MEMORI EKSTERNAL

MEMORI EKSTERNAL

MEMORI EKSTERNAL

MEMORI EKSTERNAL
Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Hardisk, Floppy Disk dll. Hubungan antara Chace Memori, Memori Utama dan Konsep dasar memori eksternal adalah : Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak. Memori eksternal biasa disebut juga memori eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. Memori eksternal mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

a)      Faktor- Faktor

—  Kebutuhan akan memori utama saja tidak mencukupi maka diperlukan peralatan tambahan untuk menyimpan data yang lebih besar dan dapat dibawa kemana-mana.
—  Semakin besarnya peralatan penyimpanan maka dengan sendirinya akan mempengaruhi waktu pemrosesan data.
b)      Kategori Media Penyimpanan
—  Magnetic
—   Optic
Ø  Magenetic
Banyak berupa piringan, dikenal satuan rotasi piringan (RPM Rotation Per Minute). Makin cepat perputaran, semakin cepat waktu akses, namun makin besar juga tekanan terhadap piringan sehingga makin besar panas yang dihasilkan.
Prinsip Kerja:
§  Processor mengambil program dan data yang akan dioperasikan dari piranti penyimpanan dan menyalin ke memori untuk dieksekusi. Setelah selesai dioperasikan file disimpan kembali (save) ke media penyimpanan.
§  Memori eksternal memiliki alat baca & tulis yg disebut head (harddisk) dan side (floppy).  Piringan memiliki dua sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1.   Setiap head/side dibagi menjadi lingkaran-2 konsentris yg disebut track.
§  cylinder.
§  sector.
Layout dan Pembacaan
§  Head harus bisa mengidentifikasi titik awal atau posisi – posisi sector maupun track
§  Data yang disimpan akan diberi header data tambahan yang menginformasikan letak sector dan track suatu data
§  Tambahan header data ini hanya digunakan oleh sistem disk drive saja tanpa bisa  diakses oleh pengguna
sumber

You might be interested in …

BI Bantu Petani Pangalengan

BI Bantu Petani Pangalengan

Pendidikan

BI Bantu Petani Pangalengan BANDUNG-Bertempat di Kampampung Cinangsi, Desa Pulosari , Kecamatan Pangalengan telah di serahkan bantuan container sayuran sebanyak 400 buah senilai sekitar Rp 30 juta. Ismet Isnono, Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Mochamad Sofyan, Ketua Gapoktan KATATA sebagai perwakilan kelompok tani. “Bantuan ini merupakan Program Sosial […]

Read More

Proses Implementasi Nusantara Sehat

Pendidikan

Proses Implementasi Nusantara Sehat Penempatan  1170 orang tenaga kesehatan akan dilakukan secara berkesinambungan ke 130 Puskesmas dan mereka akan bertugas di masing-masing Puskesmas selama 2 (dua) tahun. Seluruh peserta diberikan pembekalan materi bela negara, keahlian medis dan non-medis serta pengetahuan tentang program – program kesehatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan . Mereka juga diberikan pemahaman […]

Read More
Tidur Berdampak Besar Pada Prestasi Akademik

Tidur Berdampak Besar Pada Prestasi Akademik

Pendidikan

Tidur Berdampak Besar Pada Prestasi Akademik Mahasiswa yang ingin mendapatkan nilai bagus, disarankan untuk menghindari begadang dan tidak mengambil kelas pagi karena, menurut sebuah penelitian terbaru, kurang tidur kemungkinan akan berakibat buruk pada hasil akademik. Menurut penelitian tersebut, kurang tidur memiliki dampak buruk pada prestasi akademik yang setidaknya sama dengan efek yang ditimbulkan oleh konsumsi […]

Read More