 

You might be interested in …

Sekilas Tentang Media Sosial Facebook

Sekilas Tentang Media Sosial Facebook

Pendidikan

Sekilas Tentang Media Sosial Facebook Pengertian dan Sejarah Facebook Facebook dalam wikpedia.org adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada awalnya facebook disebut The Facebook dan dimulai sebagai sebuah website hasil hobi karya salah seorang mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zuckerberg. Pertama kali didirikan pada tanggal 4 Februari […]

Read More
Tolak Full Day School, Pengurus PBNU Ngadu ke Wapres JK

Tolak Full Day School, Pengurus PBNU Ngadu ke Wapres JK

Pendidikan

Tolak Full Day School, Pengurus PBNU Ngadu ke Wapres JK Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj diterima Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk memberikan pandangan terkait kebijakan lima hari sekolah atau full day school. Kebijakan yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy ini kini tengah menjadi sorotan dan polemik. Kepada […]

Read More

 Realis

Pendidikan

 Realis Realisme pada umumnya adalah aliran seni yang berusaha untuk mencapai kenyataan dengan ilusi, tentu saja pengambaran kenyataan dalam sebuah seni belum pasti sama dengan yang nyata, kejadian yang sebenarnya terjadi bertahun-tahun namun digambarkan beberapa jam saja, harus berfantasi dan memilih isi-isi pokok-pokok yang penting, melalui karya seorang yang aliran realis mencapai pokok-pokok pada suatu […]

Read More