Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku

Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku

Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku

Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku
Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Central Connecticut State University,

Indonesia adalah negara dengan literasi terendah kedua di dunia dalam daftar 61 negara terukur. Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2017, masih ada lebih dari 200.000 anak yang putus sekolah.

Selain itu, Indonesia masih memiliki tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah dengan 70,81 IPM yang menempatkan Indonesia di peringkat ke-116 dari 189 negara dalam hal kualitas hidup dan pendidikan.

Menanggapi keadaan tersebut, UCWeb akan bermitra dengan Rumah Literasi Indonesia, organisasi nirlaba yang secara aktif terlibat dalam meningkatkan kualitas literasi Indonesia.

Untuk memenuhi misinya, UCWeb dan Rumah Literasi Indonesia akan berkolaborasi dalam kampanye untuk mendorong pemerataan distribusi buku di masyarakat.

Mengatasi kesenjangan akses anak-anak untuk membaca dan membawa pengetahuan

yang lebih baik terutama untuk anak-anak dan remaja di beberapa daerah yang kurang berkembang di Banyuwangi, Jawa Timur.

Proyek ini akan mendistribusikan materi di beberapa daerah terpencil di wilayah ini termasuk Desa Gunung Remuk Ketapang, Kalipuro, Rogojampi, Lateng, Kalibaru, Ketapang, Gitik Rogojampi, Margomulyo, Tegal Besar, dan Tamanan.

Tunggul Harwanto, Project Leader Rumah Literasi Indonesia mengungkapkan kebiasaan literasi

harus dibangun pada tahap awal, dimana seorang anak sedang berada di masa penting dalam mengembangkan keterampilan kognitif dan kebiasaan mereka.

“Hasil penelitiannya bahwa hanya dua dari 10 anak yang tertarik membaca. Delapan dari mereka masih sangat asing dengan kebiasaan ini, akibat dari kurangnya bahan baca tulis di rumah atau lingkungan mereka,” jelas Tunggul pada penyerahan donasikan 10.000 dalam rangka memperingati 9.5 Philanthropy Week oleh UCWeb bersama Project Leader Rumah di Jakarta, Kamis (5/9).

Bahan bacaan untuk anak-anak sulit diperoleh, sehingga orangtua juga mengalami kesulitan untuk memperkenalkan kebiasaan ini kepada anak-anak mereka.

 

Sumber :

https://www.colcampus.com/eportfolios/1334/Home/6_Characteristics_and_Examples_of_PlantLike_Protists

You might be interested in …

Program Kerja

Program Kerja

Pendidikan

Program Kerja Pergerakan yang dilakukan dalam upaya penegakan HAM di Indonesia dapat digolongkan dalam lima aksi, yaitu: 1. Prevensi Viktimisasi dalam Politik Kekerasan Upaya bersifat preventif untuk melindungi kepentingan masyarakat dari adanya kecenderungan yang menempatkan bagian-bagian dalam masyarakat sebagai sasaran dan korban politik kekerasan yang dilakukan oleh negara dan atau kekuatan-kekuatan besar lain yang potensial […]

Read More
Perkembangan Peradaban Islam di Andalusia

Perkembangan Peradaban Islam di Andalusia

Pendidikan

Perkembangan Peradaban Islam di Andalusia 1.Perkembangan Pembangunan Kemajuan Bani Umayyah di Andalusia diraih pada masa pengganti Abd al-Rahman al-Dakhil. Kemajuan Kordova ditandai dengan pembangunan yang megah diantaranya: 1. al-Qashr al-Kabir , kota satelit yang didalamnya terdapat gedung-gedung istana megah. 2. Rushafat, istana yang dikelilingi oleh taman yang di sebelah barat laut Cordova. 3. Masjid jami’ […]

Read More

Kependudukan

Pendidikan

Kependudukan Sampai kini belum ada orang yang tahu dengan tepat sejak kapan manusia pertama mendiami bumi ini, orang hanya mampu menaksir sejak kapan manusia mampu membuat alat-alat batu, yang dikenal sebagai zaman batu. Pada zaman itu sekitar 8.000-7.000 tahun sebelum Isa Al-Masih, diperkirakan jumlah penduduk bumi antara 5-10 juta orang (IKIP, 1988 : 46). Dalam […]

Read More