Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku

Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku

Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku

Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku
Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Central Connecticut State University,

Indonesia adalah negara dengan literasi terendah kedua di dunia dalam daftar 61 negara terukur. Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2017, masih ada lebih dari 200.000 anak yang putus sekolah.

Selain itu, Indonesia masih memiliki tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah dengan 70,81 IPM yang menempatkan Indonesia di peringkat ke-116 dari 189 negara dalam hal kualitas hidup dan pendidikan.

Menanggapi keadaan tersebut, UCWeb akan bermitra dengan Rumah Literasi Indonesia, organisasi nirlaba yang secara aktif terlibat dalam meningkatkan kualitas literasi Indonesia.

Untuk memenuhi misinya, UCWeb dan Rumah Literasi Indonesia akan berkolaborasi dalam kampanye untuk mendorong pemerataan distribusi buku di masyarakat.

Mengatasi kesenjangan akses anak-anak untuk membaca dan membawa pengetahuan

yang lebih baik terutama untuk anak-anak dan remaja di beberapa daerah yang kurang berkembang di Banyuwangi, Jawa Timur.

Proyek ini akan mendistribusikan materi di beberapa daerah terpencil di wilayah ini termasuk Desa Gunung Remuk Ketapang, Kalipuro, Rogojampi, Lateng, Kalibaru, Ketapang, Gitik Rogojampi, Margomulyo, Tegal Besar, dan Tamanan.

Tunggul Harwanto, Project Leader Rumah Literasi Indonesia mengungkapkan kebiasaan literasi

harus dibangun pada tahap awal, dimana seorang anak sedang berada di masa penting dalam mengembangkan keterampilan kognitif dan kebiasaan mereka.

“Hasil penelitiannya bahwa hanya dua dari 10 anak yang tertarik membaca. Delapan dari mereka masih sangat asing dengan kebiasaan ini, akibat dari kurangnya bahan baca tulis di rumah atau lingkungan mereka,” jelas Tunggul pada penyerahan donasikan 10.000 dalam rangka memperingati 9.5 Philanthropy Week oleh UCWeb bersama Project Leader Rumah di Jakarta, Kamis (5/9).

Bahan bacaan untuk anak-anak sulit diperoleh, sehingga orangtua juga mengalami kesulitan untuk memperkenalkan kebiasaan ini kepada anak-anak mereka.

 

Sumber :

https://www.colcampus.com/eportfolios/1334/Home/6_Characteristics_and_Examples_of_PlantLike_Protists

You might be interested in …

Keuntungan Perancangan antar muka grafis

Keuntungan Perancangan antar muka grafis

Pendidikan

Keuntungan Perancangan antar muka grafis 1. Antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik. Hasil rancangan sementara dapat dibuat prototipe dan diimplementasikan, bahkan sebelum aplikasinya ditulis. Perubahan yang diinginkan pengguna dapat segera dilakukan karena antarmukanya mudah dimodifikasi. Sebuah aplikasi dapat mempunyai lebih dari sebuah antarmuka. Sejumlah aplikasi yang berbeda dapat mempunyai antarmuka yang konsisten, karena mereka dapat […]

Read More
Tahapan Siklus Daur Nitrogen

Tahapan Siklus Daur Nitrogen

Pendidikan

Tahapan Siklus Daur Nitrogen 1. Petir Petir mempunyai energi yang sangat besar yang bisa dipakai untuk memecah N di atmosfer sehingga bisa bereaksi dengan oksigen dan membentuk nitrat (NO3). Nitrat (NO3) jatuh ke tanah dengan air hujan dalam siklus air sehingga menjadi nutrisi penting dalam menunjang kesuburan tanaman. 2. Fiksasi Ada beberapa basil yang mempunyai […]

Read More
Kurikulum 2013 untuk Siapa

Kurikulum 2013 untuk Siapa?

Pendidikan

Kurikulum 2013 untuk Siapa? Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang di bentuk pemerintah untuk menggantikan Kurikulum sebelumnya yaitu KTSP 2006. Yang pada tahun 2013 sudah dilakukan percobaan di beberapa Sekolah pilihan dan rencananya pada tahun 2014, Kurikulum 2013 tersebut akan di terapkan di Semua Sekolah di Seluruh Indonesia. Dan benar saja, pada tahun […]

Read More