Pemeriksaan fisik.

Pemeriksaan fisik.

(1)    Kepala dan leher.

Terdapat adanya cloasma gravidarum, terkadang adanya pembengkakan pada kelopak mata, konjungtiva kadang pucat, sklera kuning, hiperemis ataupun normal, hidung ada polip atau tidak, caries pada gigi, stomatitis, pembesaran kelenjar. ( Depkes RI, 19993: 69).

(2)    Dada.

Terdapat adanya pembesaran pada payudara, adanya hiperpigmentasi areola dan papila mamae serta ditemukan adanya kolustrum. ( Depkes RI, 1993: 69).

(3)    Perut.

Adanya pembesaran pada perut membujur, hyperpigmentasi linea alba / nigra, terdapat striae gravidarum. ( Depkes RI, 1993: 70).

Palpasi : usia kehamilan aterm 3 jari bawah prosesus xypoideus, usia kehamilan prematur pertengahan pusat dan prosesus xypoideus, punggung kiri / punggung kanan , letak kepala, sudah masuk PAP atau belum. Adanya his yang makin lama makin sering dan kuat. (Cristina’s Ibrahim, 1993,: 7).

Auskultasi : ada / tidaknya DJJ,frekwensi antara 140 – 160 x / menit . (Depkes RI, 1993: 75).

(4)    Genetalia

Pengeluaran darah campur lendir, pengeluaran  air ketuban. Bila terdapat pengeluaran mekonium yaitu feses yang dibnetuk anak dalam kandungan, menandakan adannya kelainan letak anak. (Cristina’s Ibrahim, 1993,:50).

Pemeriksaan dalam untuk  mengetahui jauhnya dan kemajuan persalinan, keadaan servic, panggul serta keadaan jalan lahir.(Depkes RI, 1993: 76).

(5)    Ekstremitas.

Pemeriksaan udema untuk melihat kelainan-kelainan karena membesarnya uterus, karena pre eklamsia atau karena karena penyakit jantung / ginjal. (Cristina’s Ibrahim, 1993,:47). Ada varices pada ekstremitas bagian bawah karena adanya penekanan dan pembesaran uterus yang menekan vena abdomen (Sharon J Reeder Et all, 1987: 412).

3)     Pemeriksaan penunjang.

Pemeriksaan darah meliputi haemoglobin, faktor Rh, Jenis penentuan, waktu pembekuan, hitung darah lengkap, dan kadang-kadang pemeriksaan serologi untuk sifilis. (Persis Mary Hamilton, 1995: 151).

Sumber: https://newsinfilm.com/

You might be interested in …

Kasus Prita Mulyasari vs RS Omni dan Internet Marketing (kasus perlinungan konsumen)

Kasus Prita Mulyasari vs RS Omni dan Internet Marketing (kasus perlinungan konsumen)

Umum

Kasus Prita Mulyasari vs RS Omni dan Internet Marketing (kasus perlinungan konsumen)     Kasus Prita Mulyasari vs RS Omni dan Internet Marketing Media televisi telah gencar beritakan kasus seorang ibu 2 anak yang kecewa dengan pelayanan RS. Omni (Rumah Sakit Omni Internasional). Rasa kecewa itu ditumpahkan (curhat) melalui email dan disebarkan melalui mailing list. […]

Read More
Manfaat Wortel Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Wortel Untuk Kecantikan Kulit

Umum

Manfaat Wortel Untuk Kecantikan Kulit Wortel ialah salah satu makanan detoksifikasi yang bisa mesterilkan serta menata ketidakseimbangan dalam badan. guna wortel yang diyakini bisa menambah daya pandangan pula boleh jadi benar betul. Wortel ialah bangunan beta-karoten, yang berarti buat mendukung skema kekuatan, skema penghancuran, saluran pernapasan, bersama membentuk gigi, rambut, serta tulang yang tangguh. beta-karoten […]

Read More
Puisi Terbaru Untuk Ibu

Puisi Terbaru Untuk Ibu

Umum

Puisi Terbaru Untuk Ibu Seorang ibu adalah Orang tua perempuan dari seorang anak, Baik melaluui hubungan biologis maupun di segi sosial. Pada umumnya seorang ibu memiliki peranan yang sangat penting dalam membesarkan Anak-anaknya, Panggilan bunda dan mama adalah sebutan lain untuk seorang ibu, Pemanggilan ibu dengan sebutan Mama telah menjadi hal yang telah umum bagi […]

Read More