MEMORI EKSTERNAL

MEMORI EKSTERNAL

MEMORI EKSTERNAL

MEMORI EKSTERNAL
Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Hardisk, Floppy Disk dll. Hubungan antara Chace Memori, Memori Utama dan Konsep dasar memori eksternal adalah : Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak. Memori eksternal biasa disebut juga memori eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. Memori eksternal mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

a)      Faktor- Faktor

—  Kebutuhan akan memori utama saja tidak mencukupi maka diperlukan peralatan tambahan untuk menyimpan data yang lebih besar dan dapat dibawa kemana-mana.
—  Semakin besarnya peralatan penyimpanan maka dengan sendirinya akan mempengaruhi waktu pemrosesan data.
b)      Kategori Media Penyimpanan
—  Magnetic
—   Optic
Ø  Magenetic
Banyak berupa piringan, dikenal satuan rotasi piringan (RPM Rotation Per Minute). Makin cepat perputaran, semakin cepat waktu akses, namun makin besar juga tekanan terhadap piringan sehingga makin besar panas yang dihasilkan.
Prinsip Kerja:
§  Processor mengambil program dan data yang akan dioperasikan dari piranti penyimpanan dan menyalin ke memori untuk dieksekusi. Setelah selesai dioperasikan file disimpan kembali (save) ke media penyimpanan.
§  Memori eksternal memiliki alat baca & tulis yg disebut head (harddisk) dan side (floppy).  Piringan memiliki dua sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1.   Setiap head/side dibagi menjadi lingkaran-2 konsentris yg disebut track.
§  cylinder.
§  sector.
Layout dan Pembacaan
§  Head harus bisa mengidentifikasi titik awal atau posisi – posisi sector maupun track
§  Data yang disimpan akan diberi header data tambahan yang menginformasikan letak sector dan track suatu data
§  Tambahan header data ini hanya digunakan oleh sistem disk drive saja tanpa bisa  diakses oleh pengguna
sumber

You might be interested in …

500 KTSP SMA SMK Sumatera Barat Mulai Divalidasi

500 KTSP SMA/SMK Sumatera Barat Mulai Divalidasi

Pendidikan

500 KTSP SMA/SMK Sumatera Barat Mulai Divalidasi Sekitar 500 KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) SMA/SMK di Sumatera Barat mulai divalidasi oleh Tim Validator KTSP Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar. “Lakukan validasi dengan sebaik mungkin, agar tidak merugikan sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Syamsulrizal, Jumat (22/7) di hadapan validator KTSP SMA/SMK se-Sumbar.Validasi perlu dilakukan dengan […]

Read More
Lahan DAS Cimanuk Garut Direhabilitasi

Lahan DAS Cimanuk Garut Direhabilitasi

Pendidikan

Lahan DAS Cimanuk Garut Direhabilitasi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Bupati Garut Rudy Gunawan melaunching rehabilitasi hutan dan lahan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk hulu, di kawasan lahan desa Padaawas Kecamatan Pasirwangi Garut, Rabu (22/11/2017). Rehabilitasi Hutan […]

Read More
TUJUAN DARI KOMUNIKASI BISNIS

TUJUAN DARI KOMUNIKASI BISNIS

Pendidikan

TUJUAN DARI KOMUNIKASI BISNIS Berikut adalah penjelasan tentang tujuan komunikasi bisnis seca garis besar : 1. MEBERIKAN INFORMASI Informasi yang dimaksudkan adalah hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas bisnis dengan berbagi pihak. Seperti, seorang manajer marketing yang ingin meningkatkan penjualan produk baru, maka ia akan mencoba memasang iklan di berbagai media. Cara penyampaian didalam mediapun menjadi […]

Read More