Menristekdikti sebut perlu adanya standardisasi kopi Sidikalang

Menristekdikti sebut perlu adanya standardisasi kopi Sidikalang

Menristekdikti sebut perlu adanya standardisasi kopi Sidikalang

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan perlu adanya standarisasi kopi Sidikalang yang berasal dari Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

“Dairi memiliki potensi hasil pertanian dan juga perkebunan

, salah satunya adalah kopi Sidikalang yang terkenal itu. Nah, bagaimana pengemasan maupun cita rasa kopinya harus sama atau dengan kata lain ada standar mutunya,” ujar Menristekdikti usai melakukan peresmian rintisan “Science Techno Park (STP)” di Sidikalang, Sabtu.

Rasa kopi harus sama, meskipun merk kopi itu bermacam-macam. Menurut dia hal itu perlu dilakukan agar kopi Sidikalang semakin terkenal.

Dia menambahkan dalam hal ini perlu adanya inkubasi yang mewadahi Usaha Kecil Menengah (UKM) di kabupaten itu. Oleh karena itu, katanya, perlu adanya STP di daerah itu yang akan melakukan inkubasi terhadap potensi di daerah itu.

Dengan STP, semua usaha kecil bisa memanfaatkan teknologi. Tidak mungkin ekonomi bergerak tanpa memanfaatkan teknologi, ujarnya.
Baca juga: Kemenristekdikti : Ada 22 “Science Techno Park” pada 2019

Dalam kesempatan itu, Nasir juga berpesan agar Pemerintah Kabupaten

Dairi membangun perguruan tinggi terlebih dahulu, sebelum membangun STP. Menurut dia, STP sulit maju tanpa adanya perguruan tinggi di daerah itu.

“Satu-satunya STP berjalan dengan baik dengan adanya inovasi. Oleh karena itu, perlu adanya perguruan tinggi di daerah itu untuk melakukan riset,” kata dia.

Selain perguruan tinggi, untuk membangun STP diperlukan komitmen pemerintah daerah

( Pemda) agar dapat berjalan baik. Juga perlu kerja sama dengan dunia industri.

“Kerja sama antara perguruan tinggi, pemerintah dan juga industri ini sangat penting dalam keberlangsungan STP ke depan.”

 

Baca Juga :

You might be interested in …

Vivo berhasil uji coba 5G dengan modifikasi NEX S

Teknologi

Vivo berhasil uji coba 5G dengan modifikasi NEX S Kurang dari sebulan setelah Oppo sukses uji coba modem 5G, brand smartphone lain di bawah BBK Electronics, Vivo, mengumumkan telah melakukan pencapaian serupa. Dalam pesan pers, dikutip dari GSM Arena, Selasa WIB, Vivo menyatakan bahwa mereka mengembangkan smartphone 5G dengan memodifikasi Vivo NEX S yang terbaru […]

Read More

Asus ROG II bakal pakai Snapdragon 855 Plus

Teknologi

Asus ROG II bakal pakai Snapdragon 855 Plus ROG, lini ponsel gaming dari Asus, akan menjadi ponsel game perdana yang memakai chip terbaru buatan Qualcomm, Snapdragon 855 Plus. “Snapdragon 855 Plus akan menambah kepuasan para gamer karena performa CPU dan GPU meningkat,” kata VP Product Management Qualcomm, Kedar Kondap, dikutip dari laman Phone Arena, Rabu. […]

Read More
Cara Kerja Ponsel GPS

Cara Kerja Ponsel GPS

Teknologi

Cara Kerja Ponsel GPS Penjelasan GPS Saat ini di pasaran banyak beredar ponsel dengan fitur GPS yang terintegrasi. Ponsel kenamaan seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola sudah menanamkan fitur GPS pada produk keluaran terbarunya. Namun tahukah kamu bagaimana cara kerja dan manfaat dari Ponsel GPS ini? Bayangkan ketika kamu akan menghadiri test wawancara kerja di […]

Read More