Pendidikan Jasmani Buahkan Prestasi

Pendidikan Jasmani Buahkan Prestasi

Pendidikan Jasmani Buahkan Prestasi

Pendidikan Jasmani Buahkan Prestasi
Pendidikan Jasmani Buahkan Prestasi

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat,

” ungkapan tersebut menyiratkan pentingnya olahraga di mata Wakil Kepala Sekolah SMAN 13 Bandung, Hari Wibisono. Bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 35 yang jatuh pada tanggal 9 September, ia yang merupakan salah seorang wasit pencaksilat di Asean Games 2018 tersebut mengungkapkan betapa pentingnya pendidikan jasmani bagi para siswa.

“Dengan berolahraga, badan kita bergerak, seluruh organ tubuh dan otot juga bergerak, itu akan membawa dampak baik bagi tubuh. Peredaraan darah akan lebih lancar dan panca indera pun akan lebih cekatan,” tuturnya saat ditemui di SMAN 13 Bandung, Jalan Raya Cibeureum No. 52, Cempaka, Andir, Kota Bandung, Senin, 10 September 2018.

Kemudian Hari menuturkan, setelah membiasakan diri untuk berolahraga,

itu akan sangat menunjang bakat dan minat siswa di bidang olahraga yang lebih spesifik. “Dengan membiasakan olahraga, ini akan menunjang prestasi di cabang olahraga yang mereka minati, seperti sepakbola, silat, basket dan olahraga lainnya,” ungkap guru kelahiran 17 Januari 1960 tersebut.

Pun, aktivitas olahraga dapat membuat daya tangkap siswa di kelas menjadi lebih cekatan karena kondisi fisik mereka yang lebih siap untuk berkonsentrasi. “Aktivas olahraga dapat membuat tenaga menjadi lebih besar dan lebih konsentrasi. Ini berbeda jika kita setiap harinya terpaku duduk kurang lebih 8 jam, itu akan membuat tubuh kita lelah,” katanya.

Berpestasi lewat olahraga

Ada banyak jalur untuk menjadi siswa berprestasi, salah satunya lewat jalur olahraga

. Bahkan atlet kelas dunia saat ini, tak sedikit yang mengawali karirnya saat sedang mengikuti olimpiade olahraga saat di bangku Sekolah. Jonathan Crhistie, peraih emas bulu tangkis tunggal putra di asean games 2018 tersebut tercium potensinya saat ia memenangi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2008 silam. Maka, memfokuskan diri dalam  bidang olahraga menjadi hal penting untuk mengembangkan potensi. “Itu menjadi penting buat siswa, karena lewat olahraga mereka bisa berprestasi juga,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://icanhasmotivation.com/doa-sebelum-belajar/

You might be interested in …

Sila Persatuan Indonesia 

Pendidikan

Sila Persatuan Indonesia  Dengan dasar kebangsaan (nasionalisme) dimaksudkan bahwa bangsa Indonesia seluruhnya harus memupuk persatuan yang erat antara sesama warga, tanpa membeda-bedakan suku atau golongan serta berdasarkan satu tekad yang bulat dan satu cita-cita bersama. Prinsip kebangsaan itu merupakan ikatan yang erat antara golongan dan suku bangsa. Paham kebangsaan kita adalah satu dasar kebangsaan yang […]

Read More

Proses Perjalanan Pancasila menuju Era Globalisasi

Pendidikan

Proses Perjalanan Pancasila menuju Era Globalisasi Pancasila terlahir dalam nuansa perjuangan dengan melihat pengalaman dan gagasan-gagasan bangsa lain, tetapi tetap berakar pada kepribadian dan gagasan-gagasan bangsa Indonesia sendiri. Oleh sebab itu, Pancasila bisa diterima sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Sejarah telah mencatat, kendati bangsa Indonesia pernah memiliki tiga kali pergantian UUD, tetapi rumusan Pancasila tetap […]

Read More
HSNI Akan Dirikan Koperasi

Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Akan Dirikan Koperasi

Pendidikan

Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Akan Dirikan Koperasi   BANDUNG Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) berinisiasi untuk mendirikan koperasi sendiri, yaitu Koperasi Konsumen Sundapa Jaya Perkasa. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa yang juga Ketua Dewan Pembina HSNI Jawa Barat menyambut baik dan berpesan agar seluruh pengurus dapat mengutamakan amanah. Menurut Iwa Berdasarkan indikator keberhasilan […]

Read More