Metode Layanan Informasi

Metode Layanan Informasi

Metode Layanan Informasi

Metode Layanan Informasi

Menurut Prayitno &Erman Amti (2004:269-271)

Pemberian informasi kepada siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut:

1)      Ceramah

Ceramah merupakan metode pemberian informasi yang paling sederhana, mudah dan murah, dalam arti bahwa metode ini dapat dilakukan hampir oleh setiap petugas bimbingan disekolah.

2)      Diskusi

Penyampaian informasi pada siswa dapat dilakukan melalui diskusi. Diskusi semacam ini dapat diorganisasikan baik oleh siswa sendiri mapun oleh konselor, atau guru.

3)      Karya Wisata

Dalam bidang konseling karyawisata mempunyai dua sumbangan pokok. Pertama, membantu siswa belajar dengan menggunakan berbagai sumber yang ada dalam masyarakat yang dapat menunjang perkembangan mereka. Kedua, memungkinkan diperolehnya informasi yang dapat membantu pengembangan sikap-sikap terhadap pendidikan, pekerjaan dan berbagai masalah dalam masyarakat.

 

Buku panduan

Buku-buku panduan (seperti buku panduan sekolah atau perguruan tinggi, buku panduan kerja bagi karyawan) dapat membantu siswa dalam mendapatkan informasi yang berguna.

 

Konferensi karier

Selain melalui teknik-teknik yang diutarakan diatas, penyampaian informasi kepada siswa dapat juga dilakukan melalui konferensi karier. Dalam konferensi karier para nara sumber dari kelompok-kelompok usaha, jawatan atau dinas lembaga pendidikan, dan lain-lain yang diundang, mengadakan penyajian berbagai aspek program pendidikan  dan latihan/pekerjaan yang diikuti oleh para siswa.

Sedangkan menurut Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang (1993: 82) menjelaskan bahwa teknik yang digunakan dalam layanan informasi adalah sebagai berikut:

1)      Ceramah

2)      Diskusi atau Tanya jawab

3)      Bacaan buku, selebaran dan brosur

4)      Gambar, slide, pemutaran film

5)      Karyawisata

6)      Melalui mata pelajaran tertentu

7)      Melalui kelas khusus

8)      Hari karier

9)      Hari perguruan tinggi

10)  Wawancara dalam rangka konseling

Dari berbagai jenis metode yang digunakan dalam pemberian layanan informasi maka dalam penelitian ini metode yang akan digunakan adalah ceramah, diskusi/tanya jawab dan audio visual.


Sumber: https://appbrain.co.id/

You might be interested in …

SMP YTM Galakkan Program Bebersih

SMP YTM Galakkan Program Bebersih

Pendidikan

SMP YTM Galakkan Program Bebersih Kepala SMP YTM Bogor, Tetik Pur­wati, mengatakan, saat ini pi­haknya tengah menggalakkan Program Bebersih di lingkungan sekolahnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan asri. “Kita lakukan agar pe­serta didik nyaman saat melaks­anakan kegiatan belajar,” ka­tanya. Menurut dia, sekolah itu merupakan rumah kedua bagi siswa. Untuk itu, […]

Read More
Jenis Penyimpanan Magnetic

Jenis Penyimpanan Magnetic

Pendidikan

Jenis Penyimpanan Magnetic ·         Floppy Disk o   Media penyimpan data yang paling banyak dipakai pada mikrokomputer. o   Mempunyai notch (tekukan atau lubang) yang berfungsi untuk mencegah penulisan ke disket, atau untuk melindungi data. o   Perlindungan data dalam disket floppy dinamai write protection. Disket yang dilindungi dengan write protection […]

Read More
HIMA PBSI FKIP UIR Gelar Bulan Bahasa 2018

HIMA PBSI FKIP UIR Gelar Bulan Bahasa 2018

Pendidikan

HIMA PBSI FKIP UIR Gelar Bulan Bahasa 2018 Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru menaja perhelatan akbar Bulan Bahasa UIR setiap tahunnya. Bulan Bahasa 2018 bertemakan: “Cintai Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Benteng Persatuan Bangsa”. Bulan Bahasa 2018 berbeda dengan tahun-tahun […]

Read More