Metode Layanan Informasi

Metode Layanan Informasi

Metode Layanan Informasi

Metode Layanan Informasi

Menurut Prayitno &Erman Amti (2004:269-271)

Pemberian informasi kepada siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut:

1)      Ceramah

Ceramah merupakan metode pemberian informasi yang paling sederhana, mudah dan murah, dalam arti bahwa metode ini dapat dilakukan hampir oleh setiap petugas bimbingan disekolah.

2)      Diskusi

Penyampaian informasi pada siswa dapat dilakukan melalui diskusi. Diskusi semacam ini dapat diorganisasikan baik oleh siswa sendiri mapun oleh konselor, atau guru.

3)      Karya Wisata

Dalam bidang konseling karyawisata mempunyai dua sumbangan pokok. Pertama, membantu siswa belajar dengan menggunakan berbagai sumber yang ada dalam masyarakat yang dapat menunjang perkembangan mereka. Kedua, memungkinkan diperolehnya informasi yang dapat membantu pengembangan sikap-sikap terhadap pendidikan, pekerjaan dan berbagai masalah dalam masyarakat.

 

Buku panduan

Buku-buku panduan (seperti buku panduan sekolah atau perguruan tinggi, buku panduan kerja bagi karyawan) dapat membantu siswa dalam mendapatkan informasi yang berguna.

 

Konferensi karier

Selain melalui teknik-teknik yang diutarakan diatas, penyampaian informasi kepada siswa dapat juga dilakukan melalui konferensi karier. Dalam konferensi karier para nara sumber dari kelompok-kelompok usaha, jawatan atau dinas lembaga pendidikan, dan lain-lain yang diundang, mengadakan penyajian berbagai aspek program pendidikan  dan latihan/pekerjaan yang diikuti oleh para siswa.

Sedangkan menurut Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang (1993: 82) menjelaskan bahwa teknik yang digunakan dalam layanan informasi adalah sebagai berikut:

1)      Ceramah

2)      Diskusi atau Tanya jawab

3)      Bacaan buku, selebaran dan brosur

4)      Gambar, slide, pemutaran film

5)      Karyawisata

6)      Melalui mata pelajaran tertentu

7)      Melalui kelas khusus

8)      Hari karier

9)      Hari perguruan tinggi

10)  Wawancara dalam rangka konseling

Dari berbagai jenis metode yang digunakan dalam pemberian layanan informasi maka dalam penelitian ini metode yang akan digunakan adalah ceramah, diskusi/tanya jawab dan audio visual.


Sumber: https://appbrain.co.id/

You might be interested in …

Perkembangan Telematika di Indonesia

Perkembangan Telematika di Indonesia

Pendidikan

Perkembangan Telematika di Indonesia Di Indonesia, perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan perkembangannya di masyarakat, yaitu : 1. Periode Rintisan (akhir tahun 1970-an – akhir tahun 1980-an) Periode Rintisan di Indonesia terhadap Timor Portugis, peristiwa Malari, Pemilu tahun 1977, pengaruh Revolusi Iran, dan ekonomi yang baru ditata pada awal pemerintahan Orde Baru, melahirkan akhir tahun […]

Read More
Pengertian Ruang terbuka hijau (RTH)

Pengertian Ruang terbuka hijau (RTH)

Pendidikan

Pengertian Ruang terbuka hijau (RTH)       Pengertian Ruang terbuka hijau (RTH) Pengertian Ruang terbuka hijau (RTH). RTH merupakan bagian penting dari struktur pembentuk kota yang memiliki fungsi utama sebagai fungsi ekologis, terutama sebagai penghasil oksigen dan sebagai kawasan resapan air. Dalam UU No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang ditetapkan luas RTH minimal […]

Read More
Disdik Jabar Gelar Halalbihalal

Disdik Jabar Gelar Halalbihalal

Pendidikan

Disdik Jabar Gelar Halalbihalal Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika menggelar acara halalbihalal bersama seluruh aparatur sipil negara (ASN) Disdik Jabar di Halaman Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Senin (10/6/2019). Dalam momentum tersebut, Kadisdik mengajak seluruh ASN agar mampu istikamah dalam menjalankan ibadah. “Semoga bulan Ramadan ini […]

Read More