Pemeriksaan fisik.

Pemeriksaan fisik.

(1)    Kepala dan leher.

Terdapat adanya cloasma gravidarum, terkadang adanya pembengkakan pada kelopak mata, konjungtiva kadang pucat, sklera kuning, hiperemis ataupun normal, hidung ada polip atau tidak, caries pada gigi, stomatitis, pembesaran kelenjar. ( Depkes RI, 19993: 69).

(2)    Dada.

Terdapat adanya pembesaran pada payudara, adanya hiperpigmentasi areola dan papila mamae serta ditemukan adanya kolustrum. ( Depkes RI, 1993: 69).

(3)    Perut.

Adanya pembesaran pada perut membujur, hyperpigmentasi linea alba / nigra, terdapat striae gravidarum. ( Depkes RI, 1993: 70).

Palpasi : usia kehamilan aterm 3 jari bawah prosesus xypoideus, usia kehamilan prematur pertengahan pusat dan prosesus xypoideus, punggung kiri / punggung kanan , letak kepala, sudah masuk PAP atau belum. Adanya his yang makin lama makin sering dan kuat. (Cristina’s Ibrahim, 1993,: 7).

Auskultasi : ada / tidaknya DJJ,frekwensi antara 140 – 160 x / menit . (Depkes RI, 1993: 75).

(4)    Genetalia

Pengeluaran darah campur lendir, pengeluaran  air ketuban. Bila terdapat pengeluaran mekonium yaitu feses yang dibnetuk anak dalam kandungan, menandakan adannya kelainan letak anak. (Cristina’s Ibrahim, 1993,:50).

Pemeriksaan dalam untuk  mengetahui jauhnya dan kemajuan persalinan, keadaan servic, panggul serta keadaan jalan lahir.(Depkes RI, 1993: 76).

(5)    Ekstremitas.

Pemeriksaan udema untuk melihat kelainan-kelainan karena membesarnya uterus, karena pre eklamsia atau karena karena penyakit jantung / ginjal. (Cristina’s Ibrahim, 1993,:47). Ada varices pada ekstremitas bagian bawah karena adanya penekanan dan pembesaran uterus yang menekan vena abdomen (Sharon J Reeder Et all, 1987: 412).

3)     Pemeriksaan penunjang.

Pemeriksaan darah meliputi haemoglobin, faktor Rh, Jenis penentuan, waktu pembekuan, hitung darah lengkap, dan kadang-kadang pemeriksaan serologi untuk sifilis. (Persis Mary Hamilton, 1995: 151).

Sumber: https://newsinfilm.com/

You might be interested in …

NEW UNIQUE WAY OF INDONESIAN TO BE

Umum

NEW UNIQUE WAY OF INDONESIAN TO BE Despite multidimensional crisis that Indonesian has been facing for about 13 years, many Indonesian people now look so wealthy. In the street, so many luxury cars come and go, showing how many people can afford such an expensive property. Besides, real-estate has spread all over the country, telling […]

Read More

pemerintah Indonesia telah berupaya untuk mengembalikan naskah-naskah tradisional Indonesia

Umum

Naskah Nusantara Ternyata naskah-naskah Nusantara yang berada di negara-negara Eropa jumlahnya sangat banyak, hal ini bisa disebabkan oleh Indonesia pernah dijajah oleh kekuatan besar di Eropa seperti Belanda dan Inggris. Berbagai bentuk naskah, barang arkeologi, hingga dokumen yang berasal dari seluruh Indonesia sebagian besar “mondhok” di negara tersebut. Sebenarnya pemerintah Indonesia telah berupaya untuk mengembalikan […]

Read More
PENGERTIAN KATA BILANGAN (NUMERALIA) DAN JENIS-JENISNYA

PENGERTIAN KATA BILANGAN (NUMERALIA) DAN JENIS-JENISNYA

Umum

PENGERTIAN KATA BILANGAN (NUMERALIA) DAN JENIS-JENISNYA Pengertian Kata Bilangan (numerlia): Kata bilangan  (numeralia) adalah kata yang digunakan untuk menghitung banyaknya sesuatu (baik berupa benda, orang, binatang, barang maupun konsep). Dalam bahasa Indonesia, Kata bilangan (numeralia) dikelompokkan menjadi dua jenis. Dua jenis kata bilangan tersebut adalah kata bilangan takrif dan kata bilangan tak takrif. Selengkapnya kita […]

Read More